November
08
2022
     16:24

Kolaborasi Peningkatan Literasi, Kompas Gramedia melalui UMN Donasi Buku Bacaan

Kolaborasi Peningkatan Literasi, Kompas Gramedia melalui UMN Donasi Buku Bacaan
ILUSTRASI. Kompas Gramedia melalui Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan donasi buku ke desa Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kompas Gramedia melalui Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan donasi buku ke desa Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten. Total terdapat 5 kardus buku yang didonasikan. Penyerahan donasi buku dilakukan bersama Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMN di aula desa dan diterima secara langsung oleh pihak Desa Curug Sangereng.

“Kami sangat berterima kasih karena pihak universitas dan Kompas Gramedia sudah ikut membantu dan berperan dalam pemberian buku-buku ini. Semoga buku-buku ini bermanfaat bagi anak-anak kami khususnya yang ada di wilayah Desa Curug Sangereng. Tidak luput dari itu, mohon ke depannya bila ada apa pun tentang peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, kami mohon dibantu.

Karena di tengah-tengah sini (Desa Curug Sangereng) hanya kampung (perkampungan biasa) tapi dikelilingi oleh universitas yang alhamdulillah maju sekali. Semoga silaturahmi terus terjalin dan berjalan sampai akhir,” ucap Ibu Kepala Desa Curug Sangereng Qaimah mewakili Kepala Desa Curug Sangereng.

Desa Curug Sangereng merupakan desa yang lokasinya paling dekat dari universitas (UMN). Selain itu, di desa ini program literasi menjadi salah satu prioritas pihak desa. Bahkan, di desa ini terdapat program literasi berupa perpustakaan keliling yang diinisiasi oleh Bidang Pendidikan Karang Taruna. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan dua kali setiap bulannya.

Tujuan diadakannya program tersebut untuk meningkatkan budaya membaca di lingkungan Desa Curug Sangereng. Oleh karena itu, program donasi #AkuBaca dilakukan sebagai wujud kepedulian dan kontribusi aktif perusahaan dalam meningkatkan literasi masyarakat, membuka jendela pengetahuan, sekaligus memperkuat relasi antar pihak.

Desa Curug Sangereng juga menjadi salah satu desa binaan UMN. Oleh karena itu, UMN sangat fokus untuk membina desa tersebut salah satunya melalui peningkatan literasi.

“Desa ini adalah salah satu desa binaan dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Harapan kami, kita bisa terus bekerja sama karena masih ada 246 desa lagi di Kabupaten Tangerang dan ini baru salah satunya yang sudah diterapkan program #AkuBaca. Semoga buku yang sudah diserahkan dari Kompas Gramedia dapat bermanfaat untuk Desa Curug Sangereng dan kerja sama ini bisa berlanjut hingga semakin lama dan semakin banyak,” tutur perwakilan LPPM UMN Andy Firmansyah.

Dalam kesempatan yang sama, CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto juga menyampaikan pentingnya peningkatan literasi melalui pengadaan bahan bacaan bagi masyarakat. "Alhamdulillah kali ini kami berkesempatan mengunjungi salah satu desa binaan UMN di mana di desa tersebut terdapat program perpustakaan keliling.

Kami harap bantuan AkuBaca di desa tersebut dapat memberikan manfaat untuk anak-anak dan masyarakat di sana, kami juga berharap kedepannya semakin banyak pihak yang terlibat dan sama-sama mewujudkan masyarakat Indonesia yang peduli terhadap literasi,” ujarnya.

Baca Juga: Salurkan donasi pelanggan, Gramedia bagikan buku dan alat tulis bagi taman baca

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved