July
09
2022
     14:56

Kolaborasi KITA Tebar Ratusan Hewan Kurban Bersama Ratusan Komunitas Indonesia Timur

Kolaborasi KITA Tebar Ratusan Hewan Kurban Bersama Ratusan Komunitas Indonesia Timur
ILUSTRASI. Hewan kurban

Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ratusan Komunitas Indonesia Timur yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kembali melakukan kegiatan inspiratif. Untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H, KITA menggelar program dengan tema KITA Berbagi 2022; Bangkit Bersama Menjadi Pemenang.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung pada 9 - 12 Juli 2022 ini, komunitas dari berbagai hobi, profesi, dan pekerjaan akan melakukan kurban secara bersama di 52 kota di Indonesia Timur.

“Saat ini sudah ada sekitar 649 komunitas yang akan menyemarakkan KITA Berbagi 2022 dengan total hewan kurban sebanyak 342, ini data sementara. Kami berharap jumlah komunitas dan hewan kurban akan terus bertambah, sehingga penerima manfaatnya juga semakin banyak. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan teman-teman Komunitas Indonesia Timur Area,” jelas Bayu Surya Pamugar Sugeng dari Inspire Indonesia selaku inisiator kegiatan KITA Berbagi 2022; Bangkit Bersama Menjadi Pemenang, di Surabaya, melalui keterangan resmi, Jumat (7/7).

Bayu menjelaskan, program KITA Berbagi telah memasuki tahun ketiga. Kegiatan yang ditujukan untuk membangun dan memperkuat kolaborasi di antara berbagai komunitas di Indonesia Timur ini telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan 2021.

Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung tema Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas akan menggunakan wadah nonplastik sebagai tempat daging korban yang akan diberikan ke masyarakat sekitar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Besok (10/7)

“Tahun lalu hanya sebagian komunitas yang menggunakan wadah non plastik. Tahun ini, seluruh wadah daging kurban di 52 kota akan menggunakan media lain seperti besek, daun jati, daun pisang, dan wadah lain yang mudah terurai. Dengan cara ini Komunitas Indonesia Timur ingin menjadi bagian dalam program penyelamatan lingkungan,” jelas Bayu.

Dalam pelaksanaannya, Kegiatan KITA Berbagi 2022 akan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Selain itu, komunitas  juga akan bekerjasama dengan pengelola masjid dan panitia kurban di berbagai kota di Indonesia. Dengan begitu, proses penyembelihan hewan hingga pembagian daging kurban dilakukan dengan benar dan baik.  

Ronald Theo Lesmana Koordinator 76 Heppiii Community yang mewadahi karang taruna (karta) mengungkapkan betapa antusiasme nya karta mengikuti program KITA Berbagi 2022.

Apalagi tahun ini kegiatan penyembelihan dan pembagian daging kurban ini akan dilakukan dalam suasana yang lebih meriah. Menurutnya, kegiatan bersama yang melibatkan berbagai komunitas seperti yang dilakukan oleh KITA Berbagi ini sangat membanggakan.

“Kami sejak jauh hari juga sudah menyiapkan segalanya untuk bisa membeli hewan kurban. Tahun ini jumlah hewan kurban dari Karta lebih banyak dari tahun lalu. Semoga saja, kegiatan ini bisa menjadi manfaat dan semakin menguatkan hubungan diantara komunitas dengan masyarakat di berbagai kota di Indonesia Timur,” katanya.

Penasehat Kolaborasi KITA  Gunawan Prasetyo menilai konsistensi Kolaborasi KITA dalam menggelar program KITA Berbagi patut diapresiasi. Dengan bergabungnya berbagai jejaring komunitas besar seperti Bold Riders, Heppiii Community, Kill The LAst, Super Adventure, Super Friends dan berbagai komunitas Super lainnya, membuktikan bahwa kegiatan KITA Berbagi sangat positif dan ditunggu oleh banyak komunitas.

Baca Juga: 13 Tempat Wisata di Bandung Terbaru untuk Libur Sekolah dan Akhir Pekan

“Harapan saya, kegiatan KITA Berbagi 2022 dapat berjalan lancar, tetap menerapkan protokol kesehatan dan semakin meningkatkan hubungan diantara komunitas Indonesia Timur. Kita bangga bisa menjadi bagian kolaborasi yang positif dan telah menjadi inspirasi bagi banyak komunitas lainnya untuk bergabung dalam kegiatan ini,” ujar Gunawan Prasetyo.

Lebih lanjut Gunawan juga mengingatkan agar komunitas dan pelaksana kegiatan KITA Berbagi 2022 mewaspadai adanya penyakit mulut dan kuku (PMK)  pada hewan yang saat ini terjadi di beberapa daerah. Karena itu, ia mengharapkan setiap komunitas untuk berhati-hati dan memastikan setiap hewan korban dalam kondisi sehat.

“Saya percaya teman-teman Komunitas Indonesia Timur akan selalu mengikuti aturan yang ada, termasuk memastikan semua hewan korban dalam kondisi baik dan sehat. Semoga Tuhan YME memberkati setiap rencana baik yang akan dilaksanakan oleh Kolaborasi KITA di tahun ini,” tutup Gunawan.

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi berbagai komunitas ini akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (non plastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved