July
06
2022
     14:25

Kolaborasi CIMB Niaga & KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Kolaborasi CIMB Niaga & KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu
ILUSTRASI. Head of Secured & Retail DB CIMB Niaga Christian Tjan (kedua kanan) berbincang Executive VP - Digital Div Head Bank KB Bukopin Charles B(kedua kiri) & Dirut Artajasa M. Ma’ruf (kiri) usai transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu nasabah KB Bukopin di ATM Niaga.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless Withdrawal) melalui jaringan ATM Bersama. Dengan inovasi tersebut, kini seluruh mesin ATM CIMB Niaga telah siap digunakan untuk melayani transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu bagi bank peserta ATM Bersama. KB Bukopin merupakan bank pertama yang siap memanfaatkan layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk nasabahnya di ATM CIMB Niaga.

Momentum peluncuran integrasi layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu bagi nasabah KB Bukopin ditandai dengan prosesi transaksi penarikan uang tunai secara langsung di ATM CIMB Niaga, Griya CIMB Niaga Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (6/7/2022).

Implementasi Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk transaksi off us (beda bank) ini sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat di era digital yang gemar bertransaksi secara nontunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless). Selain mudah, layanan tersebut juga merupakan wujud dukungan nyata industri perbankan dan sistem pembayaran terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya dengan mengurangi penggunaan kartu ATM/debit berbahan plastik.

Head of Secured Lending and Retail Deposit Business CIMB Niaga Christian Tjan menyatakan, “Sebagai bank yang fokus pada digitalisasi dan sustainability serta memiliki 4.432 unit mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, CIMB Niaga merasa terhormat menjadi bagian dari bank yang menginisiasi implementasi layanan tarik tunai tanpa kartu antar institusi perbankan melalui jaringan ATM Bersama.

Hal ini semakin melengkapi kapabilitas digital CIMB Niaga, yang sebelumnya telah menyediakan layanan tarik setor tunai tanpa kartu bagi nasabah di ATM CIMB Niaga melalui fitur Cardless dari Super App OCTO Mobile.”

Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu antar bank menawarkan sejumlah kelebihan. Selain mudah, transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu juga dapat mengurangi risiko terhadap kartu ATM/debit apabila hilang atau tertelan, lebih aman karena nasabah terhindar dari penipuan karena fitur yang disajikan hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dari rekening nasabah sendiri, dan tentunya proses transaksi jadi lebih cepat.

Pada kesempatan yang sama Executive Vice President - Digital Division Head Bank KB Bukopin Charles Budiman menyampaikan bahwa “Kerjasama antara KB Bukopin dengan CIMB Niaga sebagai upaya memberikan layanan perbankan cepat, praktis, dan aman bagi seluruh nasabah. Implementasi cardless withdrawal ini bertujuan menyediakan kemudahan transaksi digital seiring dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Selain itu kerjasama ini sebagai salah satu upaya dalam mengimplementasikan alternatif transaksi dari industri perbankan digital.”

Sementara Direktur Utama Artajasa M. Ma’ruf menuturkan bahwa “Tentunya kami bangga karena penggunaan layanan cardless withdrawal saat ini semakin luas dan dapat diterima oleh masyarakat. Implementasi cardless withdrawal beda bank merupakan solusi bagi nasabah perbankan dalam menjawab kebutuhan transaksi perbankan secara mudah, cepat dan aman.”

Artajasa sebagai perusahaan pioner switching di Indonesia, turut memfasilitasi CIMB Niaga menjadi first mover Bank Acquirer dan Bank KB Bukopin menjadi first mover Bank Issuer untuk layanan cardless withdrawal beda bank sehingga layanan ini bisa bermanfaat bagi industri perbankan.

“Kami senantiasa mendukung bank-bank untuk mengimplementasikan layanan cardless withdrawal beda bank, sehingga turut mendorong interoperabilitas dalam digitalisasi sistem pembayaran dan meningkatkan jumlah transaksi elektronis di Indoneseia. Tentunya hal ini juga menjadi salah satu wujud nyata Artajasa dalam mendukung program Bank Indonesia dalam percepatan digitalisasi sistem pembayaran Indonesia dengan menciptakan ekosistem 3i (integrated, interoperable, interconnected). Serta menjawab kebutuhan pelanggan guna menyediakan metode pembayaran yang serba mobile,” tambah M. Ma’ruf.

Cara Praktis Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM CIMB Niaga

Nasabah yang ingin menggunakan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM CIMB Niaga dapat mengikuti cara praktis berikut. Pertama, buat kode Tarik Tunai lewat aplikasi mobile banking dengan memilih fitur Cardless/Transaksi Tanpa Kartu. Setelah itu, pilih Tarik Tunai sesuai jumlah yang diinginkan dan konfirmasi dengan PIN transaksi mobile banking. Jika langkah ini selesai, maka akan muncul Kode Tarik Tunai.

Kedua, setelah berhasil membuat Kode Tarik Tunai lewat mobile banking, selanjutnya datang ke mesin ATM CIMB Niaga terdekat dan pilih Transaksi Tanpa Kartu. Masukkan Kode Tarik Tunai yang sudah didapat di aplikasi dan lengkapi informasi yang dibutuhkan hingga tansaksi berhasil. Dalam melakukan transaksi ini, hal yang perlu diperhatikan nasabah yaitu jumlah penarikan tunai harus sama dengan nominal yang dibuat di mobile banking.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 418 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.841 karyawan (konsolidasi) per 31 Maret 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Maret 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,9 miliar.

Tentang KB Bukopin

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia.  Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.  Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia.  Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI, komposisis kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 67% dan publik 33%.  Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 344 outlet dan 572 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

Tentang Artajasa

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan pionir dalam penyedia jaringan infrastruktur perbankan di Indonesia. Sejak berdiri pada tanggal 10 Februari 2000, Artajasa fokus menggarap pasar transaksi elektronis di Indonesia. Artajasa adalah penyedia solusi Online Payment bagi penerbit tagihan (billing provider), seperti jasa telekomunikasi, multifinance, penerbit kartu kredit, energi, pendidikan dan asuransi yang memungkinkan para penggunanya melakukan pembayaran tagihan. Artajasa berkomitmen akan terus melakukan inovasi di industri transaksi elektronis melalui layanan-layanannya sehingga dapat memberikan efisiensi nasional bagi para nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved