October
04
2024
     22:56

Kolaborasi Karya Seni TACO & Indieguerillas Dihadirkan Pada Pameran Art Jakarta 2024

Kolaborasi Karya Seni TACO & Indieguerillas Dihadirkan Pada Pameran Art Jakarta 2024
ILUSTRASI. TACO Sheet series mirror diaplikasikan pada area VIP room.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - TACO, perusahaan penyedia solusi interior di Indonesia, dengan bangga kembali hadir di pameran seni rupa kontemporer internasional, Art Jakarta 2024 yang diselenggarakan pada 4 - 6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran. TACO kembali berkolaborasi dengan seniman asal Yogyakarta, Indieguerillas. Melibatkan pasangan seniman Dyatmiko Bawono dan Santi Ariestyowanti, yang menyatukan produk unggulan TACO dengan semangat kreativitas tanpa batas, untuk menciptakan sebuah karya seni perpaduan yang berkelas global.

Vice President Brand Marketing & Corporate Communication TACO Anastasia Tirtabudi menuturkan, “Tentu, kami merasa bangga dapat kembali dipercaya untuk terlibat dalam Art Jakarta tahun ini.

Setelah sukses menggandeng seniman asal Korea tahun lalu, TACO kini berkolaborasi dengan pasangan seniman asal Yogyakarta. Melalui kolaborasi karya seni ini, kami berharap dapat memberikan inspirasi agar lebih banyak pihak tergerak untuk berkolaborasi dengan para seniman tanah air” tutur Anastasia.

Anastasia menjelaskan, bahwa hasil kolaborasi karya seni ini juga telah dipamerkan di Experience Center TACO di IDD PIK 2, dan kali ini kami ingin mengajak para pecinta seni untuk melihat lebih dekat hasil karya ini. TACO memilih untuk kembali berkolaborasi dengan Indieguerillas karena kemahiran mereka dalam menciptakan efek visual dan eksperimen antar media dalam karya yang dihasilkan.

Jalinan unik antara nilai-nilai tradisional dan budaya kontemporer telah membawa indieguerillas ke berbagai karya penting di seluruh dunia di antaranya HERMÈS di Liat Tower di Singapura, Fukutake House, Shodoshima di Jepang, instalasi NGA Play di Galeri Nasional Australia di Canberra, dan NTU CCA Ideas Fest di Singapura.

Pameran Art Jakarta 2024 ini menawarkan pengalaman langsung bagi berbagai kalangan termasuk seni untuk menikmati dan mengapresiasi seni yang unik, sekaligus mengenal lebih dalam tentang tradisi budaya Indonesia. Dyatmiko Bawono dan Santi Ariestyowanti, pendiri indieguerillas yang merupakan alumni Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia di Yogyakarta (ISI Yogyakarta), mengintegrasikan huruf TACO sebagai simbol kebebasan berimajinasi yang terinspirasi dari karakter wayang kulit, yang mengedepankan nilai bergotong-royong atau kolaborasi.

“Senang sekali bisa berkolaborasi kembali dengan TACO, karena Indieguerillas mendapatkan alternatif baru dalam berkarya dengan menggunakan material produk interior yang berkualitas.

Dengan kolaborasi ini, kami ingin menciptakan dampak positif bagi komunitas seni. Pameran Art Jakarta 2024 ini bukan hanya tentang karya yang kami hasilkan, tetapi juga tentang memperkuat jaringan dan kolaborasi dalam industri kreatif. Kami percaya bahwa seni yang mengedepankan nilai lokal dapat menciptakan perubahan yang signifikan di tingkat global,” ujar Dyatmiko Bawono.

Secara global, karya seni yang dibuat oleh Indieguerillas ini terdiri dari 4 (empat) bagian besar terhadap huruf T, huruf A, huruf C dan huruf O. Karya seni ini berangkat dari asosiasi bebas atau kebebasan berimajinasi yang menjadi fondasi dasar terhadap sebuah karya seni. Huruf T, A, C, O seolah seperti tengah menari, bergerak, beraktivitas dengan wajah yang tertawa lebar, melambangkan kegembiraan, passionate.

Huruf-huruf tersebut dirancang saling menopang satu sama lain sehingga mampu berdiri kokoh dan melambangkan persatuan, kesatuan serta kebersamaan yang membuat sebuah entitas menjadi kuat dan mampu berdiri tegak mengarungi waktu.

Indieguerillas tidak hanya menggabungkan produk TACO pada karya seninya, tetapi mereka juga mengintegrasikan nilai-nilai dan identitas perusahaan melalui aplikasi produk unggulan TACO, TACO HPL (High Pressure Laminates), yang menawarkan berbagai motif, warna, dan tekstur, mulai dari Solid, Pattern, hingga Woodgrain, untuk menciptakan karya seni dengan kreativitas tanpa batas.

“Kolaborasi Indieguerillas dengan TACO memberi tantangan baru yang mengasyikkan buat indieguerillas.  Hingga Oktober 2024 ini, kami sudah membuat dua karya berbasis material produk dari TACO, satu dengan teknik digital print dan satu lagi dengan teknik dilukis langsung di atas material TACO. Dua-duanya memberikan kepuasan tersendiri bagi kami,“ tambah Santi Ariestyowanti.

Melalui kolaborasi dengan TACO di Art Jakarta 2024, indieguerillas dapat mengeksplorasi teknik dan perspektif baru, menciptakan karya yang memadukan elemen lokal dan global, serta memperkaya wacana seni di panggung internasional. Selain pada karya seniman, material produk unggulan, TACO Sheet Mirror Series juga turut diaplikasikan untuk mempercantik area VIP Lounge sepanjang Art Jakarta berlangsung.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen TACO untuk terus mendukung industri kreatif Indonesia dalam menghasilkan karya yang luar biasa. Diharapkan karya kolaborasi ini mampu menginspirasi banyak pihak, menarik perhatian kolektor serta institusi seni internasional, membantu memperluas jaringan, dan meningkatkan visibilitas seni Indonesia di kancah global” pungkas Anastasia.

Baca Juga: Bibit dan Stockbit Hadir di Art Jakarta 2024, Gabungkan Seni dan Investasi

 

Selanjutnya: Festival Belanja Online Ditunggu Pelanggan, Penjual Raup Untung Berlipat Cara Tepat

Menarik Dibaca: PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved