May
29
2024
     10:46

Edtech Cakap Beri Sesi Fun Learning untuk Anak Penyandang Kanker Peringati HUT ke-5

Edtech Cakap Beri Sesi Fun Learning untuk Anak Penyandang Kanker Peringati HUT ke-5
ILUSTRASI. Anak-anak di RS Kanker Dharmais tengah mewarnai dalam sesi fun learning yang diadakan Edtech Cakap, di RS Dharmais (22/05).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Siang itu, suasana RS Kanker Dharmais agak berbeda. Belasan anak yang tengah menjalani pengobatan, tampak serius menggambar dan mewarnai. Sesekali tampak senyuman di tengah sesi fun learning yang mereka ikuti bersama fasilitator dari Edtech Cakap.

“Kunjungan kali ini ke RS Dharmais guna menyemangati anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker, serta untuk berbagi ilmu dengan mereka, sembari memberikan sedikit pembelajaran Bahasa Inggris melalui cerita dongeng yang kita sampaikan,” ujar Cecillia Ong, Chief Operating Officer Cakap.

Edtech Cakap genap berusia lima tahun. Tahun ini, platform yang menghadirkan pendidikan berkualitas bahasa asing dan vokasi, menghadirkan inisiatif berbagi ilmu dan manfaat dengan anak-anak penyandang kanker. Program yang diberikan berupa sesi fun learning dan literasi emosional.

Dengan kegiatan interaktif ini, anak-anak penyandang kanker tidak hanya mendapatkan pengetahuan Bahasa Inggris, tetapi juga belajar mengenali dan mengelola emosi mereka, yang sangat penting dalam proses penyembuhan.

Ke depannya program ini akan berjalan secara periodik, di dua institusi yang fokus pada anak-anak penyandang kanker, yakni Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan RS Kanker Dharmais Jakarta.

Sejalan dengan hal tersebut, pihak Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) menyambut inisiatif ini mengingat literasi emosi masih sangat minim diketahui, apalagi bagi kaum segmentatif seperti penyandang kanker. “Melalui materi yang tadi disampaikan mengenai emosi, maka kami juga (pengajar) jadi semakin memahami mengenai macam-macam emosi yang sedang dirasakan oleh anak didik kami, yang saat ini berjuang melawan kanker” ucap Sofia, Pengajar di Sekolah YKAKI Jakarta.

Aleima Sharuna Soeparto, Head of Brandcomm Cakap, menyatakan bahwa tahun ini Cakap tidak hanya memberikan ilmu melalui fun english, tapi juga diperkaya dengan literasi emosional bagi anak-anak penyandang kanker.

“Melalui program literasi emosi ini, kami berharap anak-anak dapat mengenali dan mengekspresikan yang mereka rasakan dengan sehat. Kami juga berharap anak-anak dapat membangun kreativitas melalui bentuk ekspresi yang mereka lakukan. Hal ini sejalan dengan salah satu kerangka kerja kami yakni IDG (Inner Development Goals). Dimana individu sebaiknya mengenal dan terkoneksi dengan dirinya agar dapat bertumbuh dengan maksimal," ujar Aleima.

Selanjutnya, program ini akan dilaksanakan melalui kunjungan berkala ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Kunjungan tersebut dijadwalkan sebulan sekali selama enam bulan sebagai tahap awal implementasi program. Dengan frekuensi yang teratur, diharapkan anak-anak mendapatkan dukungan yang berkelanjutan serta kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan dan edukatif.

Cakap bertujuan untuk mengimplementasikan rantai dampak yang terkandung dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), terutama poin keempat yakni pendidikan bermutu yang inklusif. Hal ini diwujudkan dengan memberikan manfaat dan ilmu kepada anak-anak penyandang kanker, guna memastikan bahwa setiap anak tidak hanya mendapatkan ilmu melalui cara yang menyenangkan dan sesuai kapasitasnya, namun juga perhatian.

Dengan implementasi program ini, Cakap berharap dapat memberikan lebih dari sekedar edukasi. “Dukungan emosional yang diberikan melalui literasi emosi dan berbagai kegiatan kreatif diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anak-anak yang berjuang melawan kanker. Program ini dirancang untuk membantu anak-anak merasa didukung, terhibur, dan termotivasi agar tetap optimis dalam menghadapi tantangan mereka,” tutup Cecillia.

Tentang Cakap
Cakap adalah perusahaan EdTech Indonesia yang mengembangkan platform pembelajaran upskill. Cakap menghubungkan siswa dengan guru profesional dan pakar industri melalui berbagai metode pembelajaran. Cakap menyediakan interaksi pembelajaran dua arah untuk keterampilan belajar guna meningkatkan kehidupan masyarakat. Tersedia di Google Play dan App Store untuk menjangkau segmen pengguna yang beragam. Cakap percaya setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Cakap memberikan solusi pendidikan dengan kurikulum pembelajaran berstandar internasional untuk memberikan pengalaman belajar online terbaik.

Baca Juga: Sejumlah Perbankan Selektif Berikan Pendanaan ke Startup Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved