September
12
2024
     10:46

KIT Global Gencarkan Solusi Marketing Berbasis AI & Data, Percepat Pertumbuhan Bisnis

KIT Global Gencarkan Solusi Marketing Berbasis AI & Data, Percepat Pertumbuhan Bisnis
ILUSTRASI. Proyeksi dari studi yang dilakukan KIT Global menunjukkan bahwa penjualan e-commerce di Indonesia akan mencapai $82 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 23%.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Perusahaan platform-based marketing solutions internasional asal Eropa yang saat ini memiliki cabang di Indonesia, Vietnam, India, Amerika Latin, dan Spanyol, KIT Global, baru-baru ini melakukan riset dan studi pasar terkait solusi pemasaran berbasis AI dan data, terutama untuk menjawab tantangan serta peluang di tengah ketidakpastian ekonomi global yang dihadapi oleh bisnis di Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

“Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan meningkatnya adopsi teknologi digital saat ini, metode marketing tradisional sering kali mengalami kesulitan dalam mengikuti dinamika pasar. Konsumen saat ini mengharapkan pengalaman yang lebih personal dan terintegrasi, baik secara online maupun offline.

Hal ini mendorong adanya kebutuhan akan pendekatan marketing yang lebih canggih dan berbasis data, yang tidak hanya menargetkan konsumen dengan tepat tetapi juga mengukur efektivitas kampanye secara real-time,” tutur Country Manager KIT Global Indonesia dan Vietnam, Risa Kusumaningrum.

Beberapa segmen pasar yang menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, salah satunya adalah pasar e-commerce, didorong oleh pergeseran perilaku konsumen yang cenderung lebih memilih belanja online dibandingkan mengunjungi toko fisik.

Proyeksi dari studi yang dilakukan KIT Global menunjukkan bahwa penjualan e-commerce di Indonesia akan mencapai $82 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 23%.

Dengan lanskap bisnis yang berubah ini, perusahaan dituntut untuk menyesuaikan strategi pemasaran agar lebih responsif dan efisien, terutama dalam menjangkau audiens yang tepat dan mengoptimalkan pengembalian investasi (ROI).

“Di sini, kampanye digital marketing, termasuk branding, creative campaign, dan social media management yang menggunakan AI menjadi sangat relevan. Perusahaan dapat mencapai target kampanye dengan hasil yang lebih akurat dengan biaya yang lebih efisien, karena kami juga menyediakan skema pembayaran setelah kampanye selesai.

Dalam artian, klien kami membayar berdasarkan hasil nyata yang diperoleh saat kampanye, seperti peningkatan penjualan atau conversion to sales. Begitu populernya pendekatan ini, lebih dari 640 klien kami telah memilih skema ini dan berhasil menggunakannya untuk lebih dari 754 ribu kampanye digital dan menjangkau lebih dari 38 juta audiens.

Dan di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan seperti sekarang, pendekatan ini memberikan keuntungan kompetitif yang sangat dibutuhkan bagi brand dan perusahaan di berbagai skala,” tambah Risa.

Kampanye digital marketing berbasis AI juga dapat meningkatkan targeting dan jangkauan audiens ke profil pelanggan ideal dengan tingkat presisi tinggi, yang mana memungkinkan retailer untuk mencapai audiens yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga meningkatkan peluang konversi ke penjualan.

Misalnya, kampanye retargeting, yang merupakan taktik umum dalam performance-based marketing, dapat menarik kembali minat pengunjung situs web yang belum melakukan pembelian dan berpotensi meningkatkan konversi hingga 20 persen jika dioptimalkan dengan AI.

Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan bisnis saat ini, KIT Global juga terus mengoptimalkan strategi penjualan perusahaan dengan solusi marketing berbasis data dan AI. Integrasi AI memungkinkan proses analisis data dalam jumlah besar di kampanye marketing, yang mendorong training algoritma secara terus-menerus sehingga hasil kampanye pun menjadi lebih akurat dan tepat sasaran.

Dengan memanfaatkan kombinasi AI dan creative approach, perusahaan dapat mengembangkan solusi dan strategi kampanye yang lebih efektif dengan menggabungkan pemikiran, strategi, dan ide kreatif dengan KPI yang jelas.

Salah satu pendekatan unggulan yang digunakan adalah Creative Marketing Strategy, yang telah berhasil dikembangkan untuk berbagai klien global. Dalam salah satu kampanye, sebuah brand berhasil mencapai peningkatan engagement yang signifikan dan menjangkau lebih dari 43 juta viewers. Creative Marketing Strategy ini terbukti membantu brand menjadi lebih responsif terhadap perubahan pasar dan menggunakan anggaran pemasaran dengan lebih efisien.

“Adopsi teknologi-teknologi terbaru seperti AI dan pendekatan marketing berbasis data dapat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang di tengah tantangan ekonomi saat ini. Dengan berfokus pada hasil yang nyata dan memanfaatkan potensi penuh dari data, perusahaan dapat meraih kesuksesan jangka panjang dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih luas,” tutup Risa.

Tentang KIT Global:

KIT Global adalah perusahaan yang beroperasi secara global dengan pusat-pusat strategis di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Platform Pemasaran Dua Sisi KIT Global memberikan perusahaan akses ke beragam performance marketing tools dan keterlibatan audiens tanpa biaya tambahan. Platform ini bukan hanya berfungsi sebagai katalisator untuk praktik terbaik lintas industri, tetapi juga menyediakan solusi khusus yang dirancang untuk mengatasi tantangan pemasaran tertentu, dengan menyesuaikan anggaran dan strategi di setiap level. Dengan portofolio yang terdiri dari lebih dari 34 produk pemasaran, platform KIT Global menunjukkan komitmennya untuk memperluas penawaran produk dan solusi, memastikan bahwa perusahaan di semua industri bisa mendapatkan solusi yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi dan Digitalisasi, Kolaborasi Menjadi Kata Kunci

 

Selanjutnya: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kaltim di Gelaran MTQ Nasional 2024

Menarik Dibaca: Kenali Gejala Alergi pada Anak Berikut Ini, Penting Deteksi Dini dan Penanganan Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved