February
07
2023
     11:24

CIMB Niaga Konsisten Dukung Konservasi dan Pelestarian Bambu Nusantara

CIMB Niaga Konsisten Dukung Konservasi dan Pelestarian Bambu Nusantara
ILUSTRASI. Direktur Compliance, Corporate Affairs dan Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) memulai penanaman 10.000 bibit pohon bambu betung bersama masyarakat di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Upaya konservasi dan pelestarian bambu merupakan salah satu fokus PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam program Tanggung Jawab Sosial (CSR) di bidang iklim dan lingkungan. Terbaru, CIMB Niaga bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) melanjutkan program konservasi bambu di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan menanam 10.000 bibit pohon bambu betung di area permanen.

Direktur Compliance, Corporate Affairs dan Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, program konservasi bambu merupakan inisiatif CIMB Niaga dan KEHATI sejak 2012. Hingga kini, total bambu yang telah ditanam CIMB Niaga sebanyak 49.400 pohon, tersebar di berbagai wilayah seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan NTT. Dalam periode tersebut, CIMB Niaga juga telah memberikan pelatihan budidaya bambu kepada 467 petani bambu.

“Bambu kami pilih karena memiliki banyak manfaat baik secara ekologis bagi lingkungan maupun secara ekonomis bagi masyarakat sekitar. Secara ekologis bambu dapat meningkatkan kualitas penyerapan air tanah, mencegah erosi pada area tanam, dan meningkatkan penyerapan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” kata Fransiska dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Fransiska menambahkan secara ekonomis bambu juga memiliki nilai jual dan potensi pasar yang tinggi. Bambu antara lain dapat diolah menjadi beragam produk turunan bahan pangan, kerajinan ramah lingkungan, furniture, maupun bahan struktur bangunan.

Karena itu, dalam melestarikan bambu CIMB Niaga juga memperhatikan setiap aspek secara holistik mulai dari pembibitan, penanaman dan perawatan, hingga pasca-panen dengan memberikan capacity building tentang pengelolaan bambu dan perencanaan keuangan serta memberikan bantuan alat mesin pelepuh kepada petani ataupun koperasi. Khusus di Kabupaten Ngada, CIMB Niaga juga telah membangun “Rumah Mimpi” sebagai wadah bagi komunitas untuk belajar berbagai hal mengenai bambu.

Beragam kegiatan yang telah dilakukan dalam program konservasi bambu tersebut turut mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada nomor 1 menghapus kemiskinan, nomor 5 kesetaraan gender, nomor 13 penanganan perubahan iklim, dan nomor 15 menjaga ekosistem daratan.

Untuk diketahui, kunjungan dan penanaman bambu di Kelurahan Mangulewa, Kabupaten Ngada, NTT, yang dilakukan pada Jumat (3/2/2023) merupakan bagian dari kegiatan Employee Volunteer Program Trip CIMB Niaga yang diikuti komisaris, manajemen, karyawan, media dan stakeholders CIMB Niaga lainnya. Sebelumnya, para volunteer juga melakukan kegiatan sosial berupa pemberdayaan ekonomi UMKM dan memberikan donasi bantuan fasilitas penunjang pendidikan di Labuan Bajo.
 
Tentang CIMB Niaga
 
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.587 karyawan (konsolidasi), 418 kantor cabang, 4.383 ATM, serta 296.104 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 September 2022. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga: CIMB Niaga dan Cathay Pacific Permudah Wujudkan Wisata ke Destinasi Impian Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved