February
05
2024
     20:41

KitaLabel Roadshow 4 Kota di Indonesia Beri Edukasi Label Industrial ke Pelaku UMKM

KitaLabel Roadshow 4 Kota di Indonesia Beri Edukasi Label Industrial ke Pelaku UMKM
ILUSTRASI. Beberapa contoh hasil cetakan KitaLabel.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - KitaLabel merupakan satu-satunya platform penyedia layanan percetakan label industrial di Indonesia yang dapat dijangkau oleh UKM. Label industrial merupakan hal yang baru bagi UKM di Indonesia, dalam rangka memberikan awareness bagi mereka -khususnya yang produknya sudah pernah atau akan diekspor- mengenai label industrial yang berkualitas untuk kemasan produk, KitaLabel melakukan roadshow edukasi ke 4 kota di 2 provinsi di Indonesia.

Pada Senin 15 Januari 2024, KitaLabel memberikan edukasi mengenai pentingnya label bagi UKM di Kota Manado tepatnya di Sentra IKM Malalayang. Tampil sebagai pembicara, Ewifiewanty Tjhin, salah satu founder KitaLabel yang memberikan edukasi bertajuk “Ngana So Tau? Torang Beking Ngana Pe Kemasan jadi Fasung” menjelaskan pentingnya label kemasan bagi komoditas yang diproduksi oleh 41 peserta yang ikut serta dalam seminar. Pada acara ini hadir pula Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado, Bapak Hendrik Warokka, S.Pd, DEA.

“Pelabelan kemasan pada produk ekspor itu telah diatur oleh pemerintah, salah satunya adalah detail gizi dan bahan baku. Selain itu, label juga mesti berkualitas karena mempertimbangkan jarak dan lamanya pengiriman produk ke negara tujuan!” ujar Ewifiewanty Tjhin dalam presentasinya.

KitaLabel yang merupakan bagian dari Cahaya Jakarta Group -perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan label dan kemasan yang telah berdiri selama 33 tahun- dapat menjamin label milik pelaku UKM setara kualitasnya dengan label yang digunakan oleh perusahaan berskala nasional dan multinasional yang selama ini menjadi pelanggan setia Cahaya Jakarta Group.

Masih mengangkat tema yang sama, KitaLabel kembali melakukan roadshow ke Tomohon dan Bitung, Sulawesi Utara, pada tanggal 17 dan 18 Januari 2024. Pada acara yang dilangsungkan di Michinoeki Pakewa Tomohon turut hadir Bapak Ruddie A. Lengkong, S.STP. MAP. selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tomohon. Peserta yang hadir adalah sebanyak 59 dan 41 pelaku UKM.

Acara roadshow KitaLabel berlanjut di Bandung, Jawa Barat. Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Industri Kota Bandung, KitaLabel mengangkat tema ‘Mentoring Go Export 2024: Label Kemasan Berorientasi Ekspor’, acara ini dilangsungkan pada Kamis, 1 Februari 2024 di Hotel Savoy Homann, Jl. Asia Afrika, Bandung. Ewifiewanty Tjhin, kembali menekankan pentingnya label kemasan khususnya bagi pelaku UKM yang akan melakukan ekspor.

“Penting sekali menggunakan label yang berkualitas pada produk yang akan diekspor. Selain berpengaruh pada ketahanan produk itu sendiri dalam proses shipping, label juga berperan penting untuk menarik konsumen luar negeri”, ujar Ibu Ewifiewanty Tjhin pada 84 peserta yang datang.

Label Industrial memang hal baru bagi UKM di Indonesia. Umumnya, UKM sangat mengedepankan kualitas produknya, namun sedikit sekali yang sudah sadar akan kualitas label kemasan yang dapat mempengaruhi strategi marketing serta dalam beberapa kasus juga menjadi kunci ketahanan produk. Melalui roadshow edukasi ini, KitaLabel berharap UKM akan lebih melek tentang label kemasan yang berkualitas untuk meningkatkan branding serta memperluas pasar.

Selain ke empat kota yang telah disebutkan, KitaLabel juga telah menyambangi kota Makassar, dan Bali pada tahun 2023. KitaLabel akan terus mengedukasi pelaku UKM di Indonesia agar mereka memperhatikan dan mempertimbangkan label yang berkualitas supaya produknya dapat dipilih masyarakat dan omsetnya meningkat. Informasi mengenai edukasi label dan kemasan serta acara lainnya yang diselenggarakan oleh KitaLabel, dapat diakses melalui website kitalabel.com atau akun Instagramnya di @kitalabel.official .

Baca Juga: Perkuat Kinerja, Solusi Kemasan Digital (PACK) Fokus Menggarap Segmen UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved