December
02
2023
     11:59

Kolaborasi Zi.Care dan iForte Hadirkan Layanan Digital untuk Rumah Sakit

Kolaborasi Zi.Care dan iForte Hadirkan Layanan Digital untuk Rumah Sakit
ILUSTRASI. Zi.care, platform digitalisasi layanan rumah sakit, berkolaborasi dengan iForte, perusahaan penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi dan internet service provider untuk mendukung digitalisasi sektor kesehatan di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Zi.care, platform digitalisasi layanan rumah sakit, berkolaborasi dengan iForte, perusahaan penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi dan internet service provider untuk mendukung digitalisasi sektor kesehatan di Indonesia. Kolaborasi antara Zi.care dengan iForte ini menjadi salah satu bagian program ImpacttoBuild, yang mendukung kolaborasi antara startup dengan korporasi.

Salah satu yang menjadi faktor penilaian Impactto terhadap kolaborasi ini, yaitu Zi.care sebagai startup health-tech yang merupakan anggota dari komunitas Collective Impactto melihat adanya kebutuhan besar dalam industri kesehatan terutama jaringan rumah sakit, yakni internet yang solid dan paten.

iForte sebagai penyedia layanan internet dapat menyediakan internet yang stabil, sehingga sistem elektronik yang dijalankan pada rumah sakit dapat berjalan optimal. Para tenaga medis maupun administratif di rumah sakit dapat memberikan pelayanan secara efektif dan efisien, dalam hal ini Zi.care membantu sistem operasional berjalan dengan lancar dengan layanan internet stabil dari iForte.

Co-Founder & Managing Partner Impactto Italo Gani mengatakan, kolaborasi antara Zi.care dengan iForte sangat sesuai dengan target dan fokus masing-masing entitas. Zi.care mencari partner yang bisa menyempurnakan solusi layanannya, sedangkan iForte mencari partner untuk ekspansi bisnis, salah satunya sektor kesehatan.

“Jadi, ada poin penting dari kolaborasi ini, seperti dari segi tujuan bisnis, keduanya sudah cocok dan saling melengkapi. Selain itu, keduanya memiliki kemiripan tujuan yang bisa memperkuat kolaborasi ini, serta appetite terkait Satu Sehat,” ujarnya.

Bentuk kolaborasi yang dilakukan Zi.care dengan iForte ini adalah dengan menyinkronkan go-to market kedua perusahaan untuk menyesuaikan dengan target marketnya, yakni rumah sakit. Lalu, keduanya juga membentuk satu paket bersama sebagai solusi one stop shop yang tidak terpisah antara solusi kesehatan rumah sakit dengan provider internet, yakni produk bundling dari Hospital Information System (HIS) Zi.Care dengan konektivitas iForte.

Zi.Care meyakini bahwa kolaborasi dengan iForte dapat meningkatkan layanan pelanggan, yakni rumah sakit. Kualitas internet yang baik sangat dibutuhkan dalam operasional sistem elektronik pelayanan rumah sakit di era digital agar lebih optimal.

Jessy Abdurrahman, CEO Zi.Care mengungkapkan program ImpacttoBuild sangat membantu perkembangan bisnisnya, termasuk dengan menemukan partner kolaborasi serta memperluas network. "Ketika produk kami membutuhkan jaringan internet yang stabil agar layanan lebih optimal, kami bisa bertemu dengan partner seperti iForte sebagai penyedia solusi jaringan untuk mendukung sistem kami," ungkapnya.

iForte menilai Zi.Care menjadi partner kolaborasi yang sangat cocok karena salah satu market terbesar iForte adalah sektor kesehatan. Terbukti, saat ini beberapa rumah sakit sudah menjadi klien iForte. Ditambah, Zi.Care juga terhubung langsung dengan sistem SatuSehat Kementerian Kesehatan, yang memungkinkan rumah sakit bisa memberikan pelayanan kepada pasien secara tepat dan terperinci.

Silvi Liswanda, Wakil Presiden Direktur iForte menyampaikan jika dukungan program ImpacttoBuild membantu iForte mengeksplorasi peluang baru untuk memperluas ekosistem produk dan bisnis lewat kolaborasi dengan startup.

"Sektor kesehatan telah menjadi salah satu fokus bisnis iForte yang akan terus kami eksplor. Keberadaan layanan kesehatan secara digital tentunya akan lebih meningkatkan efektivitas pelayanan rumah sakit. Kami berharap dengan adanya produk sinergi iForte dengan Zi.care ini membuat rumah sakit memiliki alternatif pilihan sistem manajemen yang handal dan terjangkau sehingga layanan kesehatan di Indonesia juga bisa lebih optimal,”  ujarnya.

Ke depannya, Zi.care dan iForte berencana menggarap proyek Medical Tourism di Medan. Selain itu, keduanya juga akan terus mengembangkan kolaborasi untuk melayani lebih banyak rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

Program ImpacctoBuild menjadi aktor utama Zi.care dan iForte bisa berkolaborasi sehingga keduanya bisa saling mendukung untuk pertumbuhan bisnis dan penyempurnaan produknya masing-masing. Program ImpacctoBuild memang fokus untuk membantu startup menemukan partner dari korporasi agar bisa mencapai product-market fit. Lalu, dari korporasi juga mendapatkan keuntungan dari tiga aspek utama, seperti, talent, mindset, dan metrics.

Dengan begitu, peserta program ImpacctoBuild bisa membangun bisnis yang berkelanjutan melalui hubungan mutualisme dengan korporasi yang membutuhkan percepatan transformasi digital.

Tentang Impactto

Impactto adalah akselerator startup kolektif dan ekosistem kolaboratif untuk menghubungkan startup tahap awal dengan korporasi. Tujuan utama Impaccto adalah untuk mendemokratisasi pengetahuan dan terapan dalam membangun produk digital yang berdampak di Indonesia.

Ekosistem Impaccto pun terdiri dari para pendiri startup tahap awal, pendiri startup terkemuka, pemimpin perusahaan dan inovator, serta investor.

Salah satu program akselerasi startup milik Impactto dinamakan ImpacctoBuild.

Tentang Zi.Care

Zi.Care, startup health-tech yang didirikan sejak 2017, yang menawarkan solusi peningkatan layanan rumah sakit melalui teknologi. Ada tiga produk solusi dari Zi.care, yakni administrasi rumah sakit, sistem pendukung klinis, dan sistem manajemen klaim.

Baca Juga: Dukung transformasi digital rumah sakit, Zi.Care gandeng CIMB Niaga Syariah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Penetapan BoC dan BoD Telkomsel

10 MEI 2024 / 20:31 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved