December
15
2022
     22:00

Kompetisi CARIpreneur Jadi Bukti NYATAKANsalingbantu UMKM Indonesia

Kompetisi CARIpreneur Jadi Bukti NYATAKANsalingbantu UMKM Indonesia
ILUSTRASI. Ki-ka: Co-Founder & Chief Revenue Officer CariNih Meiliana Chouw menyerahkan cinderamata kepada VP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Ekaputra Inukertapati pada penghargaan ?CARIpreneur: Kompetisi UMKM Kekinian? di Jakarta, (15/12/2022).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Tidak terasa, waktu berjalan sangat cepat, hingga akhirnya ajang kompetisi kekinian CARIpreneur sampai ke puncak acara. “CARIpreneur” merupakan suatu program dengan banyak harapan, salah satunya adalah untuk mendukung percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Sejak diluncurkan pada 25 Agustus 2022, CARIpreneur telah merangkul ribuan pendaftar UMKM di Indonesia. Melalui berbagai rangkaian tahapan seleksi, ribuan peserta terus berjuang dalam semangat menyerukan kreasi bisnisnya, menunjukkan bagaimana mereka mengoptimalkan teknologi dalam pengelolaan usahanya, mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas dan pemasaran melalui ajang kompetisi ini.

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI), perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi berlandaskan kolaborasi untuk menyediakan solusi bagi pelaku usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya. UMKM mendapatkan dukungan baik secara offline, online maupun online multi kanal (omnichannel) dan didukung oleh banyak kemudahan akses, seperti pembayaran, pengiriman, inklusi keuangan, permodalan sampai dengan pemantauan kinerja di manapun dan kapanpun melalui satu aplikasi CARInih. Bersama dengan SMESCO Indonesia dan para partner ekosistemnya, CARInih terus bergerak aktif mendukung para peserta CARIpreneur selama periode pelaksanaan kompetisi.

CARIpreneur menghadirkan berbagai sesi literasi tentang pengoptimalan teknologi dalam menjalankan usahanya, manfaat perizinan usaha, tips pengelolaan keuangan – bagaimana mengatur keuangan usaha dan pribadi, tips membuat konten pemasaran yang menarik, tips-tips pengiriman produk aman dan efisien serta masih banyak lagi lainnya. Sesi tersebut diberikan ke para peserta CARIpreneur oleh para partner ekosistem yaitu SMESCO Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, Bank DBS Indonesia dan Paxel Indonesia.

“Antusias para Sahabat UMKM, peserta CARIpreneur sangat luar biasa. Tidak hanya menghadiri dan mendengarkan setiap sharing yang diberikan, tapi langsung diimplementasikan dan dibuktikan. Di samping itu, CARIpreneur merupakan suatu ajang perwujudan #NYATAKANsalingbantu, kekuatan kolaborasi antar partner ekosistem dalam mendukung sahabat UMKM, pejuang local brand sangat terasa.

Saya mewakili keluarga besar CARInih, menyatakan salut untuk Sahabat UMKM, partner ekosistem dan semua pihak yang terlibat, termasuk kepada Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki yang turut memberikan kata sambutan melalui video pada acara pengumuman pemenang CARIpreneur hari ini.

Dalam sambutannya, Teten memberikan selamat kepada para pemenang, dan beliau mendukung bahwa produk, proses bisnis hingga pemanfaatan teknologi dan transformasi digital merupakan faktor penting bagi UMKM tidak hanya bangkit dari dampak pandemik tapi juga berdaya saing baik nasional maupun global. CARInih akan terus berpegangan tangan dengan partner ekosistem dalam menghadirkan solusi inovasi nan kreatif untuk Sahabat UMKM,” ujar Founder dan CEO PT DKI Tan Leny Yonathan (“Leny Tan”) dengan bersemangat.

“Proyeksi ekonomi digital Indonesia hingga tahun 2030 sebesar Rp 4,53 triliun, sedangkan per November 2022, sudah sebanyak 20,24 juta UMKM onboarding artinya sudah hampir 30 persen total pelaku UMKM di Indonesia sudah onboarding digital. Kolaborasi SMESCO Indonesia dengan PT. Dasa Karya Indonesia merupakan upaya nyata pemerintah membangun transformasi digital UMKM di Indonesia dengan target capaian 30 juta UMKM go digital dan 500 koperasi modern berbasis digital pada tahun 2024 sebagai komitmen nyata SMESCO Indonesia khususnya Kementerian Koperasi dan UKM hadir bagi pelaku UMKM,” ujar Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi pendukung utama program CARIpreneur. Dengan mengikuti rangkaian program CARIpreneur, UMKM berkesempatan untuk mengikuti berbagai rangkaian program literasi dan memperoleh benefit dari tabungan BNI serta dukungan lainnya. BNI terus mendorong UMKM meningkatkan kapabilitas bisnis guna menjawab potensi pasar yang lebih kuat di masa pemulihan ekonomi.

“AdaKami bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan UMKM di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk perkembangan usaha. AdaKami mengapresiasi program CARIpreneur yang mampu menjadi wadah dan komunitas membangun untuk para peserta, dengan harapan pelaku usaha ini mampu naik kelas secara bisnis baik dari sisi pemanfaatan teknologi dan mengatur keuangan.

Semoga bekal kontribusi AdaKami dalam literasi keuangan mampu menginspirasi para peserta lebih bijak dalam bertransaksi khususnya secara digital dan mampu menularkan semangat yang sama kepada pelaku usaha lainnya,” ujar Business Development Manager AdaKami Jonathan Kriss.

“Bangga dan senang sekali KompasTV bisa berpartisipasi dalam ajang CARIpreneur. Sejak awal sudah terlihat antusiasme para pelaku UMKM untuk ikut kompetisi. Bukan hanya untuk jadi pemenang tapi ikut serta dalam berbagai sesi pelatihan.

Setidaknya saat Kompas TV mengisi kelas ‘Tips Bikin Konten Kreatif dan Menarik di Media Sosial’ satu gelombang tidak cukup untuk memenuhi rasa keingintahuan teman-teman pengusaha yang ingin usahanya dikenal di berbagai platform digital. Kami akan terus mendukung kegiatan ini agar bisa berkelanjutan mendorong percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM Indonesia,” Digital Manager KompasTV Haris Mahardiansyah.

“Bank DBS Indonesia senang dapat berpartisipasi dalam program ini dan terlibat dalam proses penjurian dan pendampingan bagi pelaku UMKM. Selain itu, kami berperan aktif dalam memberikan solusi teknologi yang cepat, aman dan terpercaya untuk pelaku UMKM seperti melalui DBS MAX QRIS dan fitur digibank Bayar Ringkas.

Diharapkan ini dapat memudahkan transaksi perbankan dan hal inilah yang membuat kami seperti sebuah perusahaan inovator dan lebih dari sekadar bank. Semangat CARInih untuk membantu sektor UMKM sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi inklusi digital dan finansial sehingga dapat berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan masyarakat,” ujar VP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia Ekaputra Inukertapati.

“Sebuah kehormatan bagi AstraPay untuk dapat menjadi bagian dari kompetisi UMKM CARIpreneur dan menjadi pionir dalam program ini untuk memperkenalkan pembayaran secara digital. Rangkaian kompetisi ini sejalan dengan motivasi AstraPay untuk dapat menghadirkan payment solution secara digital bagi masyarakat dan pelaku UMKM. Harapan kami, dengan hadirnya kompetisi CARIpreneur dapat menjadi fasilitas bagi pelaku UMKM untuk dapat berkreatifitas tanpa batas dengan mengembangkan bisnis atau usahanya dalam dunia digital,” ujar Chief Marketing Officer AstraPay Reny Futsy Yama.

“Upaya untuk terus mendorong percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM di Indonesia tentu tidak berhenti pada kompetisi CARIpreneur saja. Ini baru awal, perjalanan masih panjang. Untuk terus maju menghadirkan solusi berbasis kebutuhan, kreativitas juga harus terus diupayakan, teknologi harus terus dioptimalkan.

Seperti halnya teknologi yang terus berkembang, demikianlah dorongan bagi Sahabat UMKM untuk terus maju, mengoptimalkan semaksimal mungkin. Tidak menyerah, pengembangan berkelanjutan secara konsisten dan persisten, usaha tidak akan mengkhianati hasil,” ujar Co-Founder dan Chief Revenue Officer PT DKI Meilina Chow.

PT DKI senantiasa berkomitmen untuk terus menyatakan semangat #NYATAKANsalingbantu mendukung pelaku UMKM, pejuang local brand sebagai salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia. Program CARIpreneur merupakan salah satu wujud komitmen tersebut. Nantikan keseruan dan berbagai program menarik lainnya! Kami senantiasa membuka pintu kolaborasi bagi pihak manapun yang mempunyai semangat #NYATAKANsalingbantu,” tutup Leny Tan.

Tentang PT Dasa Karya Indonesia

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI), sebuah perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi mengutamakan kolaborasi dalam menyediakan solusi bagi Pelaku Usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya baik secara offline, online maupun online diberbagai kanal (omnichannel), melalui satu aplikasi CARInih. Memiliki visi “To Be The Partner of Choice in The Industry” dengan membawa misi mempercepat penetrasi dan transformasi digital UMKM Indonesia. PT DKI telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 2.000 mitra UMKM di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Palembang, Bangka, Medan, Pontianak dan Bali, serta melayani ribuan pengguna. Dengan terus menghidupi semangat #NYATAKANsalingbantu, PT DKI terus memperluas kemitraan dan kolaborasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna, dengan jumlah mitra kolaborasi sampai dengan saat ini adalah puluhan mitra yang tergabung dalam menciptakan berbagai kemudahan akses seperti pembayaran, pengiriman, edukasi dan informasi, pembiayaan, komunitas, dan lain sebagainya.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 19 negara. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura. DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Tiongkok, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS dinobatkan sebagai  “World’s Best Bank” oleh Global Finance, “World’s Best Bank” oleh Euromoney dan “Global Bank of the Year” by The Banker. DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang terpilih sebagai “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney dan “Most Innovative in Digital Banking” di dunia oleh The Banker. Selain itu, DBS mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia“ dari Global Finance selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2022.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, UKM, dan juga perbankan korporasi. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan itu. DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah serta menjadi bank dengan cara bank Asia. Melalui DBS Foundation, bank menciptakan dampak positif yang lebih dari sekadar perbankan melalui dukungan kepada wirausaha sosial: bisnis yang berfokus menyeimbangkan profit serta dampak sosial dan/atau lingkungan. DBS Foundation juga berkontribusi kepada masyarakat dalam berbagai hal, termasuk mempersiapkan masyarakat dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan dan membangun ketahanan pangan.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir menarik.

Baca Juga: CARIpreneur, Ajang Kompetisi UMKM Kekinian, Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved