September
18
2023
     15:39

Hadirkan Instalasi Teknologi Imersif,MIND ID Kenalkan PSN lewat Virtual Experience

Hadirkan Instalasi Teknologi Imersif,MIND ID Kenalkan PSN lewat Virtual Experience
ILUSTRASI. Dalam pameran Sewindu PSN Edutainment Expo yang berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta, 13-16 September 2023 lalu, BUMN Holding Industri Pertambangan itu menghadirkan Downstream Virtual Experience untuk menyambut helatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pada momentum Hari Pelanggan Nasional 2023, MIND ID menghadirkan booth yang berbeda dengan memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung.

Dalam pameran Sewindu PSN Edutainment Expo yang berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta, 13-16 September 2023 lalu, BUMN Holding Industri Pertambangan itu menghadirkan Downstream Virtual Experience untuk menyambut helatan Sewindu Proyek Strategi Nasional (PSN).

Downstream Virtual Experience merupakan ruangan dengan teknologi imersif yang menampilkan visual menarik. Selain itu, informasi yang disajikan menggunakan teknologi informasi di mana seluruh dinding dan lantai di sebuah ruangan diproyeksikan gambar bergerak yang dilengkapi dengan tata suara, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dan menarik.

Di ruang ini, pengunjung juga diajak berpetualang dengan konten imersif yang disajikan. Di mana konten imersif yang ditampilkan MIND ID berupa proyek dan smelter milik Grup MIND ID, seperti Smelter FeNi Haltim milik PT Antam, PLTU Mulut Yambang Sumsel 8 besutan PT Bukit Asam, Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah milik PT Inalum dan PT Antam, Smelter Tembaga Single Line garapan PTFI, dan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace milik PT Timah.

Dari sisi tampilan, booth Grup MIND ID dalam Sewindu PSN berdesain elegan dengan bentuk setengah lingkaran memiliki paduan warna merah dan biru khas MIND ID. Di bagian atas tertulis MIND ID berkelir biru yang berdampingan dengan logo perusahaan berwarna merah.

Sementara, papan informasi menampilkan kinerja Grup MIND ID dalam memajukan industri pertambangan Indonesia termasuk menjadi bagian dari pelaku PSN ditampilkan. Sedangkan, di bagian atas papan informasi dipasang banner anggota perusahaan MIND ID meliputi PT Antam, PT Inalum, PT Bukit Asam, PT Timah, PT Freeport Indonesia, dan PT Vale Indonesia.

Guna memeriahkan acara, MIND ID mengajak para pengunjung untuk membuat konten berupa foto atau video selama berkunjung di booth MIND ID atau saat berada di Downstream Virtual Experience. Panitia juga menyiapkan hadiah 1 gr Logam Mulia untuk 10 orang pemenang.

Helatan Sewindu PSN sendiri terlaksana berkat kerja sama Kementerian dan lembaga negara, Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) PSN, lembaga internasional dan swasta yang menjadi bagian dalam PSN dengan tujuan mewujudkan visi Indonesia Emas pada 2024.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, perkembangan teknologi digital telah menciptakan banyak terobosan dalam menghadirkan konten kreatif. Selain menyajikan audio-visual, teknologi imersif ini membuat pengunjung dapat berinteraksi langsung. Implementasi teknologi itu dalam konteks Hari Pelanggan Nasional adalah penciptaan ruang pamer yang mendekatkan MIND ID kepada pelanggan.

“Untuk itulah MIND ID membuka sebuah ruang pamer imersif. Sebagai institusi yang berfungsi mengelola sumber daya alam, MIND ID menyediakan ruang bagi khalayak untuk mengenal lebih dekat pengetahuan tentang energi dan tambang serta menimba inspirasi dari pengalaman itu,” kata Heri.

Menurut Heri, keingintahuan manusia untuk mengetahui sebuah objek biasanya tidak hanya terbatas untuk melihat, tetapi juga dapat merasakannya. Oleh karena itu, MIND ID menawarkan teknologi yang memungkinkan pengunjung dapat merasakan suatu kisah sekaligus mencipta ruang yang berkesan tampak nyata.

“Dengan adanya ruang pamer imersif di pameran Sewindu PSN Edutainment Expo ini diharapkan dapat mendorong kunjungan ulang yang akhirnya juga meningkatkan literasi masyarakat dan tentu dalam momen Hari Pelanggan Nasional ini kita bisa lebih mendekatkan diri kepada pelanggan,” ujarnya.

MIND ID sebagai perusahaan pemerintah ikut serta dalam helatan Sewindu PSN dengan menampilkan pameran dan sarana edukasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang PSN dari mulai dampak serta manfaatnya.

Guna mengajak partisipasi pengunjung langsung pameran Sewindu PSN tersebut, MIND ID menyiapkan sesi kuis yang muncul di layar booth MIND ID. Kuis tersebut seputar pengetahuan umum dan informasi ringan tentang Grup MIND ID. Nantinya akan dipilih 10-15 pemenang terbaik dan diberikan hadiah merchandise MIND ID.

“MIND ID terus berupaya menjalankan mandat yang sudah diberikan pemerintah untuk tujuan mulia dan memberikan manfaat dan kemajuan bagi masyarakat. Kami terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” tutur Heri.

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: MIND ID Targetkan Pembangunan SGAR Mempawah Rampung pada 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved