October
14
2024
     17:41

Dukung Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024, Bank Saqu Ajak Generasi Muda untuk Menabung

Dukung Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024, Bank Saqu Ajak Generasi Muda untuk Menabung
ILUSTRASI. Melalui BIK 2024, Bank Saqu turut berkontribusi dalam Otoritas Jasa Keuangan Financial Expo 2024 (OJK FinExpo 2024) yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, bersama dengan Astra Financial dan unit bisnis lainnya.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai lembaga keuangan yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, mendukung penuh pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang resmi dimulai dengan tema “Wujudkan Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif,” yang diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan pada Oktober 2024.

Melalui BIK 2024, Bank Saqu turut berkontribusi dalam Otoritas Jasa Keuangan Financial Expo 2024 (OJK FinExpo 2024) yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, bersama dengan Astra Financial dan unit bisnis lainnya. OJK FinExpo 2024 merupakan rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diselenggarakan oleh OJK bersama dengan kementrian/lembaga dan lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan secara masif di Indonesia. Dalam partisipasinya, Bank Saqu berkomitmen untuk meningkatkan akses dan literasi keuangan di seluruh Indonesia serta memberikan solusi yang inovatif dan praktis demi mendorong inklusi keuangan.

Willy Apriando, Head of Marketing & Branding PT Bank Jasa Jakarta mengatakan, “Kami sangat mendukung inisiatif OJK dalam Bulan Inklusi Keuangan, terutama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menabung. Dengan fitur Tabungmatic, kami ingin memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk membangun kebiasaan menabung yang konsisten dan berkelanjutan. Kami percaya bahwa kebiasaan menabung yang baik dapat membantu mereka mencapai tujuan finansial jangka panjang.”

Fitur ini juga telah meraih penghargaan atas inovasinya sebagai "Best Digital Savings Innovation in Indonesia," yang diberikan oleh The Asian Banker pada September 2024, menegaskan komitmen Bank Saqu untuk mendorong kebiasaan menabung di kalangan generasi muda.

Fitur Tabungmatic adalah fitur menabung otomatis pertama di Indonesia yang mengubah uang kembalian dari setiap transaksi menggunakan QRIS di aplikasi Bank Saqu akan diubah menjadi tabungan yang disimpan di Saku Booster dengan insentif menabung sebesar 10% per tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai salah satu dukungan utama untuk Bulan Inklusi Keuangan, Bank Saqu mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali menabung lewat sebuah lagu ”Menabung” yang khusus di-remake, dengan kembali menghadirkan Saskia dan Geofanny, feat. Jaz Hayat sebagai penyanyi.

”Lagu karya penyanyi legendaris, Titiek Puspa sangat dikenal dan akrab di telinga generasi 90-an di Indonesia disajikan dengan nuansa modern. Melalui lagu ini, Bank Saqu mengajak masyarakat untuk memprioritaskan budaya menabung dan membangun kebiasaan finansial yang sehat,” tambah Willy.

Bank Saqu menyadari, menabung di Indonesia selalu menjadi isu yang menarik untuk diperbincangkan dari tahun ke tahun. Tidak hanya dipengaruhi oleh rendahnya pendapatan, tetapi juga gaya hidup konsumtif dan tingkat literasi finansial yang belum optimal.

Pada November 2023, Bank Indonesia melalui Survei Konsumen melaporkan bahwa rasio tabungan terhadap pendapatan mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi. Melalui survey yang sama, pada tahun 2019, rasio simpanan terhadap pengeluaran masyarakat mencapai 19,8%, namun pada bulan yang sama di tahun 2023, rasio simpanan terhadap pengeluaran masayarakat turun hingga 15,4%.

Melalui inisiatif ini, Bank Saqu berkomitmen untuk terus mendorong budaya menabung di kalangan generasi muda. Pentingnya menabung menjadi semakin jelas, terutama di tengah kondisi perekonomian yang penuh ketidakpastian dan angka konsumtif generasi muda yang kian meningkat, tetapi kesadaran mereka terhadap pentingnya menabung untuk persiapan masa depan malah kian menurun. Untuk itu, Bank Saqu terus berupaya mendukung setiap langkah menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini, nasabah Bank Saqu telah mencapai lebih dari satu juta, di mana 43 persen nasabah berusia antara 20-30 tahun. Bank Saqu, yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab, menghadirkan produk-produk inovatif seperti Saku, Tabungmatic, Saku Booster, dan Busposito yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial generasi produktif. Kami menyasar generasi muda, terutama solopreneur di Indonesia, termasuk pemilik usaha kecil, pekerja lepas, dan karyawan tetap dengan pekerjaan tambahan.

Tentang Bank Jasa Jakarta

Bank Jasa Jakarta hadir sejak 1984, hadir dengan layanan Relationship Banking, yang fokus melayani segmen ritel dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kini Bank Jasa Jakarta, yang merupakan perusahaan kemitraan antara Astra Financial dengan WeLab, telah dilengkapi dengan Bank Saqu, sebuah layanan perbankan digital yang bertujuan untuk memberikan tambahan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi bagi nasabah. Bank Saqu memperkaya pengalaman perbankan dengan fitur-fitur modern seperti transaksi online yang cepat, akses mudah melalui aplikasi seluler, dan berbagai layanan digital lainnya. Dengan menggabungkan kekuatan layanan tradisional dan digital, Bank Jasa Jakarta terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabahnya, menjadikan pengalaman bertransaksi lebih efisien dan terkini.

Baca Juga: Laba Bersih Astra Financial Naik 8% di Semester I 2024

Selanjutnya: Energi Mega Persada (ENRG) Akuisisi Kepemilikan di Aset Gas Sengkang

Menarik Dibaca: Cara Simple Merawat Diri Untuk Pria, Mulai Lakukan Tips Berikut Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved