October
03
2023
     21:15

Lindungi Keamanan Data Nasabah, Bank Commonwealth Raih Sertifikasi ISO 27001

Lindungi Keamanan Data Nasabah, Bank Commonwealth Raih Sertifikasi ISO 27001
ILUSTRASI. Direktur Keuangan PT BSI Group Indonesia Kusuma Widjaja (kiri) menyerahkan sertifikat ISO 27001 secara simbolis kepada Direktur Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth Timothy Delahunty (kanan). ISO 27001 merupakan kerangka praktik terbaik yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan keamanan informasi perbankan, Bank Commonwealth resmi mengantongi sertifikasi ISO 27001, yang merupakan standar internasional terkait keamanan informasi yang meliputi berbagai proses di internal bank. Penyerahan sertifikat secara simbolis dilakukan oleh Direktur Keuangan PT BSI Group Indonesia Kusuma Widjaja kepada Direktur Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth Timothy Delahunty di kantor pusat Bank Commonwealth, Jakarta, 2 Oktober 2023.

“Bank Commonwealth selalu menempatkan keamanan informasi nasabah di prioritas teratas, dan kami telah memfokuskan upaya dan investasi untuk meningkatkan postur keamanan siber. Dengan maraknya insiden siber yang terjadi secara global, kami percaya sertifikasi ISO 27001 harus dilakukan, dan meraih sertifikat ini menunjukkan komitmen kami untuk menjaga keamanan data nasabah,” kata Timothy Delahunty, Direktur Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth.

Sebagai informasi, sertifikasi ISO 27001 merupakan kerangka praktik terbaik yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Sertifikasi ini menanamkan pendekatan holistik keamanan terhadap manusia, kebijakan, dan teknologi agar dapat mengidentifikasi risiko dengan lebih baik dan menerapkan langkah keamanan yang tepat. Dengan memperoleh sertifikasi ISO 27001, perusahaan menunjukkan bahwa sistem manajemen keamanan informasinya telah memenuhi praktik terbaik internasional dan memiliki kemampuan untuk mengelola informasi dengan aman.

Sertifikasi ISO 27001 ini memegang peranan penting dalam proses verifikasi nasabah dan calon nasabah untuk proses pembukaan rekening melalui aplikasi perbankan CommBank Mobile yang dapat diakses melalui telepon genggam.

Bank Commonwealth memiliki sejumlah saluran digital untuk melayani kebutuhan nasabah, seperti CommBank Mobile, CommBank SmartWealth, internet banking, dan e-Kiosk di kantor cabang.

Tentang PT Bank Commonwealth

PT Bank Commonwealth (PTBC) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997, di mana CBA merupakan salah satu kelompok usaha keuangan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan tercatat dalam Morgan Stanley Capital Global Index. Didukung oleh lebih dari 1.250 tenaga profesional di bidang perbankan, PTBC saat ini melayani nasabah di 23 kota di Indonesia.

PTBC menawarkan beragam solusi perbankan termasuk pinjaman rekening koran (overdraft) dan pinjaman berjangka (term loan) bagi SME, kredit pemilikan rumah (KPR), wealth management, pembukaan rekening tabungan secara digital dan menyeluruh, pinjaman kredit bisnis SME secara digital dan investasi reksa dana dengan fleksibilitas untuk menetapkan tanggal transaksi, fitur standing order, dan pembelian reksa dana melalui Internet Banking.

PTBC telah memecahkan lima rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui: (i) Aplikasi SmartWealth sebagai aplikasi digital perbankan pertama dengan layanan robo advisory; (ii) Aplikasi SmartWealth sebagai digital perbankan pertama yang mengintegrasikan informasi kepemilikan produk wealth management secara menyeluruh; (iii) e-Kiosk sebagai platform digital banking pertama di Indonesia dengan end-to-end onboarding (kartu ATM, Mobile Banking dan Internet Banking aktif) dalam waktu 10 menit; (iv) Produk KTA sebagai Kredit Tanpa Agunan Pertama yang Proses Pengajuannya secara Digital dan Mendapatkan Keputusan Seketika, dan (v) Mobile Banking Bank Commonwealth sebagai platform aplikasi Mobile Banking pertama dengan fitur investasi. PTBC juga menawarkan best in class customer experience melalui cabang berkapabilitas digital yang telah hadir di Jakarta (Kensington – Kelapa Gading, Puri Indah, PIK, Treasury Tower SCBD dan Pondok Indah), di Surabaya (Panglima Sudirman, Manyar, dan Bukit Darmo Golf), Bandung (Dago), Bali (Sunset Road) dan juga Malang.

PTBC meraih berbagai penghargaan di antaranya The Best Wealth Management Business (Affluent Segment) in Indonesia 2018 oleh The Asian Banker Indonesia Country; Peringkat 1 untuk kategori Wealth Management Conventional Bank pada Digital Brand Awards 2019 oleh Infobank; Peringkat 1 Best Banks pada Banking Service Excellence Monitor 2018, 2019, 2020, dan 2023 dan Peringkat 2 Best Banks pada Banking Service Excellence Monitor 2021 dan 2022 oleh Marketing Research Indonesia; Best Companies to Work for in Asia 2021, 2022, 2023 dan Diversity, Equity & Inclusion Awards 2023 oleh HR Asia.

Sejak tahun 2014, PTBC memfokuskan kegiatan CSR melalui program WISE (Wanita Indonesia Srikandi Ekonomi). WISE adalah program literasi dan inklusi keuangan yang diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial perempuan Indonesia khususnya pengusaha perempuan melalui suatu program literasi keuangan yang terpadu dan berkesinambungan. Pada tahun 2019, PTBC dan Mastercard menggandeng Mercy Corps Indonesia untuk membantu perempuan pengusaha UMKM Indonesia mendorong pertumbuhan bisnisnya melalui pendampingan bisnis secara digital dengan platform MicroMentor yang dapat diakses di id.micromentor.org.

Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Siber, Bank Commonwealth Kantongi Sertifikat ISO 27001

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved