April
29
2023
     20:13

Danamon Mengumumkan Hasil Kinerja Keuangan Kuartal I Tahun 2023

Danamon Mengumumkan Hasil Kinerja Keuangan Kuartal I Tahun 2023
ILUSTRASI. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) hari ini meresmikan kembali Kantor Cabangnya di Medan, Sumatera Utara, dan Pondok Indah Mall, Jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memulai tahun 2023 dengan pencapaian kinerja yang solid di kuartal I.

Danamon berhasil mencetak pertumbuhan Total Kredit dan Trade Finance sebesar 15% Year on Year (YoY) dan mencapai Rp151,8 triliun pada kuartal I tahun 2023, yang didukung oleh pertumbuhan di setiap segmen bisnis. Selain itu, PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. (Adira Finance), yang merupakan anak perusahaan Danamon, juga berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 48% untuk pembiayaan baru bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Total Pendanaan tumbuh sebesar 2% YoY mencapai Rp 138,6 triliun. Danamon tetap konsisten dalam menerapkan pendekatan institusional dan pengembangan digital channel yang menghasilkan saldo CASA dan rasio CASA yang stabil.   

Dari sisi profitabilitas, Net Interest Margin (NIM) meningkat sebesar 50 basis poin (bps) YoY dengan tren kuartalan yang stabil. Sementara itu, Pendapatan Operasional meningkat sebesar 6% YoY menjadi Rp4,4 triliun dan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) mencapai Rp818 miliar.

Danamon juga berkomitmen untuk memperkuat kualitas asetnya dengan rasio Loan at Risk (LAR) – (termasuk restrukturisasi Covid-19 under forbearance) yang dikelola menjadi 12,7%, membaik sebesar 270 bps YoY, serta meningkatkan Non-Performing Loan (NPL) coverage yang mencapai rekor tertinggi di 254%.

Daisuke Ejima, Direktur Utama Danamon, mengatakan bahwa "Ini baru sebuah permulaan, kami akan terus berinovasi, mencari cara yang lebih baik dalam melayani dan memberikan solusi keuangan bagi para nasabah kami, mencapai rekor kinerja yang lebih baik serta memperkuat kolaborasi antara MUFG dan Adira Finance sebagai satu grup.

Telah terbukti bahwa melalui kolaborasi dan ekosistem MUFG, kami dapat menjangkau lebih banyak lagi dalam memperluas bisnis kami dan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia."

Sebagai komitmen untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan digital, Danamon bersama MUFG mengumumkan penempatan Garuda Fund, dana ventura yang didedikasikan untuk startup Indonesia yang dikelola oleh MUFG Innovation Partners (MUIP), perusahaan modal ventura MUFG.

Bekerja sama dengan MUFG, Danamon juga menyelenggarakan Business and Investment Matching Fair 2023 untuk menghubungkan para nasabah bisnis dengan ekosistem MUFG dan memberikan akses kepada startup Indonesia ke para calon investor.

Danamon dan Adira Finance didukung oleh MUFG menjadi Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner di Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta 2023.

Penghargaan dan pencapaian
Selain pencapaian kinerja yang baik di kuartal I 2023, Danamon juga menerima beberapa penghargaan terkemuka dan pengakuan atas prestasinya antara lain: LinkedIn Talent Awards 2022 oleh LinkedIn untuk kategori “Best Talent Acquisition Team”; Indonesia Human Resources Awards 2023 oleh Warta Ekonomi untuk kategori “The Best HR Management for the outstanding initiative in supporting the acceleration of forming employee capabilities (conventional bank)”; dan 6th Infobank Satisfaction, Loyalty & Engagement Awards 2023 oleh Infobank untuk beberapa kategori, termasuk peringkat satu untuk kategori Customer Service, Teller dan Security.

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 31 Maret 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp204 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.

Per Maret 2023, Danamon didukung oleh jaringan 877 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan cabang serta jaringan bisnis anak perusahaan, dan jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000-unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon.

Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Melalui ajakan “Grow With Us” yang didasari oleh Visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, Danamon mempertegas komitmen sebagai bank yang selalu siap siaga memberikan solusi untuk segala kebutuhan finansial bagi seluruh nasabah dari berbagai segmen antara lain Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Komersial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance, agar dapat tumbuh menjadi lebih sejahtera.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya, sebagai organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”. Proposisi nilai unik Danamon berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia, agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Baca Juga: Bank Danamon Memperkuat Posisi di Segmen Bisnis Ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved