May
25
2022
     20:35

Dukung Dunia Pendidikan, JAPFA Hibahkan Kandang Penelitian Senilai Rp 1,5 Miliar

Dukung Dunia Pendidikan,  JAPFA Hibahkan Kandang Penelitian Senilai Rp 1,5 Miliar
ILUSTRASI. PT JAPFA dan SKHB IPB University menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan SKHB-JAPFA Poultry Health Research Farm di kawasan Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) kembali bekerja sama dengan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui penyediaan prasarana pendidikan. Hari ini, (25/5), PT JAPFA dan SKHB IPB University menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan “SKHB-JAPFA Poultry Health Research Farm” di kawasan Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan pusat penelitian kesehatan perunggasan tersebut merupakan wujud komitmen JAPFA terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di industri peternakan. Selain itu, hibah kandang penelitian senilai Rp 1,5 miliar ini bertujuan untuk menunjang inovasi akademik dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang diharapkan dapat siap terjun ke dunia kerja.

Dalam acara tersebut, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan, “Kami menyambut baik rencana pembangunan pusat penelitian kesehatan perunggasan di lingkungan kampus kami. Harapannya, dengan adanya prasarana penunjang pendidikan ini, dapat menghasilkan penelitian terkait kesehatan unggas yang lebih sesuai dengan kondisi di negara kita dan aplikatif untuk industri perunggasan tanah air.” 

Menurutnya, dengan dibangunnya fasilitas penelitian ini, baik dosen maupun mahasiswa memiliki kesempatan dalam memperkaya studinya melalui eksplorasi mendalam. Hal ini tentu sejalan dengan visi IPB University dalam mengedepankan riset dan inovasi, salah satunya di bidang pertanian dan biosains tropika.

Dekan SKHB IPB University, Prof Drh Deni Noviana mengungkapkan, “SKHB-JAPFA Poultry Health Research Farm yang akan dibangun ini menjadi fasilitas pertama yang dimiliki IPB University di bidang penelitian kesehatan perunggasan. Pembangunan kandang penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh segenap sivitas akademika untuk melakukan penelitian yang relevan dengan permasalahan ternak, utamanya unggas dewasa ini.” 

Menurutnya, hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai perbaikan yang berujung pada peningkatan produktivitas dan efektivitas industri perunggasan tanah air. Sehingga, kerjasama ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam mendorong inovasi dan meningkatkan produksi pangan berprotein hewani.

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama JAPFA, Syamsir Siregar mengatakan, sektor perunggasan berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan nasional serta sebagai sumber pemenuhan gizi masyarakat. Sebagai perusahaan penyedia protein hewani yang berkualitas dan terjangkau, kata dia, JAPFA senantiasa berkomitmen untuk terus memajukan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

“Karena itu perguruan tinggi sebagai penyedia sdm perlu didukung oleh banyak pihak. JAPFA memiliki perhatian yang tinggi dan komitmen kuat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berusaha mewujudkan komitmen itu, salah satunya lewat kerjasama dengan SKHB IPB University,”

Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director JAPFA menyampaikan, “Pembangunan kandang penelitian ini merupakan wujud kontribusi perusahaan dalam mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), khususnya di bidang perunggasan.

Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan dampak yang berkelanjutan dan regenerasi di industri peternakan Indonesia, serta lebih jauh lagi memberi jaminan akan pasokan protein hewani berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat.”  Selain itu, lanjutnya, diharapkan dapat menjadikan perunggasan Indonesia berdaya saing unggul di kancah internasional.

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan unggas, peternakan komersial, pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen, budidaya perairan, serta perdagangan dan lain-lain. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved