July
27
2022
     19:40

CIMB Niaga Laporkan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi Tumbuh 17,8% Y-o-Y Menjadi Rp3,3 T

CIMB Niaga Laporkan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi Tumbuh 17,8% Y-o-Y Menjadi Rp3,3 T
ILUSTRASI. Digital Lounge Bank CIMB Niaga di jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga atau “Bank”; IDX: BNGA), hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp3,3 triliun pada semester pertama tahun 2022 (“1H22”), naik sebesar 17,8% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp101,65.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, “Kami mencatatkan kinerja yang menggembirakan pada semester pertama tahun ini, yang didorong oleh pertumbuhan kredit/pembiayaan yang kuat, peningkatan pada pendapatan fee, pengelolaan biaya yang baik, dan pembentukan cadangan kredit yang lebih rendah. Perolehan kinerja ini meningkatkan kepercayaan diri kami untuk mencapai target tahun 2022.

CIMB Niaga secara berkesinambungan berfokus pada strategi utama yang menjadi keunggulan kami, termasuk sebagai salah satu bank terdepan dalam inovasi perbankan digital. Dengan keunggulan dan pengalaman kami di perbankan digital, kami akan terus meningkatkan customer experience yang dapat mendorong pertumbuhan dan efisiensi jangka panjang,” kata Lani.

Capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) CIMB Niaga masing-masing sebesar 21,1% dan 80,9% per 30 Juni 2022.

Total aset per 30 Juni 2022 adalah sebesar Rp311,0 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi total aset.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) mencapai Rp232,0 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 65,7%. Adapun Giro dan Tabungan mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 16,9% Y-o-Y dan 7,7% Y-o-Y, sejalan dengan komitmen berkelanjutan Bank untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

“Kami terus berinovasi untuk pengembangan digital customer experience dengan mengintegrasikan berbagai produk dan layanan ke dalam Super App OCTO Mobile. Kami baru saja meluncurkan Kartu Kredit Digital “OCTO Card” berkolaborasi dengan tiga principal yaitu PT JCB International Indonesia, PT Mastercard Indonesia, dan PT Visa Worldwide Indonesia. Kartu kredit digital tersebut telah terintegrasi dalam OCTO Mobile di mana nasabah dapat menggunakan OCTO Card untuk berbelanja online di e-commerce maupun offline di berbagai merchant melalui fitur Scan QRIS, tanpa perlu membawa kartu fisik. Hal ini juga sejalan dengan inisiatif CIMB Niaga dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya mengurangi penggunaan kartu berbahan plastik,” tambah Lani.

Jumlah kredit/pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp189,7 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking (+15,5% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+13,8% Y-o-Y). Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) bertumbuh sebesar 8,5% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 51,7% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp42,3 triliun dan DPK sebesar Rp36,9 triliun per 30 Juni 2022.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 30 Juni 2022, 97% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus berupaya untuk meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 420 cabang (termasuk 34 mobile branch dan 37 digital lounge). Per 30 Juni 2022, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.432 ATM (termasuk 942 cash deposit dan recycle machine) dan 281.596 electronic data capture (“EDC & QR”).

Implementasi Cara Kerja Baru Melalui “HyWork”

Sebagai bank yang terus mengutamakan kenyamanan bagi seluruh stakeholders, termasuk karyawan, CIMB Niaga telah menerapkan inovasi Hybrid Working Arrangement (HyWork). Pengaturan kerja baru ini memberikan fleksibilitas bagi karyawan untuk work from office (WFO), work from home, dan work from co-working space CIMB Niaga. Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan suasana kerja yang lebih kolaboratif, memperkuat citra CIMB Niaga untuk menarik dan mempertahankan karyawan sehingga bisa terus produktif dan memberikan kinerja terbaik, serta meningkatkan engagement karyawan.

“Implementasi HyWork merupakan wujud komitmen CIMB Niaga dalam memberikan pengalaman terbaik kepada karyawan melalui cara bekerja baru yang fleksibel namun efektif dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan hubungan sesama karyawan. Sesuai dengan makna HyWork, yaitu hybrid working dan happy working, pola kerja baru ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan karyawan dalam bekerja di CIMB Niaga,” kata Lani.

Penerapan HyWork dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik pada ajang iNews Maker Award 2022. Sebagai salah satu pionir yang menerapkan cara bekerja dari sepenuhnya WFO menuju hybrid working, HyWork CIMB Niaga juga telah dipilih menjadi benchmark bagi institusi lain di Indonesia serta Asia Tenggara.

Baca Juga: Fokus di Ritel dan UMKM, Bank CIMB Niaga Kerek Target Kredit Sampai 10% yoy pada 2022

Penghargaan

Pada enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2022, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:
1.    The 5th Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2022 untuk kategori Satisfaction Index 2022 (peringkat 2); Satisfaction Index 2022 untuk Kantor Cabang (peringkat 2); dan Satisfaction Index 2022 untuk Mobile Banking (peringkat 2) dari Majalah Infobank
2.    Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2022 untuk kategori Call Center Regular Credit Card, Call Center Sharia Banking, dan Email Center Bank dari Majalah Marketing dan Carre-CCSL
3.    The Best Sales Marketing for Bank Company 2022 untuk kategori Bank Syariah dari Economic Review

4.    11th Digital Brand Awards 2022 untuk kategori Internet Banking (1st Rank), Credit Card (1st Rank), Mobile Banking (2nd Rank), Savings (2nd Rank), Mortgage (2nd Rank), e-Money Bank (2nd Rank), Deposit (2nd Rank), Best Overall Internet Banking (3rd Rank), Debit Card (3rd Rank), dan Conventional Bank (3rd Rank) dari Majalah Infobank
5.    The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 untuk kategori Best Corporate Governance Overall untuk Big Capitalisation Public Listed Company dari ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS)
6.    Indonesia-Turkiye Business Forum & Global Leaders Award 2022 untuk The Best Global Company 2022 untuk CIMB Niaga Syariah dari Majalah Economic Review
7.    iNews Maker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Human Capital and Organization Development untuk HyWork Arrangement
8.    Best Islamic Finance Awards 2022 untuk kategori Best Islamic Finance SME Bank dan Best Islamic Finance Wealth Management Bank dari Alpha Southeast Asia
9.    Service Excellence Award 2022 untuk kategori SMS Banking (2nd Rank) dan Social Media (2nd Rank) dari Majalah Infobank
10.    Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Pembukaan Rekening Efek Syariah Pertama secara Online Simplifikasi
11.    Penghargaan Transportasi Emisi Korporasi 2022 untuk kategori Transparansi Penurunan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Green dan Transparansi Perhitungan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Gold dari Majalah Investor

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 420 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.666 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved