June
21
2024
     19:48

Groundbreaking Pembangunan Alat Pemindai Peti Kemas di IPC TPK

Groundbreaking Pembangunan Alat Pemindai Peti Kemas di IPC TPK
ILUSTRASI. Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK memberikan sambutan saat Groundbreaking Pembangunan Alat Pemindai Peti Kemas (Container Scanner) diselenggarakan oleh IPC Terminal Petikemasi di Terminal 3 Internasional, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Seremoni Groundbreaking Pembangunan Alat Pemindai Peti Kemas (Container Scanner) diselenggarakan oleh IPC Terminal Petikemasi di Terminal 3 Internasional, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pembangunan alat pemindai ini menjadi langkah strategis IPC TPK dalam mendukung efisiensi, efektivitas serta memastikan keamanan pemeriksaan peti kemas di masa mendatang dari sisi prosedur dan biaya serta memastikan optimalisasi pelayanan bongkar muat peti kemas.

"IPC TPK berkomitmen untuk mengintegrasikan teknologi dalam layanan pelabuhan dan meningkatan kecepatan pelayanan bongkar muat peti kemas melalui digitalisasi dan pembangunan fasilitas.

Hari ini menjadi penanda dimulainya pembangunan alat container scanner yang akan dilakukan secara bertahap, selain itu kami juga akan membangun Joint Gate.” ujar Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK.

Pembangunan alat container scanner ini sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.04/2020 Tahun 2020 tentang Kawasan Pabean dan Teknologi di sektor logistik dan pabean.

IPC TPK sebagai salah satu operator terminal peti kemas di Indonesia mendukung kebijakan tersebut dalam rangka meningkatkan efiktifitas pengoperasian alat container scanner serta meningkatkan efisiensi sistem pemeriksaan barang impor dan ekspor dalam peti kemas. Di samping itu, pembangunan ini juga sebagai bukti bahwa IPC TPK terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya bidang logistik.

Perencanaan dan persiapan pembangunan container scanner ini telah dilakukan sejak Januari 2024. Diawali dengan survei lokasi, pengukuran, relokasi hanggar hingga simulasi traffic flow guna menjaga kelancaran operasi bongkar muat di lapangan. Selanjutnya akan dilakukan instalasi perangkat pendukung seperti Ruang Command Center, jaringan elektrikal, jalur fiber optik dari Ruang Analis ke alat container scanner hingga pembangunan alat container scanner.

Acara Groundbreaking alat container scanner ini dihadiri oleh Executive Director 2 Regional 2 Pelindo, Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Kepala Kantor Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Tanjung Priok,  Kepala KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok, Perwakilan KSOP Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Perwakilan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Direktur Utama PT Multi Terminal Indonesia, Direktur Utama PT Mustika Alam Lestari, Direktur Utama PT Tangguh Samudera Jaya, General Manager PT PBM Olah Jasa Andal, Direktur Utama PT Graha Segara, Direksi dan Manajemen PT IPC Terminal Petikemas.

“Terima kasih atas dukungan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan pembangunan alat container scanner ini.  Harapannya pembangunan dapat berjalan sesuai target yang ditetapkan dan pengoperasian alat ini nantinya dapat memberikan dampak positif pada seluruh rantai logistik dan mendukung efisiensi pelayanan bongkar muat di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok.", tutup Guna.

Baca Juga: IPC TPK Distribusikan Berkah 27 Hewan Kurban

Selanjutnya: IHSG Menguat 2,16% ke 6.879 Pekan Ini, Net Buy ASing Rp 1,15 Triliun di Jumat (21/6)

Menarik Dibaca: Bruno Mars bakal Gelar Konser di Jakarta, Presale Tiket Mulai 27 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved