July
26
2022
     13:25

Kolaborasi SMF dan PNM Luncurkan Program Pembiayaan Mikro Perumahan Syariah

Kolaborasi SMF dan PNM Luncurkan Program Pembiayaan Mikro Perumahan Syariah
ILUSTRASI. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF)

Reporter: Ignatia Ivani | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) kembali berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meluncurkan program pembiayaan mikro perumahan syariah atau HOME Syariah pada Selasa (26/7) di Kantor SMF, Grha SMF, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Dalam peluncurannya turut dihadiri Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dan Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki, yang disaksikan oleh Dewan Pengawas Syariah SMF, Hasanudin. Diketahui, program pembiayaan mikro perumahan berbasis syariah ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi berkelanjutan lintas BUMN antara SMF dengan PNM, yang ditujukan untuk nasabah Mekaar Syariah.

Melalui program ini, nasabah Mekaar mendapatkan fasilitas pembiayaan mikro untuk merenovasi rumah yang sekaligus dijadikan tempat atau pendukung usaha. Dan nantinya, diharapkan bisa mendorong produktivitas sektor UMKM dan ultra mikro dari rumah mereka sendiri untuk bisa bangkit dari kontraksi ekonomi saat ini

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan bahwa peluncuran program fokus dalam melayani seluruh kelompok masyarakat yang membutuhkan akses pembiayaan perumahan termasuk kelompok masyarakat non fix income. Baik secara konvensional melalui Program HOME, dan secara syariah melalui Program HOME Syariah.

Baca Juga: Laba SMF Turun 37,38% Jadi Rp 194,2 Miliar di Semester I-2022

“Dengan program ini mereka mendapatkan pembiayaan perumahan secara mudah dan murah. Tentunya semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya dapat membantu Pemerintah dalam mendukung terjaganya stabilitas ekonomi nasional,”ungkapnya.

Seiring berjalannya waktu, kesejahteraan masyarakat pun terwujud. Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki juga menyampaikan bahwa program yang didukung oleh SMF sebagai bentuk wujud hadirnya PNM dan pemerintah terhadap masalah pemenuhan kebutuhan papan masyarakat.

“Kami keluarga besar PNM mengucapkan terima kasih kepada SMF yang telah mendukung dan memberikan nilai tambah kepada nasabah kami” ujarnya.

Program ini bukanlah yang pertama, bedanya pada tahun sebelumnya Program HOME belum berbasis syariah dan hanya untuk nasabah Mekaar PNM. Dan pada kesempatan ini, Program HOME Syariah terbuka untuk nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) Syariah maupun Mekaar Plus Syariah binaan PNM.

Dalam peluncurannya, secara seremonial dilakukan penyerahan Simbolis pembiayaan HOME Syariah kepada 10 orang nasabah Mekaar.\

Baca Juga: Obligasi SMF Raih Peringkat idAAA dari Pefindo

Asal tahu saja, SMF merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tahun 2005 di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas sebagai SMV untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan.

SMF memiliki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan.

SMF memiliki peringkat AAA untuk korporasi, yang diperoleh dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan Fitch Rating. Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menunjukkan kemampuan SMF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, serta profil permodalan yang sangat kuat, dengan didukung oleh kualitas aset yang sangat baik.

Peringkat yang dapat SMF tersebut juga mencerminkan tingkat dukungan yang sangat kuat dari Pemerintah Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved