IKEA Luncurkan Koleksi MAVINN Edisi Kedua
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya dalam mengembangkan usaha kewirausahaan sosial, yang juga merupakan salah satu bagian dari program keberlanjutan, IKEA meluncurkan koleksi MAVINN.
Bermitra dengan berbagai UMKM, koleksi MAVINN dibuat dengan mengedepankan keterampilan lokal, sekaligus menyediakan lapangan kerja dan pelatihan bagi perempuan dan kelompok-kelompok terpinggirkan. Koleksi ini terdiri dari 17 produk unik yang dibuat dengan tangan, yang menceritakan kisah warisan budaya dan memberdayakan para perajin yang membuatnya.
Berangkat dari debutnya pada tahun 2023, IKEA meluncurkan edisi kedua MAVINN. Sejak tahun 2012, IKEA telah mengembangkan kemitraan bisnis dengan perusahaan-perusahaan sosial untuk merancang dan memproduksi produk-produk yang dijual di toko-toko IKEA di seluruh dunia. MAVINN dibuat melalui kerja sama dengan lima UMKM dan perajin terpilih dari Bangladesh, India, dan Yordania.
Koleksi ini mendukung upaya mereka untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di komunitas-komunitas yang rentan, memberdayakan mereka untuk tumbuh sebagai profesional yang terampil, dan menciptakan dampak yang positif.
Tentang Koleksi MAVINN
MAVINN berfokus pada penciptaan produk-produk yang dapat diproduksi dalam jumlah yang lebih besar dan dijual secara global, untuk menciptakan lebih banyak kesempatan kerja. Setiap bagian ditenun, dijalin, atau disulam dengan tangan untuk mewujudkan keterampilan dan warisan budaya lokal yang unik.
“Koleksi ini merayakan kemitraan selama 12 tahun yang telah IKEA bangun bersama, memberikan contoh kuat tentang bagaimana kita dapat bekerja dalam jangka panjang untuk memungkinkan orang memperoleh produk sehari-hari yang dibuat dengan tangan, sekaligus menciptakan peluang yang mengubah hidup bagi mereka yang membuatnya. IKEA berharap koleksi MAVINN ini menginspirasi apresiasi yang lebih dalam terhadap barang-barang buatan tangan dan usaha serta warisan budaya yang dijalin dalam setiap bagiannya," kata Ririn Basuki, Communication & PR Manager IKEA Indonesia.
Produksi Hasil Kerajinan Tangan yang Menciptakan Lapangan Kerja
Koleksi MAVINN menghadirkan kegembiraan dan kehangatan ke setiap ruang dengan palet warna-warni dan pola berulang yang menyatukan setiap bagian. Semua produk terbuat dari katun atau goni, yang bersumber dari tempat usaha kecil dan menengah beroperasi.
Koleksi MAVINN mencakup beragam produk seperti keranjang, tas, permadani, sarung bantal, sprei, jubah mandi, gantungan pot tanaman, selimut, dan kantong.
Salah satu hal yang menarik dari koleksi MAVINN adalah keranjang, dengan desain alami dan warna-warni, termasuk keranjang kucing khusus yang memastikan setiap orang di rumah memiliki tempat untuk tidur. Selimut dan seprai katun warna-warni menampilkan rumbai dan pola buatan tangan. Gantungan pot buatan tangan, dibuat menggunakan teknik macrame, menghadirkan sentuhan alam dan keindahan artistik.
MAVINN menonjolkan teknik kerajinan yang diwariskan dari generasi ke generasi, dan berkreasi bersama serta belajar dari satu sama lain dengan para pengrajin yang telah menjaga tradisi ini tetap hidup.
“Dengan berkolaborasi dan berkreasi bersama mitra kami, IKEA berhasil menggabungkan keahlian kami dalam desain dengan keterampilan para pengrajin lokal sehingga dapat menciptakan produk-produk yang unik dan berkarakter. IKEA sangat bangga dapat memberdayakan para wanita untuk proyek ini, sehingga mereka bisa tumbuh menjadi profesional yang terampil dan memungkinkan keluarga dan masyarakat mencapai kemandirian finansial," jelas Ririn.
Koleksi MAVINN tersedia di toko IKEA di seluruh Indonesia dan online mulai Oktober 2024.
Tentang IKEA
Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.
IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu berada.
Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi. IKEA memiliki pengalaman 80 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.
Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan keberlanjutan jangka panjang.
Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat. Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau untuk produk yang dibuat oleh para desainer.
Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.
Baca Juga: IKEA Luncurkan Koleksi BRANNBOLL untuk Gamers, Ciptakan Main Game Lebih Seru di Rumah
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News