July
14
2023
     20:09

Kominfo Dorong Warga Wonogiri Tingkatkan Ekonomi Kreatif lewat Pemberdayaan Produk

Kominfo Dorong Warga Wonogiri Tingkatkan Ekonomi Kreatif lewat Pemberdayaan Produk
ILUSTRASI. Kemkominfo menggelar kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri di Lapangan Platarejo Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur (8/7).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong masyarakat Wonogiri untuk meningkatkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan potensi produk lokal agar dapat mendorong kesejahteraan masyarakat dan setempat.

“Apa sih fungsi dari ekonomi kreatif itu? Fungsinya yaitu selain berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, juga ternyata ekonomi kreatif itu menjadi identitas citra dari bangsa Indonesia itu sendiri,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Dr. Adriana Grahani Firdausy, SH., M.H. dalam kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri di Lapangan Platarejo Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur, Sabtu (08/07/2023).

Andriana menambahkan bahwa masyarkat Wonogiri harus bisa melihat potensi dari produk-produk lokal setempat agar nantinya bisa lebih dikembangkan dan disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga skala internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Widyaiswara Utama, Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. menyarankan masyarakat Wonogiri untuk bisa memasarkan produk lokalnya melalui media sosial agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi di luar wilayah Kabupaten Wonogiri.

“Sebetulnya produk apa saja yang ada disini bisa kita pasarkan, mau itu secara offline atau online. Kalau offline yang membeli kan hanya dari yang orang lewat, tetapi kalau di media sosial yang membeli bisa dari semua orang di Indonesia. Karena kalau kita memasarkan di media sosial, yang penting kita tau dulu target audiensnya, kita mau menyasar anak muda atau orang tua baru kita nanti sesuaikan dengan platform yang ada,” tutur Rosarita.

Rosarita juga menyarankan masyarakat Wonogiri harus tetap bijak dan berhati-hati dalam memasarkan produknya di media sosial untuk mencegah terjadinya kejahatan digital, karena pada saat ini sedang banyak kasus penipuan online yang beredar di media sosial. Ia juga mengingatkan masyarakat mengenai prinsip saring sebelum sharing di media sosial.

Kegiatan Chip In Literasi Digital segmen Masyarakat Umum merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Baca Juga: Kemenkominfo & Kemenlu Gelar Literasi Digital Guna Menunjang Praktik Diplomasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved