May
11
2022
     11:21

Investree Singapore Pte Ltd Akuisisi Saham Minoritas Signifikan Amar Bank

Investree Singapore Pte Ltd Akuisisi Saham Minoritas Signifikan Amar Bank
ILUSTRASI. Investree Singapore Pte Ltd mengumumkan bahwa Investree Group dan Tolaram telah menandatangani perjanjian transaksi akuisisi Investree Group atas saham minoritas? sebesar 18,4% di PT Bank Amar Indonesia Tbk (?Amar Bank?).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Investree Singapore Pte Ltd (“Investree Group”), perusahaan induk platform pinjaman tekfin Asia Tenggara untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan Tolaram Group Inc. (“Tolaram”), sebuah perusahaan berkantor pusat di Singapura yang berfokus pada peluang pasar negara berkembang, hari ini mengumumkan bahwa Investree Group dan Tolaram telah menandatangani perjanjian transaksi terkait dengan rencana akuisisi Investree Group atas saham minoritas yang signifikan sebesar 18,4% di PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”), bank umum berlisensi yang juga merupakan pelopor perbankan digital di Indonesia.

Investree Group sangat antusias dengan besarnya potensi pasar perbankan Indonesia serta peluang untuk mendorong inklusi keuangan di negara ini. Ada sekitar 92 juta orang dewasa yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan 47 juta yang kurang terlayani bank (underbanked) di Indonesia, sementara segmen UMKM yang tengah berkembang pesat tetapi kurang terlayani bank, menyumbang sekitar 60% dari PDB.

Investree Group yang beroperasi di Indonesia di bawah PT Investree Radhika Jaya (“Ïnvestree”), berkomitmen untuk memperluas akses layanan keuangan bagi UMKM melalui solusi perbankan digital. Dengan mengakuisisi saham minoritas yang signifikan di Amar Bank, Investree Group percaya bahwa upayanya untuk meningkatkan inklusi keuangan dapat dipercepat. Secara khusus, melalui sinergi yang kuat dengan Amar Bank, Investree bermaksud untuk mengembangkan  produk-produk pembiayaan dan menawarkan solusi bisnis digital yang lebih luas untuk mengangkat level operasional UMKM di seluruh negeri.

Adrian Gunadi, Direktur Investree Group dan Co-Founder sekaligus CEO Investree berkomentar, “Inisiatif ini merupakan bagian untuk menciptakan lintas kolaborasi yang kohesif antara fintech dan perbankan serta bersama-sama melakukan inovasi produk, menyediakan layanan pembiayaan digital dan solusi bisnis yang lebih terintegrasi, dan juga memperluas jangkauan kepada calon debitur/UMKM di kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan Amar Bank. Komitmen ini sejalan dengan salah satu agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia, yaitu mendorong inklusi keuangan, khususnya bagi komunitas UMKM yang belum terlayani dengan baik oleh bank di masa lalu.”

Menanggapi hal ini, Navin Nahata, Managing Director, Fintech & Infrastructure Tolaram menyatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Investree, platform pinjaman tekfin terkemuka di Asia Tenggara, untuk terus membangun Amar Bank menjadi bank digital terkemuka yang berfokus pada kebutuhan konsumen dan UMKM. Kami percaya pengetahuan mendalam Investree tentang ruang pembiayaan UMKM lokal akan memungkinkan Amar Bank untuk mempercepat berbagai upaya diversifikasi produk untuk melayani segmen ekonomi Indonesia yang penting namun secara historis kurang terlayani. Untuk itu, kami menantikan kemitraan yang sukses dan berjangka panjang dengan Investree.”

Hal senada diungkapkan oleh Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank. “Transaksi ini merupakan langkah ke depan yang signifikan bagi Amar Bank. Keterlibatan dan keahlian Investree akan memungkinkan kami untuk memperkenalkan produk baru yang lebih baik untuk UMKM di Indonesia, bersama dengan produk pinjaman digital unggulan kami, Tunaiku dan mobile-only bank, Senyumku. Bersama-sama, kami akan memberikan perbankan digital yang memberikan dampak,” tutup Vishal.

Tentang Investree

Investree Singapore Pte Ltd (“Investree Group”) adalah perusahaan induk dari platform fintech lending terkemuka di Asia Tenggara untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di Indonesia, Thailand dan Filipina. Operasional di setiap negara dilisensikan sepenuhnya oleh regulator masing-masing, termasuk Otoritas Jasa Keuangan Indonesia dan Komisi Sekuritas dan Bursa di Thailand dan Filipina.

Investree Group fokus membangun solusi pembiayaan digital inovatif yang berfokus pada UMKM. Hal Ini secara khusus difokuskan pada model akuisisi B2B untuk mendorong originasi peminjam UMKM, yang memungkinkannya untuk mengoptimalkan data dan teknologi untuk menyediakan pendanaan yang lebih mudah dan terjangkau bagi UMKM, dengan menghubungkan mereka ke pemberi pinjaman yang ingin memberikan pendanaan serta menghasilkan laba yang menarik. Pendekatan ini mencakup kemitraan yang kuat dengan berbagai ekosistem digital yang mendorong originasi, meningkatkan verifikasi, mengurangi biaya akuisisi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Melalui kolaborasi dengan mitra strategis dalam ekosistem digital dan keuangan, serta inovasi berkelanjutan dalam produk pendanaan, Investree berkomitmen untuk terus memberikan solusi bisnis digital bagi UMKM di berbagai pasar berkembang tempat ia beroperasi.

Tentang Tolaram

Tolaram adalah perusahaan yang berkantor pusatdi Singapura yang berfokus pada investasi dalam peluang pasar negara berkembang yang mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lebih dari 70 tahun warisan kewirausahaan telah memberikan Tolaram wawasan kritis untuk terus berinovasi dan menciptakan nilai yang berarti. Tolaram terus mengubah tantangan menjadi peluang di berbagai portofolio bisnis yang berfokus pada produk konsumen, tekfin, infrastruktur, dan industri di seluruh Asia, Afrika, dan Eropa. Tolaram memiliki strategi fintech yang ambisius, berfokus pada pembangunan solusi inovatif bagi konsumen dan UMKM di berbagai pasar negara berkembang.

Tentang Amar Bank

Amar Bank (kode saham: AMAR) adalah bank digital Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Didirikan pada tahun 1991, dan diluncurkan kembali sebagai Amar Bank pada tahun 2015, bank ini telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu lembaga fintech terkemuka melalui platform pinjaman digital, Tunaiku, yang telah menerima berbagai penghargaan. Diluncurkan pada tahun 2014, Tunaiku adalah platform pinjaman digital berbasis aplikasi pertama di Indonesia yang memanfaatkan big data dan analitik prediktif untuk melayani populasi yang tidak memiliki rekening bank dan kurang terlayani di Indonesia, dan terus menjadi produk unggulan Amar Bank hingga saat ini. Tunaiku memberikan pinjaman pribadi kepada individu dan UMKM, serta proses pengajuan yang diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam. Pada tahun 2020, Amar Bank meluncurkan Senyumku, mobile-only bank berbasis cloud pertama di Indonesia, yang mengadopsi teknologi AI untuk mendorong kebiasaan menabung yang positif dan disiplin untuk pengendalian keuangan pribadi yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved