October
01
2024
     10:41

Darya-Varia & ASKI Teken MoU Kemitraan Strategis guna Kembangkan Alat Kesehatan Lokal

Darya-Varia & ASKI Teken MoU Kemitraan Strategis guna Kembangkan Alat Kesehatan Lokal
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk dr Ian Martin Wibawa Kloer (Kanan) dan Presiden Direktur PT Astra Komponen Indonesia Prihatanto Agung Lesmono (kiri) saat usai menandatangani kerja sama di Jakarta, Senin (30/9).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (Darya-Varia), salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, hari ini, Senin, 30 September 2024, menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Astra Komponen Indonesia (ASKI), anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk. Kemitraan strategis ini bertujuan untuk mengembangkan dan memproduksi alat kesehatan lokal, memperkuat posisi Darya-Varia di industri kesehatan Indonesia.

Penandatanganan MoU ini menandai langkah penting Darya-Varia dalam memperluas portofolionya ke sektor alat kesehatan, melengkapi lini bisnis farmasi yang sudah ada.

Melalui kemitraan ini, Darya-Varia dan ASKI akan bersama-sama mengembangkan perangkat alat kesehatan lokal untuk kebutuhan wilayah Indonesia. Selain memenuhi kebutuhan domestik, kedua perusahaan juga membidik pasar ekspor produk-produk alat kesehatan ke mancanegara.

"Kami sangat bersyukur dan menyambut baik kemitraan strategis ini, untuk bersama-sama berkolaborasi mengembangkan alat-alat kesehatan di dalam negeri menuju kemandirian bangsa khususnya di bidang peralatan Kesehatan. Kemitraan strategis dengan ASKI ini merupakan wujud komitmen Darya-Varia dalam membangun Indonesia yang lebih sehat melalui solusi kesehatan terintegrasi," ujar dr Ian Martin Wibawa Kloer, Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

"Dengan menggabungkan keahlian farmasi kami dengan kemampuan desain dan manufaktur ASKI, kami yakin dapat menghadirkan inovasi alat kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sebagai inisiatif awal, kedua perusahaan akan fokus pada pengembangan Inovasi Self Patient Monitoring, langkah ini diharapkan dapat mendukung manajemen penyakit kronis yang lebih baik, terutama bagi penderita penyakit kronis di Indonesia.

Prihatanto Agung Lesmono, Presiden Direktur PT Astra Komponen Indonesia, menambahkan, "Kolaborasi ini mempertemukan keunggulan ASKI dalam manufaktur presisi dengan pengetahuan mendalam Darya-Varia tentang kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Kami optimis kemitraan ini akan menghasilkan produk-produk inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia."

Ruang lingkup kerja sama mencakup pengembangan bersama perangkat alat kesehatan lokal, dengan ASKI dengan ekspertis dalam  manufaktur dan integrasi teknologi, sementara Darya-Varia akan menangani pemasaran dan distribusi produk. Kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif di pasar alat kesehatan dengan menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Bagi masyarakat, kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan akses terhadap solusi kesehatan berbasis teknologi, khususnya alat kesehatan produksi dalam negeri. Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendorong perawatan kesehatan yang lebih proaktif dan personal.

Dalam jangka panjang, Darya-Varia dan ASKI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan alat kesehatan dalam negeri, dengan mempertimbangkan tren masa depan seperti telehealth, integrasi AI dan machine learning, serta teknologi wearable.

Kemitraan strategis ini menegaskan posisi Darya-Varia sebagai perusahaan farmasi terdepan yang berinovasi dalam solusi kesehatan terintegrasi, sekaligus menunjukkan komitmen perusahaan terhadap dukungan produksi alat kesehatan dalam negeri.

Baca Juga: Darya-Varia (DVLA) Serap Capex Lebih dari 50% pada Semester I 2024

Selanjutnya: Sambut 2025, Indonesia Re Fokus Transformasi Proses Bisnis dan Penguatan Kolaborasi

Menarik Dibaca: Bunga Deposito Bank Danamon di Bulan Oktober 2024 Tertinggi 5,00%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved