March
11
2022
     14:26

Lazada Catat Kenaikan Pertumbuhan Penjualan Enam Kali Lipat untuk Kategori FMCG

Lazada Catat Kenaikan Pertumbuhan Penjualan Enam Kali Lipat untuk Kategori FMCG
ILUSTRASI. Lazada mencatat kenaikan pertumbuhan enam kali lipat untuk penjualan kategori FMCG.

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki tahun ke-10 kehadiran Lazada di Indonesia, strategi Lazada dalam pemenuhan kebutuhan konsumen Indonesia adalah fokus menghadirkan kategori fast moving consumer goods (FMCG). Lazada menilai produk sehari-hari menjadi salah satu kategori yang berkembang secara signifikan.

Lazada memahami kebutuhan konsumen untuk mendapatkan produk-produk kebutuhan harian yang berkualitas dengan harga terbaik dengan mudah.

“Oleh karena itu, secara konsisten Lazada terus melakukan berbagai inisiatif dan berevolusi, salah satunya dengan menyajikan kanal terkurasi untuk produk-produk kebutuhan harian,” ujar VP FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (11/3).

Selain itu, Lia melanjutkan, Lazada juga memanfaatkan kecerdasan buatan dan sistem algoritma yang sistematis untuk membaca perilaku konsumen, sehingga apa yang Lazada hadirkan untuk konsumen selalu relevan dengan kebutuhan masing-masing.

“Lazada telah memiliki banyak rangkaian produk dalam kategori FMCG. Produk-produk tersebut difokuskan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda-beda di antaranya keperluan dapur, kebutuhan ibu dan anak, kebutuhan perawatan diri, kecantikan dan kesehatan, permainan, perlengkapan rumah tangga dan hewan peliharaan, hingga musik serta buku,” tuturnya.

Baca Juga: Studi Lazada: Kolaborasi Pemangku Kepentingan,Pola Pikir Tumbuh Kunci Talenta Digital

Dari kanal khusus kecantikan atau Beauty World, Lazada menyediakan produk terkurasi dari brand lokal maupun internasional. Dalam kanal ini, produk juga dikelompokan berdasarkan kategori, serta harga seperti ‘Makeup di bawah Rp 99.000,-’ atau ‘Skincare di bawah Rp 200.000. Inisiatif ini diharapkan Lazada dapat memudahkan konsumen loyal dalam mencari produk tertentu, maupun untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan make up.

Dari LazMall dan LazMall Prestige, Lazada menilai konsumen kelas atas dan menengah mendominasi pasar FMCG di ranah online, terutama salah satunya adalah untuk segmen personal care.

Sejalan dengan insight tersebut Lazada pun menghadirkan LazMall dan LazMall Prestige, kanal khusus untuk produk terkurasi dari berbagai brand dengan jaminan 100% keaslian produk dari berbagai kategori. Khusus untuk FMCG, kanal LazMall Prestige, memungkinkan konsumen untuk mendapatkan brand premium favorit mereka dengan lebih mudah serta nyaman.

Selanjutnya, dari Toko Kategori (Category Store), Lazada menghadirkan one stop shopping solution bagi konsumen, yang diharapkan dapat membuat aktivitas belanja lebih praktis pada kategori produk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai informasi, saat ini Lazada memiliki dua category store yaitu Lazada Daily Store, yang menyediakan perlengkapan rumah tangga sehari-hari, dan Lazada Baby and Kids Flagship Store untuk memenuhi seluruh kebutuhan Ibu dan anak dari usia 0-12 tahun.

Dalam mengoperasikan kedua store ini Lazada bekerjasama dengan puluhan brand favorit dari masing-masing kategori tersebut dalam menyediakan produk-produk yang sering dicari oleh konsumen. Lazada menilai, Dengan berbelanja di category store ini, konsumen dapat memperoleh berbagai kebutuhan dari brand favorit dengan biaya ongkos kirim yang ringan.

Berbagai inisiatif yang dilakukan Lazada untuk kategori FMCG dalam 4 tahun terakhir,  tersebut telah mencatatkan pertumbuhan hingga 6 kali lipat dari sisi penjualan. Selain itu, kategori FMCG di Lazada juga mengalami peningkatan 8 kali lipat konsumen yang berbelanja 8 kali lipat dan peningkatan 10 kali lipat selling seller di kategori FMCG, sejalan dengan upaya Lazada dalam mendukung UMKM dan ikut serta menggerakan ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: Lazada Mengapresiasi perempuan melalui Ajang Lazada Forward Women Awards 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved