Dagangan Dukung UMKM Go Digital, Tingkatkan Efisiensi & Produktivitas UMKM Indonesia
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Dalam upaya mendorong transformasi digital terhadap UMKM di Indonesia, Dagangan mengajak berbagai pihak untuk berkontribusi aktif melalui kegiatan-kegiatan yang mengedukasi para pelaku UMKM untuk mengimplementasikan digitalisasi pada bisnisnya. Hal ini dilakukan demi meningkatkan UMKM Go Digital dan mewujudkan target pemerintah untuk mencapai 30 juta digitalisasi UMKM pada tahun 2024.
UMKM merupakan salah tulang punggung perekonomian Indonesia. Terdapat lebih dari 64 juta UMKM di Indonesia dan UMKM memberikan sebesar 60,5 persen terhadap PDB dan berkontribusi sebanyak 96,9 persen terhadap penyerapan tenaga kerja.
Kemenkop UKM juga mencatat bahwa pada akhir 2022, sebanyak 20,76 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung secara digital. Angka tersebut meningkat sebanyak 26,6 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 16,4 juta UMKM. Angka tersebut telah memenuhi 69,2 persen dari target 30 juta digitalisasi UMKM oleh pemerintah Indonesia.
Dagangan sebagai startup rural commerce memiliki peran penting dalam upaya akselerasi UMKM Go Digital, kontribusi Dagangan dalam akselerasi tersebut melalui berbagai upaya, “Kami sangat mendukung penerapan UMKM Go Digital, dalam implementasi digitalisasi ini kami memberi kesempatan kepada UMKM untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas melalui platform kami, dan digitalisasi warung dengan memberikan layanan penyedia stok kebutuhan sehari-hari” ujar Ryan Manafe, CEO & Co-Founder Dagangan.
Salah satu realisasi program Dagangan dalam upaya mengakselerasi UMKM Go Digital adalah melaksanakan kegiatan grebek tiga pasar di Sulawesi Utara bersama dengan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan. Selain meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok di awal tahun 2023 ini, Wamendag dan Dagangan juga memberikan edukasi mengenai implementasi digital kepada pedagang pasar.
“Kementerian Perdagangan sangat mendorong UMKM untuk bertransformasi secara digital melalui berbagi program, dibalik itu kami berharap para pelaku UMKM juga berperan aktif dalam memperkaya literasi digital agar dapat memanfaatkan platform digital yang tersedia” ucap Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan.
Talkshow mengenai UMKM Go Digital juga dilaksanakan oleh Dagangan sebagai rangkaian kegiatan di Sulawesi Utara. Berlangsung di Hotel Luwansa & Convention Center Manado, kegiatan talkshow ini merupakan bentuk kolaborasi antara Dagangan, Kementerian Perdagangan Indonesia, dan Astra
Dihadiri oleh para pelaku UMKM Sulawesi Utara, para pembicara pada talkshow ini memberikan pandangan mereka mengenai digitalisasi UMKM di Indonesia serta membagikan strategi implementasi digital pada UMKM.
Tentang Dagangan
Dagangan adalah startup rural ecommerce yang fokus melayani masyarakat di wilayah tier 3-4 dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan harian lainnya secara grosir melalui aplikasi. Visi Dagangan adalah memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia melalui efisiensi rantai pasok dan digitalisasi aktivitas ekonomi. Dengan gudang mikro tersebar di berbagai pelosok daerah di pulau Jawa, Dagangan meyakini ketersediaan layanannya dapat mengakselerasi pemerataan ekonomi daerah. Sejak 2019, layanan Dagangan telah menjangkau lebih dari 8.000 desa yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
Baca Juga: Kolaborasi Visa dengan Kadin Indonesia Perkuat Literasi Keuangan UMKM
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News