May
14
2024
     18:34

DRMA Torehkan Sejarah, Pertama Kali Ekspor Komponen Otomotif ke Amerika Serikat

DRMA Torehkan Sejarah, Pertama Kali Ekspor Komponen Otomotif ke Amerika Serikat
ILUSTRASI. CEO Dharma Group Irianto Santoso (kedua dari kanan) didampingi CFO Dharma Kyungshin Indonesia (DKI) Lee Chang Jun (kanan) saat pelepasan ekspor perdana di Pabrik Dharma Kyungshin Indonesia, Cirebon Jawa Barat, Selasa (14/5/2024). PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) melakukan ekspor perdana komponen otomotif dengan tujuan Amerika Serikat tersebut digunakan untuk komponen kendaraan listrik. Total nilai dari rangkaian ekspor Perseroan direncanakan akan mencapai sekitar US$15,8 juta di tahun 2024./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/14/05/2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mencatatkan sejarah baru dalam perjalanan bisnis Perseroan, dengan mengekspor komponen otomotif yang juga bisa digunakan untuk kendaraan listrik ke Amerika Serikat.

Torehan sejarah yang ditandai dengan seremoni peluncuran ekspor perdana yang dipimpin langsung oleh Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso di Cirebon ini merupakan awal dari rangkaian ekspor komponen otomotif Perseroan ke Amerika Serikat. Total nilai dari rangkaian ekspor Perseroan tersebut direncanakan akan mencapai sekitar US$15,8 juta di tahun 2024, dan senilai US$26,8 juta di tahun 2025.

“Ekspor ini merupakan pencapaian yang membanggakan, karena Perseroan telah berpartisipasi dalam meningkatkan devisa Negara. Harapannya, kegiatan ekspor ini akan terus berkembang secara berkelanjutan sehingga menghasilkan manfaat besar baik bagi pemegang saham, maupun bagi penguatan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” kata Irianto Santoso.

Sukses DRMA mencatatkan sejarah baru Perseroan melalui ekspor komponen otomotif ke Amerika Serikat ini berangkat dari kesempatan yang diterima oleh anak perusahaan, PT Dharma Kyungshin Indonesia untuk memasok wiring harness ke Amerika Serikat untuk digunakan pada kendaraan merk Hyundai dan KIA disana. PT Dharma Kyungshin Indonesia (DKI) adalah perusahaan patungan antara Dharma Group dan Kyungshin Corporation yang bergerak di bisnis manufakturing untuk perkabelan otomotif (otomotive wiring harness manufacturer).

Partner DRMA,Kyungshin Corporation juga sudah memasok komponen untuk kendaraan listrik sehingga ada potensi bagi DRMA untuk memproduksi komponen yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik melalui DKI. Ekspor ke Amerika Serikat ini diharapkan akan menjadi langkah kunci Perseroan dalam menembus pasar global komponen otomotif.

Sementara, pada kuartal pertama 2024 ini, Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp1,34 triliun, tumbuh positif sebesar 3,1% QoQ di tengah situasi ‘wait and see’ menunggu kepastian politik terkait pelaksanaan pemilu dan gugatan hasil pemilihan presiden di kuartal pertama.

Dengan telah dimulainya ekspor komponen otomotif ke Amerika Serikat ini, penjualan DKI diperkirakan akan terus meningkat dari kuartal kedua tahun ini, sehingga kinerja DRMA akan semakin membaik pada kuartal-kuartal berikutnya.

Tentang Dharma Group

PT Dharma Polimetal Tbk sebagai Holding Company Dharma Group, yang berdiri sejak tahun 1989, bergerak di bidang usaha komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil. Sebagai salah satu anak Perseroan dari Triputra Group, Dharma Group mempunyai latar belakang manajemen yang berpengalaman di industri otomotif nasional. Dharma Group telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan standar pabrikan kelas dunia.

Dengan motto Excellence Through People and Process Dharma Group mempunyai pelanggan yang bereputasi baik dari merekmerek terkenal di dunia serta berkelanjutan dengan hubungan jangka panjang.

Ke depan, Dharma Group siap untuk menjadi bagian dari kebangkitan sektor otomotif termasuk dalam menyambut era revolusi industri 4.0 dengan menerapkan digitalisasi di rantai proses bisnisnya, dan pengembangan dan produksi komponen dan parts kendaraan listrik di Tanah Air sebagai perwujudan Exist to Contribute kepada Bangsa.

Baca Juga: Dharma Polimetal (DRMA) Ekspor Perdana Komponen Kendaraan ke AS, Nilainya US$ 450.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved