May
03
2023
     19:30

INOV Kembangkan Sistem Rantai Nilai Sampah Plastik Berkesinambungan

 INOV Kembangkan Sistem Rantai Nilai Sampah Plastik Berkesinambungan
ILUSTRASI. PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik (PET) menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (RePSF), mencatatkan kenaikan laba bersih tahun berjalan 146% YoY pada Kuartal 1-23.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Mengetahui bahwa ada banyak kota di Indonesia yang belum memiliki fasilitas daur ulang, PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) terus mengembangkan sistem rantai nilai sampah plastik yang berkesinambungan. Untuk itu, INOV ini terus giat berekspansi membangun fasilitas pencucian untuk mengumpulkan sampah plastik di berbagai kota di seantero Indonesia.

Sebagai emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik (PET) menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (RePSF), INOV sangat menyadari pentingnya mengamankan bahan baku dengan membangun rantai nilai yang berkelanjutan untuk limbah plastik.

“Mengamankan ketersediaan bahan baku merupakan hal yang sangat krusial bagi kelangsungan bisnis INOV. Jadi, ekspansi yang terus giat kita lakukan ini merupakan bagian dari strategi untuk mengamankan keberlangsungan bisnis daur ulang limbah PET yang digeluti Perseroan,” kata Direktur INOV, Victor Choi.

Sementara itu, investasi INOV di PlasticPay, yang menyediakan solusi Reverse Vending Machines (RVM) dan Mini Dropbox untuk mengumpulkan sampah plastik langsung dari pengguna, telah berhasil mendukung upaya INOV untuk membangun rantai nilai yang berkelanjutan untuk sampah plastik. Dimana saat ini, PlasticPay memiliki lebih dari 60 mesin RVM dan 600 Mini Dropbox yang digunakan di berbagai lokasi.

Berkat langkah ekspansi yang giat dilaksanakan selama ini, INOV telah mengoperasikan pabrik dan fasilitas pencucian (washing facilities) di 9 kota, seperti Tangerang, Solo, Mojokerto, Salatiga, Palembang, Medan, Gowa, Takalar, dan Subang.

Perseroan terus bekerja keras memperluas fasilitasnya setiap tahun, bahkan di masa pandemi telah membuka fasilitas baru di Medan dan Makassar. Di awal tahun ini, Perseroan juga telah memperluas fasilitas pencucian baru miliknya di daerah Subang.

Pada kuartal I 2023 ini, Perseroan mencatatkan kenaikan laba bersih tahun berjalan 146% YoY, dari Rp 6,09 miliar menjadi Rp 14,95 miliar. Peningkatan perolehan laba bersih ini didukung oleh turunnya beban pokok penjualan dan peningkatan pendapatan lain-lain berkat kurs mata uang rupiah yang membaik dan stabil.

Perseroan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 145,20 miliar, turun dari Rp 184,75 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 115,71 miliar, turun dibandingkan Rp 149,60 miliar pada kuartal I tahun 2022.

Berkat kurs rupiah yang membaik secara stabil, pada kuartal I ini Perseroan menikmati pendapatan perubahan kurs sebesar Rp 24,35 miliar, melonjak dibandingkan Rp -1,71 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sekilas mengenai PT Inocycle Technology Group Tbk (“INOV”)

INOV adalah perusahaan Clean-Tech di Indonesia yang berfokus dalam mengolah dan mendaur ulang botol PET dan sampah plastik lainnya menjadi produk daur ulang serat staple buatan/Recycle Polyester Staple Fiber (re-PSF). Saat ini, INOV mengoperasikan tiga pabrik pembuatan produk daur ulang serat staple buatan di Tangerang, Solo, dan Mojokerto dengan pabrik pengolahan sampah botol plastik/washing facility di Solo, Mojokerto, Medan, dan Gowa, Makassar.

Selain itu INOV juga mengoperasikan dua pabrik untuk industri bukan tenunan (non-woven) di Salatiga dan Palembang. Pada tahun 2021, INOV menambah dua pabrik bukan tenunan (NonWoven) di Kabupaten Gowa dan Takalar, serta washing facility di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 10 Juli 2019, PT Inocycle Technology Group Tbk (“INOV”) adalah emiten pertama untuk produk daur ulang serat staple buatan yang menghadirkan solusi global untuk masalah lokal, yakni mengubah sampah menjadi sumber daya baru.

Baca Juga: Meningkatnya Tren Penggunaan Produk Daur Ulang Pasca Covid Untungkan INOV

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved