CIMB Niaga Laporkan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi Tumbuh 22,5% YoY Jadi Rp 5 triliun
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga atau “Bank”; IDX: BNGA), hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp5 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2022 (“9M22”), naik sebesar 22,5% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp154,13
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, “Kami telah mencapai hasil positif sampai dengan September 2022, terutama dikarenakan adanya peningkatan pendapatan seiring dengan pertumbuhan bisnis yang baik, biaya yang terkendali, dan tren kualitas underlying asset yang lebih baik. Hasil ini mendorong kami untuk terus memberikan nilai tambah kepada para shareholders.
Kami akan senantiasa menjaga hasil kinerja yang positif hingga akhir tahun 2022 terutama pada pertumbuhan di segmen-segmen utama Bank yaitu pada Kredit Pemilikan Mobil (KPM), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Emerging Business Banking (EBB)/Usaha Kecil Menengah (UKM), dan korporasi.
Hasil positif yang kami capai tersebut juga terlihat pada modal dan likuiditas Bank yang kuat. Implementasi strategi bisnis yang kami jalankan telah memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan target finansial yang akan kami capai di tahun 2022.”
Capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) CIMB Niaga masing-masing sebesar 21,0% dan 86,9% per 30 September 2022.
Total konsolidasi aset per 30 September 2022 adalah sebesar Rp307,0 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) mencapai Rp221,9 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 67,7%, yang dikontribusikan dari pertumbuhan CASA sebesar 6,7%. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.
“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam memberikan yang terbaik kepada para nasabah, belum lama ini kami meluncurkan kampanye Customer Experience bertajuk 'Anda #YangUtama'. Inisiatif ini menegaskan komitmen kami untuk para nasabah yang telah menaruh kepercayaan kepada CIMB Niaga. Selain itu, kami juga terus berupaya untuk memberikan solusi finansial yang up-to-date dan relevan, termasuk melalui Digital Super App OCTO Mobile,” tambah Lani.
Jumlah kredit/pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp194,7 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking (+12,8% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+14,7% Y-o-Y). KPR bertumbuh sebesar 8,6% Y-o-Y, sementara KPM meningkat sebesar 52,4% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.
Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp45,2 triliun dan DPK sebesar Rp34,6 triliun per 30 September 2022.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah, karyawan, dan stakeholders atas kepercayaan dan dukungannya terhadap CIMB Niaga selama 67 tahun ini. Kami akan terus secara konsisten menyediakan pengalaman terbaik melalui kualitas layanan, produk, teknologi, dan inovasi, sehingga kami dapat mewujudkan aspirasi menjadi bank pilihan bagi bisnis dan masyarakat Indonesia,” tambah Lani.
Jaringan
CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 30 September 2022, 97% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.
Melalui OCTO Mobile, nasabah dapat menikmati berbagai fitur inovatif dan terkini untuk memenuhi segala kebutuhan finansialnya, mulai dari bertransaksi, menabung, berinvestasi, mengelola pinjaman, bahkan fitur untuk mendukung gaya hidup seperti pembelian tiket pesawat.
Sementara itu, OCTO Clicks memberikan kemudahan lebih bagi nasabah dalam berbagai transaksi seperti investasi, memproses transaksi massal termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up. Nasabah juga dapat memanfaatkan fitur financial check-up, dan juga memesan penerbangan dan hotel dari OCTO Clicks. Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus berupaya meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 418 cabang (termasuk 37 digital lounge). Per 30 September 2022, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.383 ATM dan 296.104 electronic data capture (“EDC & QR”).
Komitmen Berkelanjutan untuk Wujudkan Bumi yang Berkelanjutan
Sebagai salah satu bank terdepan yang aktif mengimplementasikan sustainability di Indonesia, pada 21 September 2022 CIMB Niaga menyelenggarakan The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta, sebagai rangkaian dari The Cooler Earth Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group di Malaysia. Acara tahun ini yang bertema ‘Facilitating a Just Transition’ bertujuan mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk mendiskusikan kontribusi bersama guna menciptakan masa depan berkelanjutan, memastikan solusi iklim, serta pembuatan cetak biru pembangunan sosial yang inklusif, adil, dan merata.
“Sustainability menjadi bagian dari prioritas CIMB Niaga dalam menjalankan usaha, dengan melakukan sinergi antara aspek ekonomi, lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola ke dalam proses dan usaha perbankan. Ini merupakan bukti komitmen untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang,” kata Lani.
Selain The Cooler Earth, CIMB Niaga telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung penerapan Sustainable Development Goals (SDGs). Termasuk di antaranya inisiatif waste management serta menawarkan berbagai produk/program pembiayaan berkelanjutan, seperti Green Mortgage, Sustainable Linked-Loan/Financing, Sustainable Financing Program, pembiayaan motor listrik melalui Motor X-TRA, dan Solar Panel Program.
Baca Juga: Bank CIMB Niaga Bukukan Laba Bersih Rp 3,89 Triliun pada September 2022
Penghargaan
Pada sembilan bulan pertama yang berakhir 30 September 2022, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:
1. The 5th Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2022 untuk kategori Satisfaction Index 2022 (peringkat 2); Satisfaction Index 2022 untuk Kantor Cabang (peringkat 2); dan Satisfaction Index 2022 untuk Mobile Banking (peringkat 2) dari Majalah Infobank
2. Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2022 untuk kategori Call Center Regular Credit Card, Call Center Sharia Banking, dan Email Center Bank dari Majalah Marketing dan Carre-CCSL
3. The Best Sales Marketing for Bank Company 2022 untuk kategori Bank Syariah dari Economic Review
4. 11th Digital Brand Awards 2022 untuk kategori Internet Banking (1st Rank), Credit Card (1st Rank), Mobile Banking (2nd Rank), Savings (2nd Rank), Mortgage (2nd Rank), e-Money Bank (2nd Rank), Deposit (2nd Rank), Best Overall Internet Banking (3rd Rank), Debit Card (3rd Rank), dan Conventional Bank (3rd Rank) dari Majalah Infobank
5. The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 untuk kategori Best Corporate Governance Overall untuk Big Capitalisation Public Listed Company dari ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS)
6. Indonesia-Turkiye Business Forum & Global Leaders Award 2022 untuk The Best Global Company 2022 untuk CIMB Niaga Syariah dari Majalah Economic Review
7. iNews Maker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Human Capital and Organization Development untuk HyWork Arrangement
8. Best Islamic Finance Awards 2022 untuk kategori Best Islamic Finance SME Bank dan Best Islamic Finance Wealth Management Bank dari Alpha Southeast Asia
9. Service Excellence Award 2022 untuk kategori SMS Banking (2nd Rank) dan Social Media (2nd Rank) dari Majalah Infobank
10. Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Pembukaan Rekening Efek Syariah Pertama secara Online Simplifikasi
11. Penghargaan Transportasi Emisi Korporasi 2022 untuk kategori Transparansi Penurunan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Green dan Transparansi Perhitungan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Gold dari Majalah Investor
12. OJK Kejar Award sebagai Bank Implementasi Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik Kategori Bank Swasta Nasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
13. Islamic Finance Summit 2022 & Anugerah Infobank 11th Sharia Awards 2022 untuk Golden Awards 2022 sebagai Unit Usaha Syariah “Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut-turut” Kinerja Keuangan selama 2017-2021 dari Majalah Infobank
14. Governance, Risk & Compliance (GRC) & Performance Excellence 2022 untuk kategori The Best GRC Overall for Corporate Governance & Performance (Foreign Banking) dari Majalah Businessnews Indonesia
15. Best Companies To Work For in Asia 2022 dengan hasil sebagai salah satu Asia's Best Companies To Work For 2022 dari Business Media International (BMI) & HR Asia Media
16. Award dari Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI) sebagai Bank Pertama yang Menyelenggarakan Pembelajaran dengan Virtual Reality (VR)
17. Asian Banking & Finance Corporate & Investment Banking Awards 2022 untuk tiga kategori: Corporate & Investment Bank of The Year – Indonesia; Syndicated Loan of The Year – Indonesia; and Corporate Client Initiative of The Year – Indonesia dari Asian Banking & Finance
18. Bisnis Indonesia Financial Award 2022 untuk special award ‘Highly Impactful Digital Banking App’ dari Bisnis Indonesia
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.587 karyawan (konsolidasi), 418 kantor cabang, 4.383 ATM, serta 296.104 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 September 2022.
Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News