June
10
2022
     14:10

Empat Pilar Strategi GoTo Dorong Integrasi Ekosistem Pertumbuhan BisnisBerkelanjutan

 Empat Pilar Strategi GoTo Dorong Integrasi Ekosistem Pertumbuhan BisnisBerkelanjutan
ILUSTRASI. (Ki-Ka) Head Strategic Partnership GoTo Reggy S, Head Corp Affairs GoTo Nila M, CEO Grup GoTo Andre S, CFO Grup GoTo Wei-Jye Jacky Lo, Presiden Grup GoTo Patrick Cao, Corsec GoTo R A Koesoemohadianipemaparan kinerja PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT GoTo Gojek Tokopedia (“GoTo” atau “Perusahaan”), ekosistem digital terdepan di Indonesia, pada hari ini menyelenggarakan Paparan Publik (Public Expose) Tahunan untuk memaparkan strategi dan prioritas bisnis Perusahaan. Dalam paparan tersebut, Perusahaan menegaskan fokusnya pada Indonesia, pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan, percepatan langkah menuju profitabilitas, serta rencana memperdalam sinergi ekosistem.

Andre Soelistyo, Group CEO GoTo menyampaikan, “Dalam setiap inovasi dan kegiatan bisnis GoTo, kami berkomitmen pada tiga hal penting yaitu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, mempercepat profitabilitas perusahaan, serta memperkuat sinergi antar-platform di dalam ekosistem GoTo. Perjalanan GoTo baru berlangsung satu tahun, oleh karena itu kami akan terus mengoptimalkan keunggulan bersaing (competitive advantage) kami untuk mendorong kemajuan dan membawa dampak positif  bagi seluruh lapisan masyarakat.”

Koesoemohadiani, Corporate Secretary GoTo menyampaikan, “Pelaksanaan Paparan Publik ini merupakan bagian dari komitmen GoTo untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance atau GCG) dalam setiap bagian dari kegiatan operasional kami. Kami senang dapat membagikan informasi mengenai kinerja bisnis Perusahaan selama satu tahun pertama integrasi, dan kami berharap informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pemegang saham dan masyarakat luas.”

Empat Area Sinergi Ekosistem GoTo

Bertolak dari prioritas Perusahaan untuk meningkatkan sinergi di antara platform, Direksi dan Manajemen GoTo menekankan empat area sinergi yang menjadi fokus serta landasan Perusahaan dalam mengembangkan bisnis kedepannya, yaitu:

Meningkatkan cross-selling antar platform;
Memaksimalkan strategi hyperlocal pada layanan logistik dan pemenuhan (fulfilment);
Mengintegrasikan layanan fintech antar platform secara lebih dalam; dan
Meningkatkan layanan value-added (nilai tambah) untuk memberi manfaat lebih bagi mitra driver dan merchant.
Selebihnya, Direksi dan Manajemen Perusahaan kembali memaparkan sejumlah pencapaian setelah satu tahun pembentukan Grup GoTo melalui kombinasi platform on-demand terdepan Indonesia, Gojek, dengan platform e-commerce terdepan Indonesia, Tokopedia. Pencapaian tersebut antara lain:

●      Secara proforma, pertumbuhan pendapatan bruto Q1 2022 mencapai 53% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (gross transaction value atau GTV) sebesar 46% year-on-year.

●      Peningkatan efisiensi operasional, yang tercermin dari meningkatnya margin kontribusi dan margin EBITDA yang disesuaikan untuk Q1 2022 sebesar masing-masing 24 poin persentase dan 14 poin persentase dibandingkan dengan Q4 2021. Pertumbuhan pada seluruh lini bisnis GoTo, termasuk di antaranya pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen on-demand sebesar 58% pada 1Q2022, pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen e-commerce sebesar 53% pada 1Q2022, dan tercatatnya pengguna dan GTV paling tinggi untuk sektor financial technology.

●      Fokus Perusahaan pada sinergi ekosistem, mencakup di antaranya integrasi GoPay dan produk pembiayaan konsumen ke platform Tokopedia, peluncuran sistem poin penghargaan tunggal GoPay Coins, dan peningkatan pengalaman hyperlocal dengan mengintegrasikan Tokopedia dengan armada logistik on-demand Gojek.

Terkait dampak sosial, Perusahaan juga menyampaikan integrasi sasaran keberlanjutan (sustainability) dalam rangka memberi dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, melalui sasaran Tiga Nol (Three Zeros), yang terdiri dari Nol Emisi Karbon, Nol Sampah, dan Nol Hambatan (Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers). Perusahaan telah menargetkan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan pada tahun 2030, seiring semakin mendalamnya integrasi antara ketiga platform.

Paparan Publik ini disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Gojek Indonesia, Tokopedia, dan GoPay Indonesia. Materi presentasi yang ditayangkan pada Paparan Publik tersedia untuk diakses melalui situs web Perusahaan (www.gotocompany.com) serta melalui Keterbukaan Informasi pada situs web Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved