KALOG Express Catat Peningkatan Volume 10% Pada Periode Nataru 2024/2025
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), kian memantapkan posisinya di industri logistik tanah air. Melalui salah satu layanan bisnis KALOG Express yang berfokus pada pengiriman barang retail, perusahaan mencatat peningkatan volume barang sebesar 10% selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Heri Siswanto, Direktur Operasi KAI Logistik, menyampaikan “Pada masa Nataru 2024/2025 yang berlangsung dari tanggal 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KALOG Express berhasil mengangkut volume barang sekitar 2.789 ton, meningkat cukup signifikan dibandingkan periode yang sama pada Nataru tahun 2023/2024 sebesar 2.538 ton. Pencapaian ini mencerminkan tingginya kepercayaan pelanggan terhadap kecepatan dan keandalan layanan KALOG Express, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang retail selama musim liburan akhir tahun.”
Heri menjelaskan bahwa tren pengiriman tertinggi selama periode ini tercatat pada jenis pengiriman paket dan sepeda motor. Dengan Rincian, pengiriman paket mencapai 1.702 ton, disusul sepeda motor sebanyak 969 ton. Selain itu, kami juga mengelola pengiriman hewan sebesar 75 ton, sepeda sebanyak 18 ton, barang elektronik 14 ton, tanaman 5 ton, serta barang dinas dan dokumen lainnya yang totalnya mencapai 2 ton.
Peningkatan volume pengiriman barang ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat yang meningkat termasuk momentum libur semester bagi mahasiswa, sehingga banyak mahasiswa yang mengirimkan sepeda motornya untuk dibawa pulang atau dikirim ke kota tujuan wisata. Selain itu, libur panjang akhir tahun yang bertepatan dengan masa perayaan Tahun Baru juga menjadi momen bagi banyak wisatawan untuk mengirimkan berbagai keperluan mereka selama berlibur.
"Hal lain yang memengaruhi adalah pemberlakuan pembatasan bagasi bagi para penumpang kereta api, yang memiliki batas maksimal barang bawaan tanpa biaya tambahan sebesar 20 kg, layanan KALOG Express menjadi solusi praktis untuk mengirimkan barang bawaan berlebih maupun oleh-oleh sepulang berwisata," jelas Heri.
Tren pengiriman barang tertinggi tercatat menuju kota-kota besar seperti D.I. Yogyakarta, Semarang, dan Solo yang merupakan destinasi populer bagi wisatawan selama masa liburan. Dengan meningkatnya volume pengiriman ke berbagai kota tersebut, KALOG Express terus berupaya memberikan layanan terbaik untuk mendukung kelancaran distribusi barang, baik untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis selama masa puncak Nataru.
Heri menegaskan bahwa peningkatan kinerja KAI Logistik didukung oleh berbagai langkah antisipasi, terutama di bidang operasional, untuk memastikan kelancaran pengiriman barang masyarakat. Perusahaan memperkuat konektivitas jaringan distribusi barang dan mengoptimalkan operasional dengan memaksimalkan armada trucking dan armada lainnya, sehingga mempercepat dan memperluas layanan pengiriman kepada pelanggan. Selain itu, penambahan armada, penerapan teknologi digital melalui aplikasi KAI Logistik Trax, dan perluasan jangkauan layanan yang kini mencapai 196 titik di 115 kota/kabupaten, semuanya sejalan dengan visi perusahaan "KAI Logistik, Ispossible!" untuk menjaga keselamatan, kecepatan, dan ketepatan layanan selama puncak musim liburan.
Pencapaian ini juga menegaskan peran KAI Logistik dalam mendukung stabilitas pasokan selama masa liburan panjang serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami akan terus berinovasi untuk memastikan layanan logistik yang semakin terintegrasi dan ramah lingkungan,” tutup Heri.
Tentang PT Kereta Api Logistik
PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.
KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan distribusi logistik.
Baca Juga: KAI Logistik Pangkas Waktu Tempuh Rute Bandung – Surabaya Menjadi 1 Hari
Selanjutnya: Kepala Keamanan Presiden Korsel Mundur, Ingatkan Potensi Kekerasan Penangkapan Yoon
Menarik Dibaca: Promo JSM Hypermart Periode 10-13 Januari 2025, Anggur Hijau Diskon Rp 17.000
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News