August
31
2023
     20:37

HOKI Makin Aktif Investasi ke Bisnis Beras Sehat lewat PT Hoki Distribusi Niaga (HDN)

HOKI Makin Aktif Investasi ke Bisnis Beras Sehat lewat PT Hoki Distribusi Niaga (HDN)
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras berkualitas merek Topi Koki & HOKI melakukan penandatanganan MoU pembentukan usaha bersama (joint venture) bersama PT Gita untuk membangun pabrik beras sehat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Upaya HOKI, produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nama PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., ke bisnis consumer goods berbasis beras atau makanan sehat semakin agresif. Baru-baru ini melalui PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), anak usaha HOKI untuk produk-produk beras dan turunannya serta consumer goods lainnya, melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) pembentukan usaha bersama (joint venture/JV) bersama PT Gita untuk membangun pabrik beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi di awal 2025. Penandantanganan MoU ini masih tahap awal dan akan dilanjutkan dengan pembentukan usaha patungan secara formal.

Adi Wijaya, Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) menyampaikan,”Kami melihat bahwa prospek beras sehat dengan brand ‘DailyMeal’ antara lain beras yang saat ini tersedia di dalam dua varian, nasi jagung dan nasi singkong mulai banyak diminati masyarakat.

Untuk itu, ke depan kami ingin menjamin serta memastikan ketersediaan dan keberlanjutan pasokan aneka beras sehat agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung tercapainya proyeksi pertumbuhan volume yang dicanangkan HDN ke depan. Selain itu, JV ini juga akan meningkatkan laju inovasi produk-produk beras sehat dari HDN di masa mendatang.”

Asal tahu saja, proses transformasi bisnis yang dimulai HOKI dengan diversifikasi produk Perseroan ke sektor FMCG (fast-moving consumer goods) melalui HDN semakin menunjukkan perkembangan yang positif dalam setahun terakhir.

Penjualan Daily Meal sebagai produk FMCG Perseroan pada Semester 1 tahun ini mencapai Rp 2,2 miliar, tumbuh 5.846% dibandingkan pada semester 2 2022 yang sebesar Rp 37 juta.

DailyMeal terbagi menjadi "Daily Meal Rice" berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, dan "Daily Meal Eats" berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk, serta akan meluncurkan varian baru pada semester dua tahun ini.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi dengan index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet.

Beras singkong dan jagung ini sangat diterima baik di berbagai modern market karena sesuai dengan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan yang semakin mementingkan kesehatan.

“Rencana pembangunan pabrik baru khusus untuk beras sehat ini nantinya juga diharapkan akan menunjang target HOKI yang akan terus tumbuh dengan ditunjang empat sektor bisnis grup HOKI, yaitu Bisnis beras Topi Koki, Bisnis FMCG Daily Meal melalui HDN, Bisnis investasi melalui PT Hoki Investasi Sejati (HIS) serta Bisnis Energi Terbarukan melalui PT Buyung Poetra Energi (BPE),” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo.

Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) yang didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras, di mana awal pendiriannya adalah pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977) untuk mendistribusikan beras “TOPI KOKI” di Jakarta. Produk HOKI yang paling dikenal adalah merek “TOPI KOKI” dan “HOKI”.

Selain itu, HOKI juga memproduksi beras dengan merek: Rumah Limas, BPS, Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya. HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan lain berdasarkan kerja sama yang disepakati.

Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dan online marketplace. HOKI memiliki pabrik di Pamanukan, Jawa Barat, Pasar Induk Cipinang, dan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Selain itu, Perseroan juga memiliki gudang di Sidoarjo, Jawa Timur.

Seiring dengan perkembangan bisnis, pada tanggal 22 Juni 2017 PT Buyung Poetra Sembada Tbk membuka penawaran saham pertama mereka (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Saham penawaran yang dibuka sebesar 700.000.000 dengan harga penawaran Rp310 per lembar. Di tahun yang sama, semua tahap proses produksi beras HOKI telah dinyatakan halal dengan diterbitkannya sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pada bulan Agustus 2020, HOKI memperoleh sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional dari The Planet Mark UK. Sertifikasi ini salah satunya didukung oleh inovasi berupa pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sekam dengan kapasitas 3 Megawatt di Palembang, Sumatera Selatan.

Di tahun 2021, HOKI bertransformasi menjadi perusahaan konsumer setelah meluncurkan produk Fast Moving Consumer Goods (FMGC) berupa Daily Meals Eats, produk kreasi masakan beras dengan cita rasa Indonesia dan Daily Meal Rice, produk beras sehat dengan varian produk beras jagung dan beras singkong.

Baca Juga: Lewat Anak Usaha, Buyung Putra (HOKI) Jajaki Joint Venture Bangun Pabrik Beras Khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved