August
07
2024
     11:49

Fita dan BPJS TK Permudah Akses Proteksi dan Gaya Hidup Sehat Guna Kurangi Risiko

Fita dan BPJS TK Permudah Akses Proteksi dan Gaya Hidup Sehat Guna Kurangi Risiko
ILUSTRASI. (Ki-Ka) I Putu Wiradana, Deputi Bidang Kepesertaan Program Khusus dan Keagenan BPJS Ketenagakerjaan, dan Reynazran Royono, CEO Fita saat melakukan peluncuran paket ComboFit Jamsostek. Paket ComboFit Jamsostek merupakan wujud komitmen Fita dan BPJS Ketenagakerjaan dalam menghadirkan perlindungan menyeluruh bagi pekerja informal. Diharapkan, paket ini dapat meningkatkan kepesertaan Jamsostek di segmen bukan penerima upah (BPU) dan secara signifikan memperbaiki kesejahteraan para pekerja informal.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Di tengah ketidakpastian ekonomi global, pekerja sektor informal di Indonesia semakin menghadapi risiko lebih tinggi dibandingkan pekerja formal, mulai dari risiko kesehatan, lingkungan kerja, hingga pendapatan. Risiko kumulatif pun menjadi lebih besar karena mayoritas tenaga kerja di Indonesia yaitu 59,17% bekerja di sektor informal.

Sementara itu, pekerja informal masih dihadapkan pada rendahnya kesadaran dan kurangnya akses terhadap proteksi diri dan penerapan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko dari bekerja.

Untuk itu, Fita, aplikasi kesehatan preventif terkemuka di Indonesia, berkolaborasi dengan Telkomsel dan BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan Paket ComboFit Jamsostek, yang menawarkan akses ke Fita Premium untuk mendukung gaya hidup sehat, jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan, serta kuota internet Telkomsel untuk kebutuhan sehari-hari.

Reynazran Royono, CEO Fita, mengatakan, “Rendahnya kesadaran dan kurangnya akses terhadap perlindungan risiko bagi pekerja informal di Indonesia menjadi tantangan yang perlu diselesaikan secara kolaboratif. Selain pentingnya perlindungan sosial, kami melihat menjaga kesehatan juga semakin krusial bagi pekerja informal saat ini.

Terlebih, banyak dari mereka yang merupakan pekerja dengan upah harian dan tidak tetap, sehingga layanan gaya hidup sehat akan sangat relevan dalam membantu mereka menjaga kondisi tubuh tetap sehat untuk bekerja.

Melalui paket ComboFit Jamsostek ini, kami mempermudah akses pekerja informal terhadap perlindungan sosial dan dukungan gaya hidup sehat dalam satu paket dengan harga terjangkau. Kami percaya kolaborasi ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup pekerja informal yang rentan terhadap risiko.”

Paket ComboFit Jamsostek hadir di tengah rendahnya pekerja informal yang terdaftar dalam Jamsostek yaitu hanya 11% dari total pekerja informal yang mencapai 59,17%. Sementara itu, 78,3% masyarakat tidak menyadari bahwa pekerja informal berhak atas perlindungan ini. Selain itu, penetrasi health dan wellness coaching di Indonesia pun hanya 9,84%.

Padahal, penerapan gaya hidup sehat dapat turut mengurangi risiko kesehatan dan kecelakaan kerja bagi para pekerja informal. Oleh karena itu, Paket ComboFit Jamsostek menawarkan solusi terintegrasi dengan biaya terjangkau. Paket seharga Rp55 ribu ini mencakup kuota data 8GB, langganan Fita Premium Plan selama 30 hari, serta perlindungan BPJS TK yang dapat diaktifkan melalui link yang dikirimkan via SMS atau melalui MyTelkomsel Super App.

I Putu Wiradana, Deputi Bidang Kepesertaan Program Khusus dan Keagenan BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan, “Kolaborasi kami dengan Fita untuk meluncurkan Paket ComboFit Jamsostek adalah langkah strategis dalam memperluas jaminan sosial di sektor informal.

Paket ini tidak hanya menawarkan perlindungan sosial yang mendasar tetapi juga mendukung gaya hidup sehat, yang sangat dibutuhkan oleh pekerja informal yang sering kali kekurangan akses ke layanan ini. Kami yakin bahwa pendekatan menyeluruh ini akan meningkatkan kepesertaan Jamsostek di segmen bukan penerima upah (BPU) dan secara signifikan memperbaiki kesejahteraan mereka. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi pekerja informal di seluruh Indonesia.”

Selain itu, guna memperluas cakupan pekerja informal yang terlindungi, Fita dan BPJS Ketenagakerjaan juga menghadirkan program “Sertakan,” yang memungkinkan siapapun untuk turut memberikan perlindungan sosial bagi pekerja informal di sekitar masyarakat, dengan tetap mendapat benefit bagi pembeli.

Paket ini mempermudah pekerja rumah tangga, babysitter, sopir pribadi, tukang kebun, serta pekerja sektor informal lainnya untuk menjadi Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan. Pembeli paket cukup memasukkan KTP pekerja saat aktivasi untuk mendapatkan perlindungan Jamsostek, sementara paket ini juga menawarkan kuota Telkomsel dan langganan Fita Premium untuk pembeli.

Tentang Fita

Fita adalah aplikasi kesehatan yang memberikan reward bagi pengguna dengan tujuan menerapkan gaya hidup sehat. Fita menyediakan fitur lengkap yang bermanfaat untuk membangun kebiasaan sehat bagi penggunanya, seperti penghitung kalori yang dikonsumsi, penghitung langkah, pengingat aktivitas gerak, dan berbagai program kesehatan pilihan, yang dipandu oleh pelatih dan ahli gizi bersertifikat. Fita berkomitmen untuk menjadi go-to app di bidang kesehatan preventif bagi masyarakat Indonesia, dan menjadi platform terdepan di bidang kesehatan dan kebugaran.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Beri Manfaat Layanan Tambahan Bagi Peserta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved