March
06
2023
     13:30

Jelang Ramadan & Lebaran, Pemerintah Jaga Ketersediaan Bapok di Tengah Masyarakat

Jelang Ramadan & Lebaran, Pemerintah Jaga Ketersediaan Bapok di Tengah Masyarakat
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan panen raya bawang merah kemitraan Champion di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (5/3).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Jelang Ramadan dan Lebaran 2023, pemerintah terus berupaya menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok (bapok) di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menjaga komoditas bawang merah yang banyak dikonsumsi masyarakat pada periode puasa dan Lebaran.

Hal ini ditegaskan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menghadiri kegiatan panen bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, hari ini, Minggu (5/3). Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Kita patut bersyukur saat ini tengah berlangsung panen bawang merah yang bertepatan dengan periode menjelang puasa dan lebaran. Sehingga, diharapkan dapat menambah pasokan bawang merah di pasar rakyat guna menjaga stabilitas harga bawang merah, baik di tingkat petani maupun di tingkat konsumen,” ungkap Wamendag.

Wamendag menambahkan, Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian dalam menyediakan pasokan bawang merah pada periode puasa dan Lebaran. “Ke depan, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan terus bersinergi serta meningkatkan koordinasi dalam mengembangkan komoditas pertanian untuk kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, sebagai bentuk nyata komitmen Kementerian Perdagangan dalam mendukung komoditas bawang merah dan komoditas pertanian lainnya di antaranya melalui fasilitasi pembangunan Sistem Resi Gudang (SRG) dengan sistem Controlled Athmosphere Storage (CAS) yang salah satunya dibangun di wilayah Brebes.

Dalam kesempatan ini, Wamendag mewakili pemerintah sekaligus masyarakat Indonesia, menyampaikan terima kasih kepada para petani selaku penyangga pangan nasional yang senantiasa menyediakan pangan untuk memenuhi kebutuhan dan pemenuhan gizi bagi masyarakat Indonesia.

Masyarakat juga diimbau untuk memberikan apresiasi kepada para petani dengan mengonsumsi produk hasil pertanian nasional. Dengan begitu, akan memberikan semangat kepada para petani dalam menyediakan pangan bagi kita semua.

“Tak ketinggalan, kami juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait untuk memastikan kelancaran distribusi guna menjaga ketersediaan bawang merah di pasar rakyat dengan harga terjangkau. Sehingga, masyarakat merasa aman dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa dan Lebaran,” pungkas Wamendag.

Kabupaten Brebes merupakan sentra utama bawang merah nasional dengan produksi pada Maret 2023 sekitar 15 ribu ton. Pada 2022, luas panen bawang merah di Kabupaten Brebes seluas 32 ribu hektar atau setara produksi 384 ribu ton dengan produktivitas sebesar 11,8 ton per hektar.

Baca Juga: Serba-Serbi Raker Kemendag: Degla, Produk Unggulan dari Way Kanan, Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved