September
26
2023
     17:19

Dorong Perekonomian Pascapandemi, Ini Kiprah Grup MIND ID PT Timah bagi UMKM Belitung

Dorong Perekonomian Pascapandemi, Ini Kiprah Grup MIND ID PT Timah bagi UMKM Belitung
ILUSTRASI. Lisnawati,memproduksi pilus ikan tenggiri dan pilus telur cumi di Jalan Madura, RT 07 RW 04 Desa Padang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur & jadi mitra binaan PT Timah Tbk pada 2022. Ia memanfaatkan program PUMK dalam segi permodalan, agar produk usahanya dapat terus diproduksi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk turut mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Caranya melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah Tbk.

Tidak hanya itu, Usaha Mikro Kecil (UMK) juga dibina melalui berbagai pelatihan kewirausahaan seperti pengembangan kualitas produk dan pengembangan penjualan baik melalui sentra bisnis lokal dan maupun marketplace secara digital. UMK dibawah binaan PT Timah Tbk juga diberi bantuan pendanaan modal kerja agar dapat mengembangkan usahanya.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf menyebut program pengembangan UMK ini merupakan bagian dari upaya MIND ID untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Strategi pengembangan UMK Grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini,” kata Heri Yusuf.

Pasalnya ada beberapa kesulitan yang dirasakan UMK mitra binaan PT Timah Tbk, seperti, bidang manajemen, modal usaha, strategi dan akses pemasaran, standar dan kualitas mutu, dan teknis produksi. Program PUMK ini telah dirasakan manfaatnya oleh salah satu mitra binaan PT Timah Tbk, Lisnawati.

Lisnawati menjalankan usaha aneka makanan ringan yang menjadi ciri khas Pulau Belitung. Dengan nama brand “Ibu Lisna”, Lisnawati memproduksi pilus ikan tenggiri dan pilus telur cumi di Jalan Madura, RT 07 RW 04 Desa Padang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Lisnawati merintis usaha pembuatan aneka makanan ringan ini dari nol. Mulanya, Ia tidak memiliki nama merek serta izin sehingga hanya dititip di toko kelontong.

Hingga akhirnya Lisna menjadi mitra binaan PT Timah Tbk pada tahun 2022. Ia memanfaatkan program PUMK dalam segi permodalan, agar produk usahanya dapat terus diproduksi.

“Permodalan dari PT Timah Tbk dimanfaatkan untuk menambah alat dan bahan baku, sehingga produk tetap tersedia. Hal ini sangat membantu sekali, karena saya tambah alat juga,” kata Lisna.

Pada periode 2020-2021, PT Timah Tbk sudah memiliki 104 mitra atau pelaku usaha binaan. Tidak hanya PT Timah Tbk, anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID lainnya juga memiliki program serupa dengan ratusan mitra binaan yang dinaungi.

Tercatat, ada 22 mitra binaan PT ANTAM Tbk, 360 mitra binaan PT Bukit Asam Tbk, 15 mitra binaan dari Inalum Operating, dan masih banyak lagi.

Sekilas MIND ID
 
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.
 
MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.
 
MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Grup MIND ID PT Timah Bangun 21 Unit Toilet &Tempat Sampah, Dukung ODF di Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved