May
04
2023
     13:36

IKEA Indonesia Dukung Produk Buatan Indonesia Masuk ke Pasar Dunia

IKEA Indonesia Dukung Produk Buatan Indonesia Masuk ke Pasar Dunia
ILUSTRASI. Kolaborasi IKEA & Du Anyam mampu kembangkan dampak ke arah penyediaan kualitas hidup lebih baik bagi penenun & keluarga. Contoh produk hasil Du Anyam adalah FARULL(keranjang anyaman daun palem) & BUKSBO (stand tanaman rotan bambu).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Bertepatan dengan Hari Bangga Buatan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 5 Mei, IKEA Indonesia  menjalankan program “IKEA Bangga Produk Lokal”.  Program ini bertujuan untuk mendukung produk buatan lokal yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan serta membantu mempromosikan produk-produk Indonesia yang berkualitas tinggi ke ranah global.

Program “IKEA Bangga Buatan Produk Lokal” ini sejalan visi iklim dan keberlanjutan IKEA, di antaranya memperkuat komitmen sosial untuk berkontribusi kepada masyarakat secara adil dan setara guna mengatasi kesenjangan.

Ririn Basuki, Communications & PR Manager IKEA Indonesia mengatakan, “IKEA senantiasa mendukung produk-produk buatan Indonesia yang membawa dampak positif bagi masyarakat, lingkungan dan bisnis sekaligus menghasilkan produk berkualitas tinggi untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi IKEA, yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.”

Untuk mendukung jalannya program ini, IKEA telah menggandeng beberapa usaha skala kecil dan menengah lokal asal Indonesia seperti Du Anyam dan Aneka Coklat untuk mempromosikan produk buatan Indonesia ke skala pasar yang lebih besar.

Hadirkan semangat baru melalui kerajinan tradisional

Du Anyam adalah sebuah kewirausahaan sosial asal Nusa Tenggara Timur yang didirikan oleh tiga sekawan Azalea, Hanna dan Melia. Dalam bahasa Flores, Du Anyam berarti Anyaman Ibu. Wirausaha sosial ini didirikan untuk mendukung para wanita di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) guna membantu memberdayakan perempuan di daerah ini dengan membuka 1.400 lapangan pekerjaan dan meningkatkan penghasilan daerah hingga 40%.

Usaha berbasis sosial ini juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarga di NTT dengan menyediakan memberikan 4.800 paket sembako untuk para penenun, serta menyalurkan 350 beasiswa untuk anak-anak mereka.

Selain mampu meningkatkan kualitas hidup orang banyak, Du Anyam juga telah membantu mengembangkan tradisi mengolah bahan baku lokal berupa kerajinan tangan anyaman daun palem unik yang disebut sebagai 'Kepitang' (tenun pola heksagonal) yang dibentuk menjadi berbagai produk perabot rumah tangga seperti keranjang.

Kolaborasi dengan IKEA telah membantu Du Anyam untuk mengembangkan dampak yang lebih jauh ke arah penyediaan kualitas hidup yang lebih baik bagi penenun dan keluarga mereka, sekaligus menghadirkan lebih banyak produk buatan dalam negeri yang menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan.

Beberapa contoh produk hasil Du Anyam adalah adalah FARULL (keranjang anyaman daun palem) dan BUKSBO (stand tanaman terbuat dari rotan bambu).

Produksi cokelat yang berkelanjutan

Selain produk anyaman, IKEA Social Entrepreneurship juga telah bermitra dengan Aneka Coklat untuk menghadirkan produk makanan berupa cokelat organik berkualitas tinggi yang tersedia di seluruh toko IKEA di Indonesia..

Aneka Coklat merupakan usaha coklat asal Jawa Timur yang bertujuan menciptakan pertanian cokelat yang ramah lingkungan dan bertanggung-jawab serta tetap menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Aneka Coklat mengusung konsep "farmer-to-bar", di mana mereka membeli biji kopi berkualitas tinggi langsung dari petani dengan harga yang adil. Selain itu, para petani kakao juga diberikan bantuan melalui program pelatihan untuk mempelajari teknik pertanian organik, fermentasi, dan konservasi. Aneka juga membekali mereka dengan alat-alat yang dibutuhkan untuk pertanian dan pengolahan kakao.

Dalam kolaborasi ini, IKEA dapat menghadirkan cita rasa baru dalam serangkaian cokelat dengan enam varian rasa (cabai, cokelat susu, cokelat hitam, kopi, karamel, dan kelapa) yang unik dan berkualitas. Tidak hanya lezat, produk cokelat ini juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan petani cokelat, khususnya di daerah Jawa Timur.

“Melalui kolaborasi dan semangat kewirausahaan, kami yakin akan memberikan kontribusi positif untuk memajukan produk buatan Indonesia ke pasar dunia. Oleh karena itu, kami selalu berantusias dalam mencari kemitraan baru untuk merealisasikan visi kami.” kata Ririn Basuki.

Selain produk anyaman dan cokelat, ada pula produk IKEA lain yang merupakan buatan Indonesia seperti keranjang rotan (BRANAS dan TRUMMIS), mainan boneka (BLAHAJ dan DJUNGELSKOG), perabot (MASTHOLMEN, AGEN), bantal dudukan  (FAMNIG HJARTA), matras (HOVAG) dan masih banyak lagi.

Tentang IKEA

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan  menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga  terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.  

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd,  nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu  berada.  

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi. IKEA memiliki pengalaman 80 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.  

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan  keberlanjutan jangka panjang.  

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.  Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau  untuk produk yang dibuat oleh para desainer.  

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

Baca Juga: IKEA Gandeng 9 Desainer Amerika Latin untuk Hadirkan Rangkaian Produk Penuh Karakter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved