March
16
2022
     18:40

Kawan Lama Dukung Lingkungan PTM Kondusif Lewat Solusi Kebersihan untuk SMK Jakarta

Kawan Lama Dukung Lingkungan PTM Kondusif Lewat Solusi Kebersihan untuk SMK Jakarta
ILUSTRASI. PT Kawan Lama Sejahtera memberikan solusi kebersihan berupa Cleaning Equipment kepada 30 SMK di DKI Jakarta. Acara ini digelar di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, pada hari Selasa (15/3).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mulai kembali digelar pada bulan Januari 2022. Hal ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang baru dirilis pada akhir Desember 2021. Namun, untuk daerah dengan PPKM level 2 diberikan diskresi untuk dapat menyesuaikan PTM dengan kapasitas siswa 100% menjadi 50% mulai diberlakukan pada 3 Februari 2022.

Melihat pelaksanaan PTM di kondisi pandemi seperti saat ini, lingkungan yang sehat untuk mendukung aktivitas belajar mengajar para insan pendidikan bukan hanya menjadi tugas dari Pemerintah, melainkan tanggung jawab dan menjadi perhatian dari semua pihak, termasuk PT Kawan Lama Sejahtera. Sebagai bentuk dukungan untuk menciptakan PTM yang kondusif, Kawan Lama memberikan solusi kebersihan berupa Cleaning Equipment kepada 30 SMK di DKI Jakarta. Acara yang digelar di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, pada hari Selasa (15/3) ini merupakan kerja sama antara PT Kawan Lama Sejahtera dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan MGMP Teknik Mesin DKI Jakarta.  

“Kawan Lama terus berkomitmen menjadi bagian dari ekosistem pendidikan di Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan pembelajaran tatap muka di situasi pandemi tidak dapat dipandang sebelah mata. Ini adalah tanggung jawab kita bersama agar proses belajar mengajar tetap berada pada lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mendukung kualitas pendidikan kita," ujar Albert Primusanto, Direktur PT Kawan Lama Sejahtera.  

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud dengan Kawan Lama yang telah disepakati keduanya di Kantor Kemendikbud, Jakarta. Adapun ruang lingkup dalam pelaksanaan kerja sama ini mencakup :

Peningkatan kompetensi bagi instruktur/guru/dosen, tenaga kependidikan dan peserta didik;
Penyediaan instruktur/guru/dosen tamu dari DUDI di satuan pendidikan vokasi;
Pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana;
Fasilitasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi instruktur/guru/dosen, tenaga kependidikan dan peserta didik;  
Fasilitasi pelaksanaan praktik kerja lapangan dan/atau magang;
Fasilitasi rekrutmen lulusan pendidikan vokasi; serta
Fasilitasi pemberian beasiswa.

Pendistribusian 30 unit Cleaning Equipment ini ditandai lewat penyerahan secara simbolis High Pressure Cleaner Nilfisk C100.7 oleh Direktur PT Kawan Lama Sejahtera, Albert Primusanto kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan langsung kepada perwakilan dari 30 SMK di DKI Jakarta.  

Kegiatan ini juga sebagai bagian untuk mendukung program link and match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan dunia pendidikan vokasi. Tujuannya, agar sekolah yang melaksanakan PTM dapat menggunakan High Pressure Cleaner untuk melakukan penyemprotan desinfektan dan melakukan pembersihan sekolah secara efektif, sekaligus penggunaan air yang efisien. Program kegiatan ini juga turut diapresiasi oleh Nahdiana.

 “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT Kawan Lama Sejahtera yang sudah mendukung pendidikan vokasi serta menyelenggarakan ragam kegiatan pelatihan untuk tenaga pengajar dan peserta didik. Kegiatan ini bukan hanya seremonial, tapi kita semua menyadari bahwa ini untuk kualitas pendidikan yang lebih baik, karena pendidikan merupakan kebutuhan kita bersama. Semoga ke depannya kita bisa melakukan kolaborasi berskala besar untuk tingkatkan kualitas pendidikan anak bangsa,” ungkap Nahdiana.

Sebagai perusahaan yang sudah lebih dari 65 tahun berkecimpung di dunia industri, PT Kawan Lama Sejahtera terus berupaya untuk mengoptimalkan jalinan kerja sama dengan berbagai pihak dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia yang diimplementasikan lewat berbagai kegiatan agar tercipta keselarasan antara dunia pendidikan Vokasi dan industri agar terjadi link and match. Maka dari itu, di acara ini Kawan Lama juga mengadakan pelatihan ilmu Metrologi dan Otomotif bagi para guru SMK yang juga diprakarsai oleh MGMP Teknik Mesin Provinsi DKI Jakarta.  

MGMP Teknik Mesin merupakan wadah berhimpunnya guru-guru Teknik Mesin dari 6 Kompetensi Keahlian, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Pengecoran Logam, Teknik Mekanik Industri, Teknik Perancangan dan Gambar Mesin, dan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur. Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, MGMP Teknik Mesin selalu belajar dan berkolaborasi dengan beberapa industri serta lembaga, khususnya dengan Kawan Lama.  

“Kawan Lama merupakan partner bagi SMK. Harapannya, kerja sama kita akan terus berjalan ke depan lebih baik lagi dan dapat diwujudkan terbentuknya Kelas Industri di SMK, sehingga dapat membekali para siswa SMK dengan kompetensi sebagai sales engineer, dan selanjutnya dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ada di industri,”ujar Nur Pakih, Ketua MGMP Teknik Mesin Provinsi DKI Jakarta.

Pembatasan aktivitas belajar peserta didik di masa pandemi menjadi catatan penting sekaligus hambatan bagi sekolah vokasi yang 70 persen melakukan pembelajaran praktik di sekolah. Karena kondisi yang ada, maka proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring dan luring. Begitu pula dengan kegiatan praktik di sekolah juga tetap harus berjalan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Agar semua dapat berjalan beriringan, maka lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman serta dukungan prokes menjadi syarat utama PTM bagi para siswa.  

Dengan berbagai program yang sudah direncanakan dan dukungan dari seluruh pihak, kualitas pendidikan Indonesia akan semakin meningkat. Hal ini tentu akan menambah daya saing bangsa Indonesia dalam hal menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan maju. 

Tentang  PT Kawan Lama Sejahtera

PT Kawan Lama Sejahtera mengawali bisnisnya dari toko perkakas berukuran 3x3 m2 di Glodok yang didirikan pada tahun 1955. Selama lebih dari 65 tahun hadir untuk mendukung pengembangan industri nasional, dengan menyediakan beragam produk keperluan komersial dan industrial seperti peralatan kebersihan, pengukuran, permesinan, perkakas, peralatan pemotong, rak penyimpanan, hingga suku cadang. Adapun merek ternama dunia yang dihadirkan antara lain Mitutoyo, OSG, Tungaloy, Chiyoda, Facom, Nilfisk, Launch, Feeler, YSD,  Metabo, Wagner, DAVI, Marposs, Pferd, Noritake dan sebagainya.  

Saat ini PT Kawan Lama Sejahtera memiliki 18 cabang di 17 kota, yang didukung oleh 27 service center dan lebih dari 500 tenaga penjual profesional. Kawan Lama Sejahtera juga melakukan terobosan dengan menghadirkan layanan e-commerce yang memberi kemudahan transaksi bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved