March
15
2022
     07:43

Geo Dipa Kunjungi Korban Kecelakaan Kerja di PLTP Dieng

Geo Dipa Kunjungi Korban Kecelakaan Kerja di PLTP Dieng
ILUSTRASI. Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) PT Geo Dipa Energi

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Geo Dipa Energi Riki Firmandha Ibrahim bersama jajaran manajemen menjenguk sejumlah korban kecelakaan kerja yang kini tengah dirawat di RSUD KRT Setjonegoro, Wonosobo pada Senin (14/3).

Sebelumnya, pada 12 Maret 2022 pukul 14:55 WIB di PAD 28 yang berlokasi di area PLTP Dieng, Batur, Banjarnegara terjadi kebocoran H2S di sumur yang sedang dilakukan Work Over.  

Kejadian ini berawal dari kegiatan quenching (mematikan) sumur, dan salah seorang pekerja yang merupakan Pelaksanaan Pekerjaan Workover berinisiatif memeriksa relief valve di mud pump-1 yang terbuka secara otomatis, kemudian pekerja tersebut terjatuh pingsan dan dievakuasi ke Puskesmas Kejajar 1 Wonosobo.

Diduga korban terpapar H2S yang keluar bersama dengan air saat relief valve terbuka otomatis. Jadi, tidak benar bahwa kejadian tersebut terjadi ledakan dan semburan H2S di sumur panas bumi pengeboran.

Dari 9 korban yang dirawat di rumah sakit, saat ini hanya 3 orang yang dilakukan perawatan, sementara 1 orang sudah diperbolehkan kembali pulang pada Minggu (13/3).

Baca Juga: Geo Dipa Lakukan Investigasi Awal Dugaan Kebocoran Gas Wilayah Kerja Dieng

Dalam kunjungan tersebut, Riki menemui ketiga korban kecelakaan kerja yang sudah pulih, yaitu Sulthoni Amin, Sutrisno, dan Irfan.

“Alhamdulillah sudah banyak kemajuan. Korban semuanya sudah siuman, sudah bisa berbicara. Saya sudah berbicara dengan ketiga orang tersebut, dan semoga ketiga orang tersebut bisa kembali ke rumah dalam waktu dekat ini,” kata Riki dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (15/3).

Selain menemui korban, Riki juga turut menemui keluarga korban yang saat ini berada di RSUD KRT Setjonegoro.

Kunjungan ini merupakan bukti bahwa GeoDipa memberikan perhatian dan simpati atas terjadinya kecelakaan kerja tersebut.

Riki juga mengucapkan terima kasih kepada pihak RSUD KRT Setjonegoro, Wonosobo atas penanganan cepat dan tepat yang dilakukan, sehingga korban bisa ditangani dengan baik.

Baca Juga: Kebocoran Gas di Dieng Sebabkan Korban Jiwa, Begini Penjelasan Geo Dipa

Adapun, sejumlah korban yang tengah menjalani perawatan di RSUD Wonosobo adalah:

  1. Sulthoni Amin, Rig supt by BN, sudah dipindahkan, ke ruang inap, dengan kondisi semakin sehat, dan masih diperiksa untuk THT dan masih sulit berbicara.
  2. Sutrisno, Floorman by BN kondisi bisa duduk dan diajak bicara. Sutrisno sudah dipindahkan ke ruang inap dari ICU,  dengan kondisi semakin membaik
  3. Irfan, H2S Enjinir by Fergaco, kondisi sudah membaik dan bisa diajak bicara. Namun, masih tetap di ICU, karena masih tahap pengawasan khusus.

KBR Gegana Polda Jateng telah mengatakan TKP PAD28 aman kembali, dan pagi ini telah kembali ke Semarang.

Di waktu bersamaan, tim Inspektur EBTKE Kementerian ESDM akan melakukan investigasi teknis panas bumi atas kecelakaan kerja di PAD28.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved