October
07
2024
     17:16

HUT ke-101, RSHS Gelar Bakti Sosial dan Pengabdian Masyarakat di Cirebon

HUT ke-101, RSHS Gelar Bakti Sosial dan Pengabdian Masyarakat di Cirebon
ILUSTRASI. Peringati HUT ke-101, Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengadakan serangkaian kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Untuk memperingati HUT ke-101, Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengadakan serangkaian kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian RSHS terhadap masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Kegiatan bakti sosial ini mengusung tema “Merajut Kebersamaan Menggapai Sehat untuk Negeri Bersama Rumah Sakit Hasan Sadikin”. Kegiatan dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2024 di beberapa lokasi, yaitu Polresta Cirebon, Aula Kantor Pemda Kabupaten Cirebon, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Puskesmas Tengah Tani, Batik Trusmi, SMP Negeri 1 Talun, Pemkab Cirebon, dan RS Sumber Hurip.

Bakti sosial ini bertujuan memberikan layanan kesehatan, edukasi kepada masyarakat Cirebon dan sekitarnya, mewujudkan kepedulian RSHS terhadap peningkatan kesadaran dan kualitas hidup masyarakat, serta memberikan perhatian khusus kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

“Momen ini sangat berharga, tidak hanya bagi kita yang hadir di sini, tetapi juga bagi seluruh masyarakat yang telah merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan yang diberikan, khususnya masyarakat Cirebon, yang telah menjadi bagian dari perjalanan panjang RSHS,” ungkap Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan drg. Yuli Astuti Saripawan, di Kantor Bupati Cirebon, Minggu (6/10).

Adapun, beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan pada rangkaian bakti sosial ini antara lain:

1. Pemberian edukasi. Kegiatan ini dilaksanakan di 6 lokasi dan diikuti oleh sekitar 800 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar, polisi, polwan, ibu Bhayangkari, ibu Persit, ibu Dharma Wanita, PKK, serta tenaga kesehatan. Materi edukasi yang disampaikan meliputi kesehatan reproduksi, kesehatan jiwa, stunting dan tumbuh kembang anak, penyakit jantung koroner, pelatihan bantuan hidup dasar, skrining kanker payudara, skrining skoliosis, serta pelatihan kusta dan dermatitis pada pengrajin batik.

2. Operasi bibir sumbing gratis bagi anak-anak dan masyarakat kurang mampu di RS Permata Cirebon.

3. Senam massal, yang diikuti oleh masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan mempererat kebersamaan antara masyarakat dan tim medis dari RSHS.

4. Pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan meringankan beban hidup masyarakat.

5. Bakti sosial. Kegiatan ini merupakan acara puncak yang melibatkan pelayanan kesehatan di 61 poliklinik, dengan dukungan 19 profesor dan 294 dokter subspesialis. Pelayanan kesehatan diberikan di Pemkab Cirebon dan RS Sumber Hurip.

Hingga Minggu (6/10) siang, jumlah peserta yang terdaftar mengikuti bakti sosial mencapai sekitar 2.220 orang. Masyarakat mendapatkan layanan medis mulai dari pemeriksaan umum hingga pelayanan spesialis disertai dengan pemberian obat gratis.

Kegiatan bakti sosial ini diharapkan tidak hanya menjadi momentum bagi RSHS untuk berbagi dengan masyarakat, tetapi juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara rumah sakit dan masyarakat.

“Acara bakti sosial ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga wujud kepedulian kami terhadap masyarakat melalui berbagai kegiatan yang telah disusun,” kata Direktur Utama RSUP Dr. Hasan Sadikin dr. Rachim Dinata Marsidi.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan yang terbesar yang pernah diselenggarakan oleh RSHS, dengan jumlah poliklinik dan tenaga kesehatan terbanyak. Terdapat 101 poliklinik yang memberikan layanan gratis kepada masyarakat, sesuai dengan perayaan ulang tahun RSHS yang ke-101.

“Mudah-mudahan ini merupakan awal yang baik, dan alhamdulillah kita juga mendapatkan Rekor Muri sebagai pelayanan kesehatan bakti sosial dengan dokter subspesialis terbanyak,” ucap Ketua Panitia HUT 101 RSHS dr. Fitra Hergyana.

Hingga Minggu siang, masyarakat yang hadir untuk memeriksakan kesehatan di poliklinik mencapai sekitar 2.220 pasien, dengan 90% mendaftar secara daring (online) dan sekitar 300 orang mendaftar secara langsung di lokasi (onsite).

Rangkaian acara HUT 101 RSHS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Cirebon, salah satunya karena mereka dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di poliklinik yang telah disediakan.

“Terkait acara ini, sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat karena banyak sekali poliklinik yang disediakan untuk berobat. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin telah menyelenggarakan acara ini,” ucap Nurjanah, warga Cirebon yang menjadi peserta Bakti Sosial Peringatan HUT 101 RSHS.

Baca Juga: Akses Darurat Medis 119 Kini Bisa melalui SATUSEHAT Mobile

Selanjutnya: Soal PDI-P Masuk Kabiner Prabowo, Puan Maharani: Nanti Lihat Pada Waktunya

Menarik Dibaca: Cara Minum Cuka Apel untuk Diet, Benarkah Efektif Turunkan BB?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved