June
25
2024
     21:20

Karier.mu dan Women’s World Banking Luncurkan Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital

Karier.mu dan Women’s World Banking Luncurkan Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital
ILUSTRASI. Karier.mu dan Women?s World Banking meluncurkan Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital di Jakarta, Senin (24/6), yang dapat diakses secara gratis, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Skills Week, 21 Juni hingga 4 Juli.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Karier.mu dan Women’s World Banking meluncurkan Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital di Jakarta, Senin (24/6), yang dapat diakses secara gratis, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Skills Week, 21 Juni hingga 4 Juli. Modul ini terdiri dari dua modul pembelajaran utama bertema inklusi keuangan guna memberikan pemahaman dasar dan praktik terapan dalam pengelolaan keuangan, terutama bagi perempuan.

Peluncuran modul ini diisi pula dengan kegiatan gelar wicara bertema “Pemberdayaan Perempuan Menuju Kemandirian Ekonomi yang Inklusif” yang menghadirkan COO Karier.mu Radinka Qiera, Deputi Direktur Kebijakan Asia Tenggara Women’s World Banking Vitasari Anggraeni, dan Head Kemitraan dan Program Prakerja Tri Adi Pasha sebagai narasumber.

Kerja sama ini menunjukkan kolaborasi multipihak untuk mendorong inklusi keuangan, terutama inklusi keuangan perempuan. Karier.mu sebagai platform pembelajaran yang menggabungkan metode konvensional dan digital memberikan saluran untuk diseminasi pengetahuan dan keterampilan praktis bagi pekerja dan calon pekerja di Indonesia.

Sementara Women’s World Banking, lembaga nirlaba yang bekerja mendorong inklusi keuangan perempuan, telah banyak mengumpulkan wawasan dari hasil kerjanya secara global, termasuk dalam upaya-upaya inklusi keuangan perempuan.

Vitasari Anggraeni menyatakan bahwa inklusi keuangan perempuan merupakan pintu masuk bagi pemberdayaan dan kemandirian ekonomi perempuan.

“Hampir satu miliar perempuan di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan formal seperti rekening tabungan, kredit, pembayaran, atau asuransi kesehatan.

Di Indonesia saja, 60% pemilik dan pengelola UMKM adalah perempuan. Hal ini dapat dilihat sebagai potensi untuk membangun keterampilan keuangan dan usaha perempuan agar mereka mampu berdaya secara ekonomi yang juga bermuara pada kemandirian ekonomi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Vitasari di Jakarta.

Tri Adi Pasha, Head Kemitraan dan Program Prakerja juga mengatakan pentingnya kolaborasi dengan berbagai program pemerintah, salah satunya Prakerja, sebagai bentuk nyata pemberdayaan perempuan melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan.

“Dari hasil survei yang dilakukan oleh Prakerja pada perempuan yang berpartisipasi dalam program Prakerja, sebanyak 49% menyampaikan alasan mengikuti Prakerja adalah ingin mendapatkan pekerjaan.

Dari data ini, bisa disimpulkan perempuan sebenarnya sudah berdaya, namun belum memiliki kesempatan dan untuk menambah kesempatan dalam akses ke pekerjaan tersebut diperlukan sebuah kolaborasi, kerja sama dan inisiatif dari para pemberi modal untuk bersama-sama menciptakan ekosistem yang berdaya bagi perempuan”, ungkap Tri dalam sesi tanya jawab yang berlangsung.
 
Tri juga menambahkan bentuk kolaborasi yang bisa dibangun adalah penyediaan pelatihan untuk membantu tenaga kerja meningkatkan keterampilannya, sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Berdasarkan data Prakerja terkait penerima manfaat perempuan, terdapat kenaikan pendapatan sebesar 33,3% dibandingkan dengan non-penerima manfaat.

Sejalan dengan pandangan Prakerja, Karier.mu meyakini bahwa kolaborasi multipihak merupakan kunci dari keberlanjutan ekosistem literasi keuangan dalam pemberdayaan perempuan.

“Platform teknologi pendidikan menawarkan berbagai pelatihan dan kursus keuangan, mulai dari dasar-dasar pengelolaan keuangan pribadi hingga investasi dan perencanaan pensiun. Pelatihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perempuan untuk memberikan pengetahuan yang relevan dan praktis.

Karier.mu sebagai salah satu platform digital menyediakan akses ke pelatihan dan sumber daya pendidikan keuangan daring, yang dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Hal ini sangat membantu perempuan yang mungkin memiliki keterbatasan waktu atau akses fisik ke institusi pendidikan tradisional” Ujar Radinka, COO Karier.mu.

Seiring dengan pendidikan dan pelatihan keuangan dalam ekosistem Prakerja, perempuan dapat mengembangkan keterampilan digital sehingga berdampak terhadap peningkatan partisipasi perempuan dalam dunia kerja.

Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital dapat diakses secara gratis dalam rangkaian Indonesia Skills Week (ISW) dengan tahapan berikut.

1.    Pendaftaran ISW dapat dimulai dengan tahap pembuatan akun Prakerja di situs prakerja.go.id kapan saja
2.    Selanjutnya, pengguna memilih dan membeli pelatihan melalui situs web resmi: skillsweek.prakerja.go.id
3.    Pemilihan pelatihan sudah dapat dilakukan dari tanggal 21 Juni 2024 sampai dengan hari terakhir ISW yaitu di tanggal 4 Juli 2024

Meskipun periode ISW berlangsung sampai tanggal 4 Juli 2024, program pelatihan “Modul Kapabilitas Keuangan dan Digital” tetap dapat diakses secara gratis oleh peserta, mahasiswa, alumni Prakerja, serta seluruh masyarakat Indonesia melalui link berikut: https://kariermu.id/ISW-WWB.

Tentang Karier.mu:
Karier.mu adalah platform peningkatan dan pengembangan karier yang berbasis teknologi dan berkolaborasi untuk menyediakan program pelatihan bagi semua orang. Didirikan oleh Najelaa Shihab beserta tim pada tahun 2019 sebagai bagian dari entitas bisnis PT Semesta Integrasi Digital (SID), Karier.mu memiliki tujuan utama untuk menghubungkan semua orang kepada mentor terbaik, untuk membantu mereka mewujudkan mimpi dan karier impian di masa depan.
 
Karier.mu menyediakan berbagai program dengan mutu pelayanan yang berpihak kepada semua orang secara merata, serta menyediakan akses pelatihan terintegrasi digital dengan materi yang dirancang oleh ahli dari berbagai bidang.

Karier.mu merancang sembilan kompetensi untuk dijadikan dasar dalam setiap pembuatan program. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan dibutuhkan pengguna Karier.mu agar dapat berkembang, hidup, serta belajar di waktu sekarang dan di masa depan, yaitu: cerdas, inovatif, berprinsip, berkomitmen, mandiri, bekerjasama, komunikatif, reflektif, dan berdaya.

Karier.mu juga memiliki fleksibilitas program yaitu pengguna dapat mengatur waktu belajar kapan saja dan dimana saja; terpersonalisasi program menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat pengguna, memiliki materi beragam yang dapat dipilih, belajar bersama expert dari berbagai macam bidang yang dikuasai, dan kemudahan akses karena bisa diakses melalui website dan aplikasi, dan dapat disesuaikan dengan perangkat yang dimiliki pengguna.

Baca Juga: Bukalapak & Kariermu Perluas Kapabilitas Peserta Prakerja Berkarir serta Berbisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved