September
28
2023
     12:05

Kembangkan Inovasi, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Gelar Gerakan Serbu Pacu

Kembangkan Inovasi, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Gelar Gerakan Serbu Pacu
ILUSTRASI. SBI Pabrik Narogong beserta seluruh pemangku kepentingan yang hadir dalam acara kali ini melepaskan burung merpati sebagai tanda dimulainya program Serbu Pacu.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, guna mencapai target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 yang berfokus pada inovasi sosial, kembali diwujudkan melalui gerakan Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu (Serbu Pacu) yang berkolaborasi dengan Koperasi Konsumen Swadaya Pribumi Klapanunggal (KKSPK), 27 September 2023 di Club House Pabrik Narogong.

Seremoni ditandai dengan penanaman pohon dan pembagian 1.500 bibit pohon yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan di tingkat Kabupaten dan Kecamatan seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Camat dan MUSPIKA Klapanunggal, kepala desa se-Kecamatan Klapanunggal serta tokoh masyarakat setempat. Nantinya bibit-bibit tersebut akan didistribusikan ke lima desa dan delapan bank sampah binaan serta satu Kelompok Ramah Lingkungan (KRL) melalui tim Desa Tangguh Bencana (Destana).

Pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung kehidupan di bumi. Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia, pohon merupakan kunci untuk melawan pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin mengancam. Hal inilah yang membuat SBI Pabrik Narogong bersama KKSPK berkolaborasi untuk mendorong upaya-upaya dalam menjaga kelestarian alam yang bernilai tambah.

“Dengan pengelolaan yang tepat, inisiatif-inisiatif ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan global yang terjadi. Oleh karena itu keterlibatan dari para pemangku kepentingan dan mitra binaan sekitar area operasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan yang berkelanjutan”, tutur Nur Lailiyah, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong.

Laily menambahkan sejak tahun 2020, SBI Pabrik Narogong telah melakukan penanaman pohon sebanyak kurang lebih 13.000 pohon yang dilakukan di sekitar area operasional perusahaan. “Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami dalam menjaga keberlanjutan ekosistem untuk mewujudkan masa depan yang kita mau”.

Berkat kontribusi yang telah dilakukan oleh SBI Pabrik Narogong, DLH Kabupaten Bogor memberikan apresiasi kepada Perusahaan atas dukungan yang dilakukan dalam rangka pengendalian pencemaran udara di Kabupaten Bogor.

“Kami berterima kasih atas dukungan SBI Pabrik Narogong yang telah terlibat dalam kegiatan penanaman pohon di Kabupaten Bogor. Kami berharap semakin banyak pihak yang berpartisipasi untuk melindungi keanekaragaman hayati”, kata Mohamad Haris, Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Senada, Camat Klapanunggal, Galuh Sri Wahyuni, turut mengapresiasi peran KKSPK sebagai pelopor Koperasi Peduli Lingkungan (Koperasi Hijau) di Kecamatan Klapanunggal.

“Dengan kemandirian yang telah diraih oleh KKSPK, saya berharap semakin banyak UMKM yang berani untuk keluar dari zona nyaman dan meraih kesuksesan demi mendorong lingkungan yang lebih asri di Kecamatan Klapanunggal”.

Ke depan, Laily berharap  gerakan Serbu Pacu dapat menjadi penggerak perubahan positif dalam aspek lingkungan di lingkup masyarakat sekitar. “Disamping menjalani proses bisnis, kita tetap perlu memperhatikan langkah-langkah konkret untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskannya kepada anak cucu dalam kondisi yang lebih baik”, tutup Laily.

Mengenai Koperasi Konsumen Swadaya Klapanunggal (KKSPK):
KKSPK merupakan salah satu kelompok masyarakat binaan yang dibentuk oleh SBI Pabrik Narogong pada tahun 2006 untuk membuka akses pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) di sekitar area operasional. Sejak tahun 2018, KKSPK telah dipercaya oleh SBI Pabrik Narogong dan menjadi mitra dalam pelaksanaan program CSR. Hingga saat ini, penerima manfaat dari layanan KKSPK sudah mencapai lebih dari 7.000 orang.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari grup PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.

Baca Juga: Solusi Bangun Indonesia (SMCB) Bidik Peningkatan Kinerja pada Semester II-2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved