June
15
2023
     13:38

Deretan Proyek Strategis 2023 Grup MIND ID guna Dukung Perekonomian Nasional

Deretan Proyek Strategis 2023 Grup MIND ID guna Dukung Perekonomian Nasional
ILUSTRASI. Beberapa proyek strategis yang sedang dijalankan MIND ID salah satunya adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) oleh INALUM. SGAR tersebut memiliki kapasitas hingga 1 juta ton/tahun.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN holding industri pertambangan MIND ID terus berupaya meningkatkan kinerjanya pada  2023. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa proyek strategis yang telah dimiliki anggota Grup MIND ID, yaitu PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) , PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), dan PT Timah Tbk.

Setiap anggota di bawah naungan MIND ID terus melakukan berbagai proyek strategis dengan progress yang cepat. Proyek strategis ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

“MIND ID fokus mempercepat proyek-proyek strategis untuk segera bisa berkontribusi maksimal, sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Beberapa proyek strategis yang sedang dijalankan tersebut salah satunya adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) oleh INALUM. SGAR tersebut memiliki kapasitas hingga 1 juta ton per tahun.

Sementara itu, PT Timah Tbk memiliki proyek Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace yang bisa memproduksi 40.000 ton crude tin per tahun. Rencananya, proyek ini akan menggunakan sekitar 55% kapasitas produksi di tahun pertama.

PT Timah Tbk juga akan meningkatkan kapasitas produksi secara bertahap setiap tahunnya. Sehingga, pada tahun ketiga bisa mencapai 40.000 ton.

Anggota Grup MIND ID lainnya, ANTAM, juga sedang menyelesaikan pembangunan smelter feronikel. Nantinya, smelter feronikel ini mampu memproduksi hingga 13.500 ton feronikel per tahun.

Pembangunan smelter tembaga juga sedang dijalankan oleh PTFI. Smelter ini nantinya akan memproduksi hingga 600.000 ton katoda tembaga dan 35-50 ton emas per tahunnya.

Proyek smelter ini sekaligus menjadi wujud nyata komitmen MIND ID dalam menjalankan program hilirisasi. Smelter pengolahan komoditas dari bahan mentah menjadi bahan setengah jadi maupun produk jadi ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan negara melalui penambahan nilai dari pengolahan barang tambang.

Terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), PTBA telah bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) untuk membangun PLTS di Bandara Soekarno Hatta. Sebanyak 720 solar panel system dengan kapasitas maksimal 241 kWp telah dibangun.

Selain itu, PTBA juga bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengembangkan PLTS berkapasitas 400 kWp. PLTS tersebut dibangun di jalan tol Jasa Marga Group.

Beberapa proyek strategis tersebut diharapkan bisa mendorong perekonomian Indonesia. Melalui proyek itu pula, MIND ID bisa ditetapkan sebagai perusahaan terdepan kelas dunia di industri pertambangan.

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Komisi VII DPR Dukung MIND ID Jadi Pengendali Vale Indonesia (INCO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved