February
17
2023
     13:41

Hadirkan Solusi Kebutuhan Air Minum Sehat, Yamaha Motor Nuansa Indonesia Raih Award

Hadirkan Solusi Kebutuhan Air Minum Sehat, Yamaha Motor Nuansa Indonesia Raih Award
ILUSTRASI. PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) selaku produsen water purifier bermerek Yamaha, bekerja sama dengan Daya Pertiwi Foundation (DPF) mendapatkan penghargaan bergengsi, Energy Globe National Award 2022 yang diberikan oleh Energy Globe Foundation.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) selaku produsen water purifier bermerek Yamaha, bekerja sama dengan Daya Pertiwi Foundation (DPF) sukses mendapatkan penghargaan bergengsi, yaitu Energy Globe National Award 2022 yang diberikan oleh Energy Globe Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang ketahanan lingkungan yang berlokasi di Negara Austria.

Penghargaan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi atas solusi permasalahan lingkungan yang ditawarkan oleh YMNI dan DPF, melalui program penyediaan air minum sehat di Desa Wirotaman, Kabupatan Malang, Jawa Timur, dengan menggunakan mesin Yamaha Clean Water Supply System model YCW-008A. Penggunaan sistem tersebut dinilai sebagai teknologi tepat guna yang cocok diterapkan di wilayah sub-urban, karena memiliki konstruksi yang sederhana sehingga mudah diaplikasikan dan murah dalam hal perawatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu dan bekerja sama dalam program penyediaan air minum sehat di Desa Wirotaman, sehingga kami bisa mendapatkan penghargaan Energy Globe National Award 2022.

Pencapaian ini tentunya tidak hanya membuat kami semakin bersemangat dan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat Indonesia, namun juga membuktikan bahwa teknologi Yamaha selalu relevan dalam menjawab segala persoalan sosial dan lingkungan yang ada di tengah masyarakat” ungkap Takeshita Naotaka, President Director, PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia yang juga menjabat sebagai Vice President Director, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Yamaha Clean Water Supply System model YCW-008A sendiri adalah sebuah penyempurnaan sistem penjernih air yang menggunakan metode ‘Saringan Pasir Lambat’ dan telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Sistem ini sangat ramah lingkungan karena selain menggunakan kapasitas listrik yang rendah untuk pompa penghisap airnya, cara kerja pergerakan air juga lebih memanfaatkan gaya gravitasi melalui penyusunan formasi tangki terbuka yang dibuat berundak (menurun).

Selain itu, sistem penjernihan pun tidak menggunakan bahan koagulan atau filter kimiawi melainkan memakai bakteri baik yang diproduksi dengan memanfaatkan sinar matahari dan media alami.

Hadirnya Yamaha Clean Water Supply System di desa Wirotaman, setidaknya mampu memasok air minum sehat hingga sebanyak 8.000 liter setiap harinya, atau sekitar 400 galon air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 500 kepala keluarga*. Dengan jumlah pasokan air bersih yang melimpah tersebut, program ini tidak hanya mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, namun turut berpotensi memberikan pemasukan ekonomi.

Oleh sebab itu, selain memberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan tata cara pengoperasian serta perawatan mesin filtrasi, YMNI dan DPF juga memberikan progam edukasi dari sisi peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat desa. Seperti penjualan air minum, pembuatan kelompok pengelola air, dan bentuk usaha lainnya yang dapat meningkatkan daya saing serta kemandirian masyarakat setempat.

*Dengan asumsi 5 anggota per 1 kepala keluarga (berdasarkan hasil survey internal)

Baca Juga: Hadir di HOMEDEC, Coway Ajak Pemilik Rumah Level Up Gaya Hidup Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

AEON Telah Mendapatkan Sertifikat Halal

29 FEBRUARI 2024 / 15:10 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved