August
16
2024
     14:24

Gelar ASEAN Invesment Chalenge 2024, CGS International Ajak Mahasiswa Berinvestasi

Gelar ASEAN Invesment Chalenge 2024, CGS International Ajak Mahasiswa Berinvestasi
ILUSTRASI. CGS International Sekuritas Indonesia beserta group CGS International Securities, kembali menggelar untuk yang kedua kalinya ASEAN Investment Challenge (AIC) 2024, dan telah membuka pendaftaran secara serentak pada tanggal 1 Agustus 2024 hingga 30 September 2024 di 4 Negara (MIST) yaitu di Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Berdasarkan data jumlah investor di Bursa Efek Indonesia, telah menyentuh lebih dari 13 juta investor, di mana lebih dari 55% didominasi oleh investor muda (per Juni 2024). Anak muda yang kini didominasi oleh generasi Z, lebih tertarik dengan investasi tidak langsung dibandingkan investasi langsung seperti membeli tanah atau properti yang sulit untuk mereka jangkau.

Terlebih lagi, generasi muda mulai memiliki pandangan bahwa investasi di pasar modal berpotensi berimbal hasil tinggi dan diharapkan dapat membantu tujuan finansial masa depan mereka.

Dengan terus meningkatnya minat dan partisipasi anak muda dalam berinvestasi di pasar modal, terutama investasi saham, perlu adanya dukungan edukasi dan inovasi agar tingkat literasi investasi anak muda di pasar modal terus berkembang dan bisa mendukung pertumbuhan perekonomian dalam skala nasional maupun regional.

Dalam hal ini, CGS International Sekuritas Indonesia beserta group CGS International Securities, kembali menggelar untuk yang kedua kalinya ASEAN Investment Challenge (AIC) 2024, dan telah membuka pendaftaran secara serentak pada tanggal 1 Agustus 2024 hingga 30 September 2024 di 4 Negara (MIST) yaitu di Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand. AIC 2024 kali ini mengusung tema ‘Your Galaxy Your Way’ dan hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mengembangkan pasar modal Indonesia dan juga di ASEAN.

AIC 2024, menyajikan literasi finansial serta pengalaman komprehensif di dunia investasi saham baik melalui kelas edukasi mau pun pengalaman investasi saham secara langsung, serta memberikan pengetahuan terhadap anak muda pentingnya untuk melakukan investasi berbasis ESG (Environmental, Social & Governance) dari para ahlinya.
 
ASEAN Investment Challenge 2024 ini pun didukung penuh oleh empat bursa saham di ASEAN, yaitu Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia, Bursa Singapura, dan Bursa Efek Thailand. Kompetisi di Indonesia sendiri mengundang 250 universitas ternama untuk mengikuti kompetisi ini dari seluruh Indonesia.

AIC 2024 diharapkan bisa membuka pintu anak muda di Indonesia untuk memanfaatkan potensi investasi sebagai instrumen yang relevan dan berkelanjutan untuk meningkatkan roda ekonomi di masa kini dan masa depan, serta memberikan kesempatan bagi peserta untuk memahami nilai strategi bertransaksi saham mereka dan memahami perbedaan antara transaksi saham secara pasif dan aktif.

Hal ini akan meningkatkan potensi dan keahlian para anak muda tersebut karena selama AIC 2024, karena mereka memperoleh edukasi yang fundamental dalam bertransaksi saham seperti pengenalan investasi dasar, penggunaan analisa teknikal serta fundamental, pengelolaan risiko, pengelolaan emosi dalam bertransaksi saham, serta mengulik saham-saham berbasis ESG.

ASEAN Investment Challenge 2024 ditujukan untuk generasi muda khususnya pelajar dari fakultas ekonomi dan bisnis yang berasal dari 4 negara berbeda, yaitu Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand (MIST) dengan total hadiah hingga Ratusan Juta Rupiah. Kompetisi ini akan terbagi dalam 2 tahapan yaitu Country Level Round dan Regional Level Round.

Dalam country level round, para pelajar akan menyelesaikan trading challenge dengan melakukan e-learning dan menggunakan trading platform simulator. Kemudian 3 peserta terbaik dalam country level round dari masing-masing negara tersebut, akan berkompetisi dalam tahapan regional level round di Malaysia pada Januari 2025. Pada akhir kompetisi tahapan tersebut, 4 orang ditetapkan sebagai pemenang terbaik dari 4 negara tersebut.

ASEAN Investment Challenge 2024  ini juga bertujuan:
1.    Meningkatkan jumlah Investor Muda di Pasar Modal Indonesia.
2.    Mengumpulkan potensial nasabah dan talent pool.
3.    Meningkatkan kesadaran akan peluang karir di berbagai segmen pasar modal.
4.    Meningkatkan skill para peserta yang dapat mereka gunakan saat mereka memulai karirnya.
5.    Meningkatkan kesadaran akan Investasi berbasis ESG untuk meningkatkan keberlanjutan dan mendorong pertumbuhan ekonomi kepada investor muda.

Lim Kim Siah, President Director CGS International Sekuritas Indonesia
Di tahun 2023, kami telah melakukan ASEAN Investment Challenge 2023, di mana lebih dari 1000 mahasiswa dari universitas yang kami undang turut berpartisipasi di dalam kompetisi tersebut.

Kali ini ASEAN Investment Challenge 2024, kami berharap jumlah mahasiswa yang akan mendaftar dapat menyentuh angka 3000 mahasiswa, sehingga kami, CGS International Sekuritas Indonesia yang menjalankan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social & Governance), terutama melalui ASEAN Investment Challenge 2024, dapat menjangkau secara luas dalam melakukan edukasi secara komprehensif dan memperkenalkan anak muda mengenai saham berbasis ESG.

Kami sadar literasi keuangan yang berkelanjutan merupakan salah satu dari pilar utama dan merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap mendukung tujuan United Nations Sustainable Development Goals yang ke-empat yaitu, Edukasi yang Berkualitas; demi mengupayakan kaum muda untuk membuat keputusan investasi yang dampaknya bisa berkelanjutan di masa depan.

Panel juri tahun ini terdiri dari perwakilan bursa lokal dari negara Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand (MIST) yang akan mengevaluasi peserta berdasarkan kinerja portofolio, manajemen risiko, penggabungan faktor ESG, serta kemampuan presentasi. AIC 2024 yang kembali digelar ini terdiri memiliki total hadiah lebih dari S$75.000. Dan untuk para pemenang ‘country level round’ akan mendapatkan hadiah yang totalnya sejumlah lebih dari Rp190.000.000.

Pendaftaran dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 dan ditutup pada tanggal 30 September 2024. Mahasiswa dapat mendaftar secara online melalui www.aseaninvestmentchallenge.com.

Tentang ASEAN Investment Challenge
ASEAN Investment Challenge (AIC) adalah program unggulan CGS International untuk memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan dalam investasi berkelanjutan dan berkontribusi pada pembangunan pasar modal yang kuat di masa depan. Inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan CGS International sejalan dengan kerangka United Nations Sustainable Development Goals (UNSDGs) dan agenda global serta nasional. AIC, khususnya mewujudkan Goal 4, yang berfokus pada memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.

Tentang PT CGS International Sekuritas Indonesia
PT CGS International Sekuritas Indonesia adalah perusahaan China Galaxy International Financial Limited (yang sepenuhnya dimiliki oleh China Galaxy Securities Co.) Di mana hal ini diharapkan dapat memperkuat pondasi jaringan bisnis kami yang tersebar melalui kantor cabang dan mitra di lebih dari 20 negara dan kantor-kantor cabang di Indonesia yang terdapat di 9 kota besar dalam memenuhi kebutuhan investasi para nasabah ritel.

Baca Juga: Incar Pasar Asia Tenggara, CGS International Bakal Tambah Jumlah Tim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved