June
05
2023
     10:46

Erajaya Group dan KemenkopUKM Kembangkan Rantai Pasok Perdagangan Ritel & Aksesoris

Erajaya Group dan KemenkopUKM Kembangkan Rantai Pasok Perdagangan Ritel & Aksesoris
ILUSTRASI. Penandatanganan MoU antara KemenkopUKM dan pihak swasta serta BUMN. PT Erajaya Swasembada Tbk diwakili oleh HasanAulaselaku Wakil Direktur Utama (paling kiri).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Erajaya Group terus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan bisnis yang bertanggungjawab dan mendukung pencapaian pembangunan nasional yang berkelanjutan, salah satunyamelalui pemberdayaan UMKM. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dengan KementerianKoperasi dan UKM, khususnya Deputi Bidang Usaha Mikro, melalui program pengembangan rantai pasok di bidangperdagangan ritel dan aksesoris bagi mitra usaha mikro.

Hal ini ditandai dengan penandatanganannotakesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PTErajayaSwasembada Tbk dan Yulius, Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM. Penandatanganannota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM, di Hotel Mercure Alam Sutera Tangerang, pada Rabu (31/5).

Jimmy Perangin Angin, selaku Chief Human Capital, Legal, dan CSR Erajaya, mengatakan bahwa “Melalui penandatanganan MoU ini, Erajaya Group bersinergi dengan Kemenkop UKM untuk mewujudkan implementasi & kolaborasi program tanggung jawab sosial perusahaan dalam pola rantai pasok bagi para mitra usahamikro.

Langkah awal kami ke depan adalah mengembangkan database UKM potensial dan melakukan sinkronisasi antara kebutuhan bisnis perusahaan dengan UKM yang berpotensi menjadi mitra Erajaya dalampemenuhanrantai pasok. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat turut mendorong pengembangan skala bisnis mitrausaha mikro dan bersama - sama berkontribusi dalam peningkatan perekonomian nasional.”

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, mengatakan program kemitraan strategisdanpenguatan rantai pasok ini perlu untuk terus digenjot agar pelaku UMKM bisa tumbuh bersama danlebihsejahtera. "Pelaku UMKM tidak bisa lagi berusaha secara sendiri-sendiri apabila ingin meningkatkankapasitasbisnisnya," kata MenKopUKM.

UMKM harus masuk dalam rantai pasok industri dan bermitra dengan industri besar jika ingin peningkatankesejahteraan dan produktivitasnya."Karena itu kita sekarang mengajak bermitra dengan para pelakuusahabaikswasta maupun BUMN agar UMKM terintegrasi menjadi bagian dari pada industri," ucap MenKopUKM. Hal ini akan dioptimalkan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM (PLUT - KUMKM) sebagai pusat layanankonsultasi dan bisnis para pelaku KUMKM.

Penandatanganan MoU PLUT - KUMKM ini menjadi salah satu bagian aktivitas sosial perusahaan melalui pilarLentera Kasih yang memang fokus pada pemberdayaan masyarakat, di mana perusahaan akan memberikanpendampingan UKM sesuai prinsip environmental social governance (ESG) dan fokus pada peningkatanpartisipasi ekonomi lokal dan terlibatnya UKM dalam rantai pasok secara berkelanjutan. Programkolaborasi ini tidak hanya fokus pada kepentingan business to business di ranah rantai pasok antara Erajaya dan mitrausahamikro, tetapi juga mencakup:

1. Pembinaan dan pengembangan usaha mikro melalui pelatihan, pendampingan, dukungan sarana produksi, serta pengembangan teknologi. 2. Dukungan dan implementasi kepada mitra usaha mikro yang bergabung dalam programpengembanganrantai pasok di bidang perdagangan ritel dan aksesoris
3. Publikasi dan sosialisasi program kerjasama
4. Fasilitas kemitraan rantai pasok
5. Fasilitas akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster berbasis rantai pasok bagi Usaha Mikro.

Tentang Erajaya Group

Berdiri pada tahun 1996, Erajaya menjalankan kegiatan usaha importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget dan produk Internet of Things (IoT) seperti drone, action camera, wearable devices, dan lain-lain. Pada tahun2011, Erajaya resmi menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia, langkah tersebut menjadikan Erajayasebagai perusahaan terbesar dan terpercaya dalam bisnisnya di Indonesia.

Tentang Yayasan Erajaya Peduli Bangsa

Yayasan Erajaya Peduli Bangsa merupakan lembaga non-profit yang didirikan oleh PT Erajaya Swasembada Tbk pada tahun 2021. Ini adalah bentuk tanggung jawab perusahaan sebagai wadah untuk mengelola kedermawanan dan aktivitas sosial perusahaan secaraterpadu, terintegrasi, fokus, dan berdampak luas serta berkesinambungan.

Yayasan Erajaya Peduli Bangsa juga berkontribusi aktif danpositif dalam mendukung kesejahteraan sosial, kemanusiaan dan keagamaan secara berkelanjutan.

Tentang LENTERA Erajaya Peduli

LENTERA Erajaya Peduli merupakan platform kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang terdiri dari 4 pilar, yaitu Lentera Sehat, Lentera Cerdas, Lentera Hijau, dan Lentera Kasih. Program-program ini bertujuan untuk dapat mendukung tujuan pembangunanberkelanjutan (SDG’s) yang berfokus pada kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak jangka panjang.

Baca Juga: Erajaya Digital Tambah 101 Gerai Baru di Bulan Juni 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved