February
07
2024
     20:05

Fokus Pertumbuhan Jangka Panjang, Unilever Indonesia Catat Laba Rp4,8 Triliun di 2023

Fokus Pertumbuhan Jangka Panjang, Unilever Indonesia Catat Laba Rp4,8 Triliun di 2023
ILUSTRASI. Benjie Yap, Presiden Direktur Terpilih PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan komitmen kami untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Unilever Indonesia, Tbk ("Perseroan") mengumumkan laporan kinerja keuangan untuk tahun 2023 (diaudit). Perseroan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 38,6 triliun, laba bersih sebesar Rp 4,8 triliun, dan menghasilkan peningkatan Gross Margin sebesar 346 bps dibandingkan tahun 2022.

Benjie Yap, Presiden Direktur Terpilih PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, "Komitmen kami untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023. Pada kuartal 3 2023, bisnis kami mulai tumbuh dengan mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%, didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%.

Meski momentum positif ini terus berlanjut hingga bulan Oktober 2023, pada bulan November dan Desember dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik tahun tutup buku kami di 2023 menjadi -5,2%.

Namun, upaya konsisten kami untuk menavigasi krisis ini telah mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami."

Kelima prioritas strategis Unilever Indonesia adalah:

1) Memperkuat dan unlock potensi dari brand-brand utama;
2) Memperluas portofolio ke premium dan value segment;
3) Membangun execution powerhouse;
4) Memimpin kapabilitas transformasional; dan
5) Menempatkan prinsip keberlanjutan sebagai inti dari Perseroan.

Melahirkan inovasi yang lebih berdampak untuk memenuhi kebutuhan konsumen di semua segmen, didukung oleh investasi media yang lebih tinggi.

Sepanjang tahun lalu, Perseroan telah memperkenalkan sejumlah inovasi di seluruh segmen inti, premium, dan value untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

Pada segmen premium, Perseroan memperkenalkan Lux Body Wash, Vaseline Gluta Hya, Magnum Matcha, dan Rinso Kapsul. Sementara pada segmen value, Perseroan memperluas portfolio dengan meluncurkan Glow & Lovely dan Lifebuoy Dishwash Liquid, peluncuran keduanya melengkapi portfolio Perseroan di kategori Skin Cleansing dan Dishwash. Perseroan juga menjawab tantangan di kategori Beauty and Well-being dengan meluncurkan Ponds Bright Miracles dan memperkenalkan teknologi NIASORCINOL. Selain itu, untuk memenuhi permintaan yang tinggi akan produk Sun Care dan Serum di kategori perawatan tubuh, Perseroan meluncurkan Citra Body Serum dan Vaseline Sunscreen.

Seluruh inovasi, termasuk inovasi dari portfolio merek-merek inti Perseroan diluncurkan ke pasar didukung oleh adanya peningkatan belanja iklan yang substantial, mencapai 8,4% dari penjualan bersih Perseroan di tahun 2023.

Memperluas Jangkauan melalui Pengembangan Pasar yang Konsisten

Pada 2023, Perseroan melanjutkan upaya strategisnya untuk mendorong pengembangan pasar yang berfokus pada perluasan jangkauan di berbagai sektor. Contoh utama dari keberhasilan dalam upaya ini terlihat pada kategori Foods and Refreshement khususnya pada merek-merek utama seperti Royco dan Bango melalui kreasi hidangan yang lebih beragam dan lezat. Pendekatan ini telah berhasil mendorong peningkatan frekuensi penggunaan yang luar biasa dan mampu menarik lebih banyak pengguna. Hal ini berujung pada peningkatan pangsa volume untuk bisnis Nutrition. Merek pasta gigi Pepsodent juga mengalami peningkatan nilai dan volume pangsa pasar setelah dilaksanakannya kampanye "Sikat Gigi Siang dan Malam" yang berlangsung hingga Oktober 2023.

Tantangan di tahun 2023 dan Upaya ke Depan

Dalam dua bulan terakhir kuartal 4 2023, Perseroan menghadapi tantangan eksternal yang tidak terduga, termasuk adanya penyebaran informasi yang tidak benar terkait situasi geopolitik. Meskipun tantangan ini berdampak pada bisnis dan operasional, namun Perseroan berhasil mengatasi situasi tersebut dan saat ini mulai melihat perkembangan yang menggembirakan

“Upaya kami untuk secara konsisten mengklarifikasi informasi yang menyesatkan, serta berkat dukungan yang luar biasa dari para mitra terpercaya dan konsumen setia kami menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan Perseroan. Dengan adanya tren positif saat ini, kami yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menumbuhkan bisnis kami di 2024," jelas Benjie.

Perseroan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang tak tergoyahkan dari para konsumen, pelanggan, mitra, serta pemangku kepentingan yang terus setia bersama Perseroan di masa yang penuh tantangan ini. Benjie pun menekankan komitmen Perseroan terhadap nilai-nilai dan misinya, "Perseroan selalu berkomitmen kuat terhadap integritas, kemanusiaan, dan menghadirkan produk dengan kualitas yang terbaik, yang dibuat dengan bertanggung jawab. Kami tetap teguh pada komitmen kami untuk menghasilkan pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab."

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 2.5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 38,6 trilliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masingmasing sebesar Rp 25,1 triliun dan Rp 13,5 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp 4,8 triliun.

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).

The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:

  • Meningkatkan kesehatan planet
  • Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
  • Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Baca Juga: Tutup 2023 dengan Optimisme, Unilever Indonesia Terus Fokus Perkuat Fundamental

Selanjutnya: Lewat Cititrans, Bluebird (BIRD) Buka Rute shuttle Langsung Menuju Semarang

Menarik Dibaca: Penuh Kriminalitas, Ini 6 Rekomendasi Dokumenter True Crime Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved