September
14
2022
     13:19

KSP Sahabat Mitra Sejati Memfasilitasi Pemberian NIB Kepada Para Pelaku UMKM

KSP Sahabat Mitra Sejati Memfasilitasi Pemberian NIB Kepada Para Pelaku UMKM

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Festival UMKM Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati menaikkan kelas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memfasilitasi pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB). Ketua Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati Deddy Irja Pratama mengatakan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemasukan, memperluas akses pasar, dan mempermudah mendapatkan legalitas bagi para anggota pelaku UMKM yang berada dalam naungan KSP Sahabat Mitra Sejati.

“Anggota sangat membutuhkan perizinan yang lebih lengkap seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) karena NIB ini bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Pelaku usaha akan terdaftar pula sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan. Anggota mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu mereka memperoleh keuntungan dari mengikuti Festival UMKM ini dan mendapatkan NIB sehingga mereka dapat naik kelas," jelas Deddy Irja di Jakarta, Selasa (13/9).

Lebih lanjut, Direktur Pengembangan Potensi Daerah Kementerian Investasi/BKPM Suhartono mengatakan bahwa kegiatan ini bisa meraih target yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo untuk menaikkan kelas pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kegiatan ini bisa meraih target yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk menaikkan kelas pelaku UMKM. Salah satunya dengan pemberian NIB sebagai legalitas utama di Indonesia. Selain itu, sudah ada juga 20 lokasi lainnya yang tersebar di Indonesia yang menggelar kegiatan serupa,” ujar Suhartono.  

Suhartono juga menjelaskan bahwa kegiatan ini membantu pihak kementerian dalam mensosialisasikan pemberian NIB kepada para pelaku usaha. Juga, bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk memulihkan perekonomian di Indonesia pasca pandemi Covid-19.  

Festival UMKM KSP Sahabat Mitra Sejati yang berlangsung pada 23-26 Agustus 2022 di Garden & The Atrium Sampoerna Strategic Square lalu dibuka langsung oleh Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho. Kegiatan ini merupakan festival perdana yang diselenggarakan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan PT Sampoerna Land. Rangkaian acara mewarnai kegiatan ini antara lain adalah talkshow yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Kegiatan ini diikuti oleh 130 pelaku UMKM. Selain itu juga terdapat berbagai macam bazaar, dan tak kalah pentingnya adalah pendampingan pembuatan NIB bagi para pelaku UMKM.  

Secara keseluruhan, Festival UMKM ini bertujuan untuk menjalankan misi KSP Sahabat Mitra Sejati yaitu memberdayakan para anggotanya dengan memberi kesempatan dan dukungan agar berhasil di UMKM, mendukung program pemerintah sebagaimana arahan Bapak Presiden Jokowi mengenai kemudahan mendapatkan legalitas bagi para pelaku usaha khususnya pelaku UMKM melalui layanan Online Single Submission (OSS), dan  menindaklanjuti arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM R.I dalam rangka percepatan kemudahan legalitas usaha melalui Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi anggota koperasi yang notabenenya sebagian besar adalah pelaku UMKM.
 
 Baca Juga: Pemerintah dan Marketplace Lokal Gencar Ajak UMKM Daftarkan NIB

Tentang KSP Sahabat Mitra Sejati

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati mulai melakukan kegiatan operasional sejak 2009. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, sejak 2011 KSP Sahabat Mitra Sejati melakukan sinergi dan kolaborasi kemitraan strategis dengan PT Bank Sahabat Sampoerna. Hingga saat ini KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki hampir 100 jaringan kantor di 28 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk lebih meningkatkan layanannya, KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan(SLIK)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved