April
13
2022
     14:50

Gencarkan Transformasi Digital, Cashlez Hadir di Sarinah

Gencarkan Transformasi Digital, Cashlez Hadir di Sarinah
ILUSTRASI. PT. Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. (Cashlez) mulai beroperasi memfasilitasi pembayaran non-tunai di Sarinah yang dibuka 21 Maret 2022 lalu. Metode pembayaran terbanyak yang digunakan oleh customer Sarinah adalah kartu kredit & debit.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT. Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. (Cashlez) dengan kode saham CASH telah mulai beroperasi dalam memfasilitasi pembayaran non-tunai di  Sarinah yang dibuka 21 Maret 2022 lalu. Pusat perbelanjaan dan ritel modern pertama di Indonesia yang bertransformasi menjadi Community Mall ini memberikan panggung karya komunitas anak bangsa terutama komunitas kreatif dan stakeholders pariwisata yang sudah terkoneksi dengan ekosistem digital.

Suwandi Presiden Direktur Cashlez mengatakan, “Cashlez dan Sarinah memiliki visi yang sama yaitu untuk mengembangkan UMKM dan membuatnya naik kelas. Cashlez sebagai payment gateway dalam menyediakan berbagai metode pembayaran, baik offline maupun online, berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam memfasilitasi pembayaran UMKM di  Sarinah. Saat ini metode pembayaran terbanyak yang digunakan oleh customer Sarinah adalah kartu kredit dan debit,”.
 
Fetty Kwartati Direktur Utama PT Sarinah mengatakan bahwa end to end model bisnis serta ekosistem usaha Sarinah yang telah bertransformasi diharapkan dapat menjangkau konsumen dan pengunjung baik secara online maupun offline. “Bisnis ritel melalui marketplace tumbuh eksponensial. Oleh karena itu maka digitalisasi adalah suatu keniscayaan, walaupun pengalaman berbelanja masih diminati masyarakat. Apalagi Sarinah melengkapi ruang belanja, dengan ruang sosial, ruang budaya, ruang maya dan ruang gaya. Ini salah satu bentuk transformasi dan manifestasi Sarinah dari department store menjadi community mall.” ungkapnya.
 
Peran UMKM dalam perekonomian nasional sangat berarti karena UMKM berkontribusi sebesar 60,3 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM berperan dalam menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan 99 persen dari total lapangan kerja.

Peran digitalisasi sebagai enabler pertumbuhan ekonomi nasional akan lebih signifikan di masa mendatang, meningkatkan kapasitas para wirausahawan serta inovasi kreasi masyarakat terutama pada sektor ekonomi kreatif. Pada sisi lain, digitalisasi memberi pemahaman lebih dalam terhadap konsumen (consumers’ insight) yang merupakan faktor paling fundamental dalam berbisnis apapun.
 
Seperti diketahui, Sarinah saat ini sudah dapat menerima berbagai metode pembayaran non-tunai, seperti kartu kredit/debit, QRIS, Virtual Account, maupun PayLater yang tergabung dalam ekosistem Cashlez. Selain itu, ke depannya transaksi ini tidak hanya dilakukan di offline store, tetapi juga di e-commerce platform Sarinah.

Tentang PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk:

Berdiri sejak 2015, PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Perseroan”) dengan merek Cashlez merupakan perusahaan teknologi finansial pembayaran yang memberikan solusi untuk merchant dan menawarkan nilai lebih agar pemilik usaha dapat mengatur dan menumbuhkan bisnisnya.

Cashlez menciptakan sistem mPOS (mobile point of sale) yang dilengkapi dengan penerimaan pembayaran menggunakan kartu, baik kartu kredit atau kartu debit berbasis aplikasi pada smartphone (Android dan iOS) yang dihubungkan dengan card reader melalui bluetooth.

Selain dapat menerima kartu, merchant dapat menerima metode pembayaran digital lainnya seperti pembayaran QRIS, Cashlez‐Link untuk pembayaran e‐commerce dan pembayaran Virtual Account. Cashlez mengembangkan fitur POS & back‐office reporting kepada merchant, sebagai komitmen Cashlez untuk mempermudah merchant dalam mengatur dan meningkatkan bisnisnya. Dalam hal ini, sistem dapat memonitor semua transaksi penjualan merchant secara real time.

Untuk diketahui, Cashlez telah menerima penghargaan Rekor Dunia MURI sebagai “The First Payment Aggregator in Indonesia with Point‐of‐Sale Platform and Payment Options of Multi‐ Acquiring Bank in One App”. Saat ini Cashlez telah membantu lebih dari 13.000 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada Mei 2019, Cashlez mendapatkan izin resmi sebagai Payment Gateway dari Bank Indonesia dan pada awal tahun 2020, Cashlez resmi menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) di Indonesia dengan kode saham CASH.

Tentang PT Sarinah:

Pusat belanja modern pertama di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 1966 di pusat kota Jakarta yang menyuguhkan berbagai macam produk UMKM dan Nusantara. Shopping Centre dan destinasi pariwisata ikonik Jakarta yang diprakarsai Proklamator RI, Bung Karno.

Sarinah berstatus cagar budaya, dan kini gedungnya telah dipugar namun tetap menjaga dan melindungi warisan budaya arsitektur bangsa. Walau demikian, suasana belanja dan setupnya disesuaikan dengan Indonesia dalam modernitas dan Indonesia dalam identitas.

Sebagai Community Mall, Sarinah memberikan panggung untuk kreasi komunitas khususnya dari kalangan UMKM dan usaha perempuan serta para creator ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia. Satu-satunya Mall di Indonesia yang tidak dipagari dan tidak ada tampak belakang ini adalah perwujudan inklusivitas dan keterbukaan dan rasa persahabatan bagi seluruh kalangan, baik konsumen maupun pengunjung yang ingin sekedar santai dan menikmati suasana dan vibrasi pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved