July
15
2023
     20:16

CIMB Niaga Hadirkan Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Makassar Guna Perkuat Bisnis UKM

CIMB Niaga Hadirkan Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Makassar Guna Perkuat Bisnis UKM
ILUSTRASI. Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar di Phinisi Point Mall, Makassar, Sabtu (14/7/2023).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis para pengusaha sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia Timur melalui Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang berlangsung di Makassar pada Sabtu-Minggu (15-16/7/2023).

Berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan, CIMB Niaga ingin menjangkau lebih banyak pengusaha muda di Indonesia Timur untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli, memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.

Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S. Ilham menyatakan, sektor UKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) maupun dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Di samping peran strategis tersebut, potensi pengembangan UKM di Indonesia juga masih sangat terbuka, terlebih saat ini semangat kewirausahaan masyarakat juga terus meningkat, termasuk di Makassar dan Indonesia Timur.

“Karena itu, kami berinisiatif untuk menyelenggarakan Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang pertama di Makassar sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan, mentoring bisnis, dan networking bagi para entrepreneur di Makassar dan Indonesia Timur.

Melalui kegiatan ini kami berharap lebih banyak pengusaha UKM yang terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa naik kelas. Dengan begitu makin besar manfaat dan kontribusi yang diberikan baik untuk masyarakat maupun perekonomian daerah,” kata Ilham dalam Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar di Phinisi Point Mall, Makassar, Sabtu (14/7/2023).

Mentoring bisnis bersama para business expert

Pada kesempatan yang sama Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar menjelaskan, sebagai wujud dukungan nyata bagi para pengusaha UKM di Makassar, acara Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar menghadirkan para business expert yang memandu dan membantu pelaku UKM melalui mentoring bisnis.

Mereka adalah Budi Isman selaku CEO & Founder @Biznis.id yang mengulas tema Memperkuat Fondasi untuk Ekspansi Bisnis, Suntoro Suciatmaja dari Master of Chinese Metaphysic membahas Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan dengan Personalisasi Target Market, dan Feriani Chung selaku Chief Marketing Officer ZAP Clinic yang membagikan strategi marketing untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Turut hadir pula Andi Rahmat Manggabarani selaku Ketua Umum HIPMI Sulsel, Greget Kalla Buana Islamic Finance Specialist, dan Indah Nada Puspita Founder Nada Puspita Scarf,  yang membahas Industri Halal: Strategi Memenangkan Pasar di Indonesia dan ASEAN.

Tentunya, Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar juga mengulas topik penting lainnya seperti Menjadi Pemain Utama di Pasar Indonesia melalui Inovasi dan Transformasi Bisnis yang dibahas oleh Tony Tardjo Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga dan Sutrisno Kurniawan selaku Managing Director Kurniawan Group.

Selain mentoring dan networking tersebut, Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar juga menghadirkan keseruan lain yaitu pameran produk lokal dengan berbagai promo menarik dan hiburan dari musisi ternama Tanah Air, stand up comedian, serta entertainer lokal.

Khusus di Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar, CIMB Niaga juga mengadakan talkshow bersama komunitas Berdaya Bareng yang mengulas Program Community Link #JadiBerkelanjutan. Progam CIMB Niaga yang berfokus pada pelatihan dan pemberdayaan ekonomi bagi pelaku UMKM wanita dan teman disabilitas di Indonesia Timur.

Adapun pembicaranya yaitu Jeffrey Kairupan (Komisaris Independen CIMB Niaga), Pratiwi Hamdhana (Co-Founder Berdaya Bareng), dan Musridawanti (Owner Whantie Collection, salah satu dari 50 peserta Program Community Link #JadiBerkelanjutan yang lulus dan mendapat pinjaman tanpa bunga dari CIMB Niaga).

“Kejar Mimpi Lokal Berdaya hadir untuk merealisasikan mimpi besar para pebisnis UKM di berbagai daerah agar bisa terus berkarya, berdaya, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan hadir langsung di daerah, kami berharap CIMB Niaga dapat lebih dekat dan menjadi solusi finansial untuk mewujudkan mimpi para pengusaha lokal di Indonesia,” tutur Ilham.

Seperti diketahui, Kejar Mimpi Lokal Berdaya merupakan perluasan dari Kejar Mimpi Berani Bisnis yang merupakan bagian dari gerakan Kejar Mimpi untuk segmen entrepreneur. Sebelumnya Kejar Mimpi Berani Bisnis telah hadir sejak 2021 dengan berbagai event online seperti Berani Bisnis Fest, dan Ngobiz. Kini, melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya CIMB Niaga terus menjangkau para pelaku UKM di luar Jakarta. Fokus utama dari Kejar Mimpi Lokal Berdaya adalah untuk mengembangkan potensi UKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, CIMB Niaga siap menjadi financial partner bagi para pengusaha UKM di daerah dalam mengembangkan bisnisnya. CIMB Niaga memiliki produk dan layanan yang lengkap untuk para pengusaha UKM mulai dari pinjaman rekening koran XTRA Manfaat, tabungan/giro (Giro Kartini dan Usaha), hingga layanan pengelolaan keuangan secara digital melalui BizChannel@CIMB. Dukungan optimal tersebut sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi bank pilihan para pelaku usaha dan nasabah di Indonesia.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
 
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.814 karyawan (konsolidasi), 414 kantor cabang & jaringan (termasuk 37 digital lounges), 4.066 ATM, serta 431.556 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,8 miliar per 31 Maret 2023.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga: CIMB Niaga Catat Pengguna Kartu Kreditnya Mendekati 2 Juta Nasabah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved