July
31
2023
     21:05

DYAN Catatkan Laba Bersih Rp 56 Miliar di Kuartal II Tahun 2023

DYAN Catatkan Laba Bersih Rp 56 Miliar di Kuartal II Tahun 2023
ILUSTRASI. PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN mencatatkan kinerja positif pada kuartal II tahun2023 yakni meraih pendapatan sebesar Rp 576 Miliar dan laba bersih sebesar Rp 56 Miliar.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 27 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) mencatatkan kinerja yang positif pada kuartal II tahun2023. DYAN berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 576 Miliar dan laba bersih sebesar Rp 56 Miliar.

Pendapatan DYAN meningkat 50% dibandingkan pendapatan pada kuartal II tahun 2022 (yoy). Kontribusi pendapatan terbesar senilai Rp 473,7 Miliar atau 82% berasal dari segmen Penyelenggara Event/ Pameran yaitu PT Dyandra Promosindo beserta anak usahanya.

Kontribusi lainnya dari segmen Ruang Konvensi dan Pameran sebesar 10%, segmen Hotel sebesar 4% dan segmen Pendukung Event sebesar 4%. Dyandra juga berhasil mencatatkan EBITDA senilai Rp. 99,9 Miliar.

Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN mengungkapan bahwa sampai dengan Q2-2023, target pendapatan maupun laba Perseroan masih sesuai dengan proyeksi yang ditetapkan manajemen. Beberapa event unggulan seperti konser musik SMTown di Stadion Utama Gelora Bung Karno, menjadi co-promotor untuk MotoGP Round ke-15 di Mandalika dan beberapa line up event lainnya juga akan diselenggarakan di semester 2 ini.

Perseroan juga konsisten dalam memperluas segmen pasar event organizer di Indonesia, melakukan ekspansi bisnis baik sebagai venue operator (Kebun Raya, 3 wahana di Taman Mini Indonesia Indah) dan di sektor education tourism (Animalium di Cibinong).

Melihat tren industri MICE serta peluang pasar yang ada saatini, manajemen Perseroan tetap optimis bahwa pertumbuhan pendapatan Perseroan sebesar 10% dapat tercapai di tahun 2023.

Rangkaian Event Dyandra Semester II 2023

Memasuki semester II tahun 2023, beberapa event unggulan Dyandra akan diselenggarakan, diantaranya dari bisnis unit PT Dyandra Global Edutainment yang akan menyelenggarakan konser musik SMTownLive 2023 SMCU Palace pada 23 September 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Indonesia kini terpilih kembali setelah 11 tahun lalu sejak diselenggarakannya SMTOWN Live World Tour III di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 22 September 2012. Sederet artis Korea yang akan tampil dalam konser SMTown Live 2023 SMCU Palace adalah TVXQ!, SUPER JUNIOR, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa, dan SM NEW BOY GROUP.

Selain konser musik, Dyandra Grup juga akan menyelenggarakan sport event berskala internasional. Dyandra Grup sebagai co-promotor bekerjasama dengan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung bersama anak usahanya yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya untuk penyelenggaraan Kejuaran Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 pada 11-13 Agustus 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kejuaraan round ke-4 ini dibagi menjadi empat kelas, yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150). Terdapat 90 peserta yang mengikuti kejuaraan pada ajang ini, 19 diantaranya ialah pembalap muda asal Indonesia.

Gelaran kejuaran ARRC 2023 menjadi rangkaian event sebelum diselenggarakannya MotoGP Round ke 15 pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Dalam ajang balap motor internasional tersebut, Dyandra Grup berperan juga sebagai co-promotor bersama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya.

Tentang PT Dyandra Media International Tbk

PT Dyandra Media International Tbk resmi menjadi perusahaan publik pada tanggal 25 Maret 2013 dengan mencatatkan 1.282.000.000 lembar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada awal berdirinya, tahun 2007, Dyandra dibentuk sebagai perusahaan induk (holding company) yang kini membawahi 27 anak perusahaan yang bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).

PT Dyandra Promosindo merupakan perusahaan pertama di bawah payung PT Dyandra Media International Tbk. Hadir sejak 3 Maret 1994, perusahaan ini bergerak di bidang penyelenggaraan pameran di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhannya, PT Dyandra Promosindo memperluas usahanya dengan membuka kantor cabang di Surabaya dan Makassar.

Perseroan membagi bidang usahanya menjadi 4 pilar bisnis yaitu :

1. Bisnis Penyelenggara Event/ Pameran (PT Dyandra Promosindo)

2. Bisnis Pendukung Event (PT Dyamall Graha Utama)

3. Bisnis Ruang Konvensi dan Pameran (PT Nusa Dua Indonesia)

•     Bali Nusa Dua Convention Center

•     Bali Nusa Dua Hotel

•     Dyandra Convention Center Surabaya

4. Bisnis Hotel (PT Graha Multi Utama)

•     Hotel Santika Siligita, Bali

•     Hotel Amaris Bandara Soekarno Hatta

•     Hotel Amaris Nusa Dua, Bali

•     Hotel Amaris Panglima Polim 2

•     Hotel Amaris Pekanbaru

•     Hotel Amaris Thamrin City

DYAN melalui bisnis unit PT Mitra Natura Raya mulai masuk ke industri tourism leisure sejak tahun 2020 sebagai operator taman wisata yaitu dengan mengelola 4 Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Purwodadi, Cibodas dan Bali.

Baca Juga: Laba Dyandra Media International (DYAN) Melejit pada Semester I-2023, Ini Sebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved