September
30
2023
     18:49

Delapan Jenama Fesyen Indonesia Tampil di L'adresse Trade Showroom-Paris Fashion Week

Delapan Jenama Fesyen Indonesia Tampil di L'adresse Trade Showroom-Paris Fashion Week
ILUSTRASI. Sebanyak 8 jenama fesyen Indonesia tampil di L'adresse TradeShowroom?Paris Fashion Week 2023 pada 29 September?2 Oktober 2023 di Paris, Prancis.Kedelapan jenama tersebut yaitu Artkea, IKYK, Aidan and ice, Ellyhan Jewelry, Jewel Rocks, 3Mongkis, Long Story Short, dan Christin Wu.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebanyak delapan jenama fesyen Indonesia tampil di L'adresse Trade Showroom—Paris Fashion Week 2023 pada 29 September—2 Oktober 2023 di Paris, Prancis. Kedelapan jenama tersebut yaitu Artkea, IKYK, Aidan and ice, Ellyhan Jewelry, Jewel Rocks, 3Mongkis, Long Story Short, dan Christin Wu. Keberhasilan ini merupakan buah kolaborasi fasilitasi Kementerian Perdagangan bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendukung penuh partisipasi jenama Indonesia di ajang internasional L'adresse Trade Showroom Paris Fashion Week 2023. Hal ini merupakan upaya bersama untuk mendorong jenama fesyen Indonesia, khususnya modest fashion dalam memperluas citra dan akses pasar internasional. Paris Fashion Week merupakan salah satu pekan busana (fashion week) terbesar di dunia dan seluruh pemangku kepentingan, baik jenama, desainer, media, hingga buyer menjadikan ajang ini sebagai acuan tren fesyen dunia.

“Saya yakin partisipasi Indonesia pada L'adresse Trade Showroom dapat membantu memperluas jejaring bisnis dan transaksi di pasar global. Bukan hal yang tidak mungkin modest fashion Indonesia akan menjadi salah satu produk unggulan ekspor Indonesia," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi berharap lebih banyak lagi jenama Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mengakses pasar ekspor dengan mengikuti berbagai kegiatan promosi yang dilaksanakan Kemendag.

“Keikutsertaan dalam ajang fesyen internasional merupakan bentuk komitmen Kemendag terhadap penguatan industri modest fashion Indonesia dan mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia,” ujar Didi.

Dalam pernyataan tertulisnya, Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar mengatakan, penetrasi pasar ke Prancis harus dilakukan dengan menyesuaikan ke selera pasar Prancis sebagai pusat mode dunia. Dengan menyesuaikan pasar, produk Indonesia, khususnya produk fesyen akan semakin mampu bersaing di pasar internasional.

“KBRI Paris terus berkomitmen penuh mendukung karya kreatif Indonesia masuk ke pasar fesyen dunia melalui Paris, diantaranya dengan mengikuti agenda resmi Paris Fashion Week 2023. Upaya ini telah dimulai awal 2022 melalui kerja sama dengan L'Adresse Trade Showroom dan akan terus berlanjut sampai tahun-tahun mendatang,” tambah Dubes Oemar.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menyatakan, keikutsertaan binaan Jakarta Entrepreneur pada pameran ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas skala pemasaran produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal agar memiliki daya saing global.

Di sisi lain, pendiri 3Mongkis Hetty Awi menyatakan kebanggaannya karena dapat memamerkan koleksinya yang bertajuk Lotus untuk pertama kali pada ajang L'adresse Showroom Paris Fashion Week 2023. Menurutnya, setiap potongan koleksinya telah dirancang dengan sempurna untuk melengkapi gaya pakaian konsumen di berbagai kesempatan, baik saat acara formal atau santai. Dia berharap Lotus akan diterima dan dihargai masyarakat Indonesia dan internasional.

Dalam pelaksanaan tahun ini, Kemendag menggandeng L’adresse Paris Agency sebagai agensi resmi yang membantu kegiatan promosi serta pertemuan penjajakan bisnis (business matching) antara pelaku usaha Indonesia dengan buyer. L’adresse Trade Showroom merupakan agenda resmi Paris Fashion Week yang bersifat Business-to-Business dengan mempertemukan pelaku usaha dengan buyer sektor modest fashion dan produk turunannya dari seluruh dunia.

Keikutsertaan Kementerian Perdagangan pada pameran di Paris Fashion Week 2023 merupakan tindak lanjut kegiatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW). Ajang ini bertujuan untuk mempromosikan modest fashion Indonesia dan produk terkait di pasar domestik dan internasional. Pada 2023, JMFW fokus melakukan promosi melalui tiga ajang pameran fesyen internasional yakni New York Fashion Week, L’adresse Trade Showroom - Paris Fashion Week, dan London Fashion Week.

Sekilas Jenama Indonesia di L'adresse Trade Showroom

Artkea merupakan jenama yang mempromosikan desain khusus perempuan. Jenama ini telah mengembangkan lini bisnis menjadi 4 merek yakni Lace, Stripes, Bloom, dan Colours dengan menggabungkan estetika klasik dan modern.

IKYK adalah lini pakaian siap pakai yang menggabungkan konsep modest dengan tren global. Jenama ini menawarkan pakaian luaran (outerwear) dengan siluet ukuran besar (oversized) dan unik, cocok untuk dipakai sepanjang tahun.

Aidan dan Ice merupakan jenama aksesori yang memiliki semangat kerajinan tangan lokal dan pemberdayaan. Jenama ini menciptakan produk aksesori khusus untuk wanita dan mengubah setiap pakaian yang dikenakan menjadi simbol kebanggaan.

Ellyhan Jewelry merupakan jenama yang fokus pada perhiasan. Produk jenama ini dibuat sesuai pesanan dengan memiliki potongan khas berdasarkan tema tertentu.

Jewel Rocks, jenama ini menampilkan koleksi perhiasan terbaru yang terinspirasi fantasi kehidupan kepulauan tahun 80-an. Produk jenama ini dibuat dengan detail oleh sekelompok perempuan di Bali. Dalam pembuatan produknya, jenama ini mencampur berbagai bahan dan inspirasi budaya untuk menciptakan produk otentik dan bermakna yang dapat membangkitkan perasaan nostalgia, persahabatan, dan koneksi terhadap Bumi.

3Mongkis adalah jenama fesyen dengan produk yang berpandangan global. Produk jenama ini mendorong ekspresi diri yang tulus serta merayakan komunitas yang beragam melalui pakaian yang serbaguna.

Long Story Short adalah jenama dengan produk tas yang menggabungkan warisan Indonesia, kreativitas, dan prinsip keberlanjutan. Jenama ini telah menghasilkan berbagai produk tas inovatif yang terbuat dari rotan sebagai bentuk perayaan keindahan alam Indonesia.

Terakhir, Christin Wu adalah jenama sepatu yang didesain untuk dipakai di semua acara. Jenama ini menggunakan tenaga kerja lokal yang memiliki kerajinan tangan cermat dengan perpaduan sentuhan kontemporer dan klasik. Produk sepatu jenama ini dirancang untuk mendukung konsumen dalam mewujudkan kreatifitas, kenyamanan, dan eksklusivitas.

Baca Juga: Perkuat Ekspor Fesyen Indonesia, Kemendag Resmikan Nusantara FashionHouse di Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved