September
09
2024
     19:38

CIMB Niaga Syariah Resmikan Pembukaan Syariah Digital Branch di Medan

CIMB Niaga Syariah Resmikan Pembukaan Syariah Digital Branch di Medan
ILUSTRASI. Penandatanganan MoU CIMB Niaga Syariah dengan Universitas Dharmawangsa di sela peresmian Syariah Digital Branch di Medan, Senin (9/9/2024).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) meresmikan Kantor Cabang Syariah (KCS) berkonsep hybrid di Medan atau CIMB Niaga Syariah Digital Branch, di Kompleks Ruko RX Lifestyle Avenue, Jalan Ring Road, Medan, Senin (9/9/2024). Kehadiran Digital Branch yang memadukan antara Cabang Konvensional dan Digital Lounge ini semakin melengkapi layanan perbankan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah yang telah tersedia di Medan, yaitu 20 kantor cabang (termasuk Digital Lounge), 119 mesin ATM/CRM, dan 50.465 mitra merchant (EDC, QRIS, MPOS, dan e-Commerce).

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyatakan, pembukaan Syariah Digital Branch di Medan merupakan wujud komitmen Perseroan untuk memberikan layanan perbankan berbasis Syariah yang lengkap dan lebih dekat dengan nasabah.

Dengan semangat Work From Heart (WFHeart), melalui kantor cabang ini CIMB Niaga Syariah tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah, dilengkapi perangkat digital untuk transaksi yang lebih praktis.

“Medan merupakan salah satu area dengan basis nasabah yang besar dan terus berkembang di Sumatera. Karena itu, untuk mendukung layanan yang optimal, kami menghadirkan kantor cabang Syariah hybrid di Medan yang menawarkan pengalaman perbankan lebih komprehensif. Selain memiliki layanan digital, Syariah Digital Branch juga dilengkapi dengan CIMB Preferred Lounge untuk melayani transaksi perbankan khususnya bagi nasabah istimewa,” kata Pandji.

Melalui Digital Branch, nasabah di Medan dapat menikmati beragam fasilitas perbankan digital terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge, antara lain mesin Self Service Banking dan perangkat Tablet.

Kapabilitas digital tersebut menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas KCS, seperti Customer Service, Teller, dan safe deposit box. Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, nasabah semakin nyaman dalam membuka tabungan, bertransaksi, maupun mengajukan pembiayaan, termasuk pembiayaan modal kerja.

Dengan dibukanya Syariah Digital Branch di Medan, total Digital Branch CIMB Niaga kini menjadi 25 cabang. Sebelumnya Digital Branch telah diluncurkan di Jakarta (PIK, Matraman, Prudential Tower, Cempaka Putih, Daan Mogot, Kelapa Gading, Melawai, Gajah Mada, Green Garden, Tomang Tol, dan Tebet), Klaten, Bali-Canggu, Makassar, Karawang, Tangerang (Alam Sutera Icon, Bintaro Griya Niaga, dan Tangerang City), Bandung (Kota Baru Parahyangan dan Asia Afrika), Malang (Galunggung dan Merdeka), Depok-Margonda, dan Bekasi-Jababeka.

“Kami berharap kehadiran Digital Branch ini dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah di Medan, sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin menginginkan layanan perbankan yang cepat dan praktis, tanpa meninggalkan layanan personal yang ramah.

Kami akan terus berinovasi agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan sesuai preferensi dan kenyamanan masing-masing,” ujar Head of Region Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika.

Kehadiran Syariah Digital Branch ini juga melengkapi layanan digital CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah melalui aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks untuk nasabah konsumer.

Adapun para nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan layanan digital melalui BizChannel@CIMB, yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, bank swasta terbesar kedua di Indonesia ini juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis.

Beragam inovasi dan layanan yang dihadirkan di Medan, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada semester pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp4,4 triliun, naik sebesar 5,8% year-on-year (Y-o-Y).

Adapun di perbankan Syariah, CIMB Niaga Syariah berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp58,1 triliun (+11,6% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp48,1 triliun (+8,1% Y-o-Y) per 30 Juni 2024. Pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
 
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.971 karyawan (konsolidasi), 403 kantor cabang dan jaringan (termasuk 35 digital lounges), 3.620 ATM, serta 708.340 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,4 miliar per 30 Juni 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Jalin Kerja Sama Hospital Xtra dengan RS Premier Bintaro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved